PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU REMAJA DALAM KELUARGA

Fitriana Fitriana, Anizar Ahmad, Fitria Fitria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh gadget terhadap perilaku remaja dalam keluarga di Desa Lamdom. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam. Subjek berjumlah 10 orang terdiri dari 5 remaja sebagai subjek utama dan 5 orang tua (ayah atau ibu) yang merupakan subjek  pendukung. Penentuan subjek dilakukan secara purposive samling dengan kriteria: keluarga yang berdomisili di Desa Lamdom, memiliki anak remaja usia 10-18 tahun, memiliki gadget yang digunakan terus menerus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa remaja di Desa Lamdom telah menggunakan gadget selama 5-7 jam atau 300-420 menit dalam sehari, yang mengakibatkan remaja tersebut sudah mengalami kecanduan tergadap gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan memberi dampak negatif bagi perilaku remaja dalam keluarga, seperti ketidakstabilan emosional yang mengakibatkan remaja mudah marah, emosi, gelisah, dan bahkan menggurung diri akibat dijauhkan dari gadget. Namun pengaruh tersebut tidak berakibat pada terjadinya kenakalan remaja yang dapat menyebabkan remaja melakukan perilaku menyimpang dan membutuhkan penanganan yang khusus. Oleh karena itu mengharuskan orang tua agar selalu mengawasi penggunaan gadget pada remaja, membatasi penggunaanya dan dapat mengatasi perubahan sikap dan perilaku yang terjadi pada remaja.


Keywords


Penggunaan Gadget, Perilaku Remaja, Keluarga

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Dharmawan, P. E. & A. H. (2012). Dampak Sosial-Ekonomi Masuknya Pengaruh Internet dalam Kehidupan Remaja di Pedesaan. Departemen Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, Fakultas Ekologi Manusia, IPB.

Dzafirah, Anizar Ahmad, Fitriana. 2019. Pola Pengasuhan Orang Tua dalam Membina Perilaku Anak dalam Keluarga di Aceh Besar. Jurnal Iimiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 4, No. 4.

http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/issue/view/516 (diakses Januari 2020)

Fauziawati. 2015. Mereduksi Kebiasaan Bermain Game Online Melalui Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Padang. Akses Online: http://jurnal.iicet.org Konseling. (diakses 24 Juni 2019).

Fitriana. 2006. Pola Asuh, Status Gizi dan Perkembangan Sosial Anak Balita Korban Gempa dan Tsunami di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Tesis. Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor. http://www.worldagroforestry.org/publication/pola-asuh-status-gizi-dan-perkembangan-sosial-anak-balita-korban-gempa-dan-tsunami-di

Fitriana. 2018. Ilmu Kesejahteraan Keluarga. Banda Aceh, Syiah Kuala University Press. https://play.google.com/store/books/details/Fitriana_ILMU_KESEJAHTERAAN_KELUARGA?id=j7jPDwAAQBAJ (diakses Juni 2019)

Handrianto, P. (2015) Dampak smartphone [Online]. Available: http://sainsjournal-fst11.web.unair.ac.id/artikel_detail-75305-KESEHATAN-Dampak%20Smart%20phone.html (di akses 27 Mei 2018).

Lexi J. Moleong. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Edisi Revisi). Jakarta. Remaja Rosdakarya

Mohammad Ali dan Mohammad Asrori. 2014. Psikologi Remaja : Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Nanang Martono. 2012. Sosiologi Perubahan Sosial : Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Postkolonial. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sari Puspita Tria, Amy Asma Mitsalia. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin (Online) https://ejournal.stikespku.ac.id/index.pSmartphone/mpp/article/view/124/111 (diakses 31 Januari 2020).

Soelaeman, A.I. 1994. Pendidikan Dalam Keluarga. Bandung : Alfabeta.

Sri Lestari. 2014. Psikologi Keluarga: Penanganan Konflik dalam Keluarga. Jakarta : Kencana.

Sugiyono. 2013. Memahami Pnelitian Kualitatif. Bandung : CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
All Publications


PSIKOISLAMEDIA
© Psikoislamedia:  Published by Faculty of Psychology UIN Ar-Raniry
All right reserved 2017

Indexed By:

Flag Counter