IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH TENTANG PEMBINAAN SISWA DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7179Keywords:
Kebijakan, Kepala Sekolah, Pembinaan Siswa.Abstract
Kebijakan adalah keputusan yang dibuat oleh seorang pemimpin sebagai strategi untuk merealisasikan tujuan organisasi yang bersangkutan. Kepala Madrasah atau biasa yang disebut kepemimpinan kepala madrasah, menjadi faktor yang sangat menentukan bagi keberhasilan suatu organisasi. Pembinaan di sekolah dapat dilakukan pula dengan bekerja sama dengan orang tua siswa, lingkungan sekolah yang dapat memberikan kontribusi dalam pelaksanaa pembinaan bagi siswa di sekolah. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi lapangan. Sumber data diperoleh dari observasi. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menganalisis pembinaan siswa melalui beberapa literatur.Hasil penelitian ini dtiemukan bahwa,ada tiga jenis pembinaan yang ada di MI Sultan Agung . Yaitu pertama, Intrakurikuler berupa, Kaligrafi, dan BTQ. Kedua, Ekstrakurikuler berupa Pramuka, Seni Tari, Hadroh, Paduan Suara, Lukis, Catur, Renang, Pencat Silat, Musik, dan Futsal. Ketiga, Kokurikuler beruapa, Mading, Klipping, Belajar Kelompok, Kegiatan Literasi, Wawancara, dan Kunjungan Wisata.
References
Aqib. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya, 2011.
Iskandar. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet.I. Jakarta: Gaung Persada, 2009.
Mangunhardjana, A. Pembinaan arti dan metodenya. Cet. 3. Yogyakarta: Kanisius, 1992.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Mulyana, Rohmad. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
Rohmat. Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press, 2010.
Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Simanjuntak, B, dan I L Pasaribu. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda. Bandung: Tarsito, 1980.
Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT..Rineka Cipta, 1997.
Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Tilaar, H. A. R., dan Riant Nugroho. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Usman, Moh. Uzer, dan Lilis Setiawati. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).