PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PETA MELALUI MEDIA PLASTISIN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING KELAS IV MIN 11 ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7145Abstract
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Mind Mapping dan didukung dengan media plastisin untuk membangun kreatifitas dan aktivitas siswa pada saat proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Membaca Peta Melalui Media Plastisin Menggunakan Model Mind Mapping kelas IV MIN 11 Aceh Besar”.Data diperoleh dari hasil Observasi, dan Soal Post tes (LKPD). Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan presentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (3,00%) termasuk dalam kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi (3,11%) meskipun masih dalam kategori yang sama yaitu baik, dan pada siklus III kemampuan guru terus meningkat menjadi (3,56%) yaitu dalam kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (2,92%) dalam kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi (3,38%) masih dalam kategori baik, kemudian pada siklus III terjadi peningkatan secara klasikal yaitu (3,69%) termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata diperoleh sebanyak 6,68 belum mencapai KKM, Pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi 7,00. Kemudian pada siklus III juga mengalami peningkatan nilai rata-rata 8,89. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model Mind Mapping melalui media plastisin pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 11 Aceh Besar menjadi lebih aktif, dan kreatif dalam pembelajaran, aktivitas guru menjadi lebih meningkat serta hasil belajar siswa yang semakin meingkat.
References
Ali, Mohammad. 2007. Modul Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press
Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Asrina. 2016. Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interkasi Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Darul Hikmah. skripsi, Banda Aceh, UIN Ar-Raniry
Buzan, Toni. 2006. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Department Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia
Dra. Romenah, Pengetahuan Peta, diakses pada tanggal 9 juli 2018 dari situs https://andimanwno.files.wordpress.com/2010/08/pengetahuan-peta.pdf
Dwi Megawati. 2014. Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II MI Muhammadhiyah Danurejo Magelang. skripsi, Yogyakarta, UPIN Sunan Kalijaga
Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta
Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Melany Kasim, Model Pembelajaran IPS, Http://wordpres.com (diakses 8 juli 2018)
Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo
Muhammad Fajar. Hadits Tentang Anak Yatim dan Cara Menyantuninya, Http://rumus.web.id (diakses pada tanggal 5 Januari 2019)
Rahayu. 2011. Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Membaca Peta. skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang)
Samego, Indira. 2008. Kreasi Plastisin. (Jakarta: Erlangga)
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Prenada Media Group)
Siti Rochayah. 2012. Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Siswa Kelompok B TK Masyithoh 02 Kawunganteng Cilacap. (skripsi, Purwokerto, Universitas Muhammadhiyah)
Soelistyawati. 2013. Penerapan Media Plastisin Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Al-Islah Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Jurnal UNESA PG PAUD (Vol,2 No.1 Tahun 2013)
Solahatin, Fatin. 2008. Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara
Sri Redjeki, Cartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran, Jakarta: Program Doktor Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia
Sudijuno, Anas. 2013. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Sudijuno, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo
Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sukardi. 2004. Metodelogi Penelitian, Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group
Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).