PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PETA MELALUI MEDIA PLASTISIN MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING KELAS IV MIN 11 ACEH BESAR

Rafidhah Hanum

Abstract


Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Mind Mapping dan didukung dengan media plastisin untuk membangun kreatifitas dan aktivitas siswa pada saat proses belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan Kemampuan Membaca Peta Melalui Media Plastisin Menggunakan Model Mind Mapping kelas IV MIN 11 Aceh Besar”.Data diperoleh dari hasil Observasi, dan Soal Post tes (LKPD). Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui observasi aktivitas guru, aktivitas siswa, dan tes. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan presentase sesuai dengan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Hasil penelitian dari lembar observasi aktivitas guru pada siklus I (3,00%) termasuk dalam kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi (3,11%) meskipun masih dalam kategori yang sama yaitu baik, dan pada siklus III kemampuan guru terus meningkat menjadi (3,56%) yaitu dalam kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I (2,92%) dalam kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi (3,38%) masih dalam kategori baik, kemudian pada siklus III terjadi peningkatan secara klasikal yaitu (3,69%) termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata diperoleh sebanyak 6,68 belum mencapai KKM, Pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi 7,00. Kemudian pada siklus III juga mengalami peningkatan nilai rata-rata 8,89. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan model Mind Mapping melalui media plastisin pada pembelajaran IPS di kelas IV MIN 11 Aceh Besar menjadi lebih aktif, dan kreatif dalam pembelajaran, aktivitas guru menjadi lebih meningkat serta hasil belajar siswa yang semakin meingkat.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 2007. Modul Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press

Arikunto, Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Asrina. 2016. Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Interkasi Sosial Siswa di SMP Negeri 1 Darul Hikmah. skripsi, Banda Aceh, UIN Ar-Raniry

Buzan, Toni. 2006. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Department Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia

Dra. Romenah, Pengetahuan Peta, diakses pada tanggal 9 juli 2018 dari situs https://andimanwno.files.wordpress.com/2010/08/pengetahuan-peta.pdf

Dwi Megawati. 2014. Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas II MI Muhammadhiyah Danurejo Magelang. skripsi, Yogyakarta, UPIN Sunan Kalijaga

Gunawan, Rudi. 2013. Pendidikan IPS. Bandung: Alfabeta

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Melany Kasim, Model Pembelajaran IPS, Http://wordpres.com (diakses 8 juli 2018)

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Muhammad Fajar. Hadits Tentang Anak Yatim dan Cara Menyantuninya, Http://rumus.web.id (diakses pada tanggal 5 Januari 2019)

Rahayu. 2011. Kemampuan Siswa Sekolah Dasar dalam Membaca Peta. skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang)

Samego, Indira. 2008. Kreasi Plastisin. (Jakarta: Erlangga)

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: Prenada Media Group)

Siti Rochayah. 2012. Meningkatkan Kreatifitas Anak Melalui Metode Bermain Plastisin Pada Siswa Kelompok B TK Masyithoh 02 Kawunganteng Cilacap. (skripsi, Purwokerto, Universitas Muhammadhiyah)

Soelistyawati. 2013. Penerapan Media Plastisin Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Kelompok B di TK Al-Islah Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Jurnal UNESA PG PAUD (Vol,2 No.1 Tahun 2013)

Solahatin, Fatin. 2008. Analisis Model Pembelajaran IPS, Jakarta: Bumi Aksara

Sri Redjeki, Cartono. 2007. Metode dan Pendekatan dalam Pembelajaran, Jakarta: Program Doktor Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana Universitas Indonesia

Sudijuno, Anas. 2013. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sudijuno, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sukardi. 2004. Metodelogi Penelitian, Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group

Wilis Dahar, Ratna. 2011. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Erlangga




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter