IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA MADRASAH TENTANG PEMBINAAN SISWA DI MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA
Abstract
Kebijakan adalah keputusan yang dibuat oleh seorang pemimpin sebagai strategi untuk merealisasikan tujuan organisasi yang bersangkutan. Kepala Madrasah atau biasa yang disebut kepemimpinan kepala madrasah, menjadi faktor yang sangat menentukan bagi keberhasilan suatu organisasi. Pembinaan di sekolah dapat dilakukan pula dengan bekerja sama dengan orang tua siswa, lingkungan sekolah yang dapat memberikan kontribusi dalam pelaksanaa pembinaan bagi siswa di sekolah. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif metode studi lapangan. Sumber data diperoleh dari observasi. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menganalisis pembinaan siswa melalui beberapa literatur.Hasil penelitian ini dtiemukan bahwa,ada tiga jenis pembinaan yang ada di MI Sultan Agung . Yaitu pertama, Intrakurikuler berupa, Kaligrafi, dan BTQ. Kedua, Ekstrakurikuler berupa Pramuka, Seni Tari, Hadroh, Paduan Suara, Lukis, Catur, Renang, Pencat Silat, Musik, dan Futsal. Ketiga, Kokurikuler beruapa, Mading, Klipping, Belajar Kelompok, Kegiatan Literasi, Wawancara, dan Kunjungan Wisata.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya, 2011.
Iskandar. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet.I. Jakarta: Gaung Persada, 2009.
Mangunhardjana, A. Pembinaan arti dan metodenya. Cet. 3. Yogyakarta: Kanisius, 1992.
Mujib, Abdul. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Mulyana, Rohmad. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta, 2004.
Rohmat. Kepemimpinan Pendidikan Konsep dan Aplikasi. Purwokerto: STAIN Press, 2010.
Samsul Nizar. Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press, 2002.
Simanjuntak, B, dan I L Pasaribu. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda. Bandung: Tarsito, 1980.
Suharto, Toto. Filsafat Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2011.
Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT..Rineka Cipta, 1997.
Syaiful Bahri Djamarah. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Tilaar, H. A. R., dan Riant Nugroho. Kebijakan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Usman, Moh. Uzer, dan Lilis Setiawati. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7179
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN