ANALISIS TINDAKAN PERATAAN LABA DALAM MERAIH KEUNTUNGAN PERUSAHAAN DITINJAU MENURUT ETIKA EKONOMI ISLAM

Nasrullah HS, Zaki Fuad, Muhammad Yasir Yusuf

Abstract


Ethical perspective is an important matter in managing a business as it uses to synchronize the business interest and morality concept. The objective of this article is to understand the ethical perspective of Islamic economics on income smoothing practices within companies in order to increase benefit. This study employs descriptive-comparative method with a causal-comparative approach as an analysis tool. Data was gathered through literature searching of related sources. The findings show that income smoothing practices are categorized as dysfunctional behavior in the context Islamic economics ethical system. These practices violate the basic objective of Shariah as they involve tadlis and gharar. Information regarding the transaction conducted in these practices is not revealed to all involved parties.
===========================================
Perspektif etika sangat penting dalam suatu perusahaan karena merupakan cara untuk menyelaraskan kepentingan strategis suatu bisnis perusahaan dengan tuntutan moralitas. Penelitian ini ditujukan untuk memahami tinjauan etika ekonomi Islam mengenai tindakan perataan laba yang dilakukan perusahaan untuk meraih keuntungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-komparatif dengan pendekatan kausal komparatif. Data untuk penelitian ini dikumpulkan dari sumber literatur yang berkaitan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa tindakan perataan laba merupakan tindakan penyimpangan dalam tataran etika ekonomi Islam. Tindakan ini melanggar konsep maqashid syariah karena mengandung unsur penipuan (tadlis) dan ketidakjelasan (gharar). Informasi berkaitan dengan transaksi yang dilakukan dalam tindakan perataan laba tidak semua diketahui oleh pihak-pihak yang terlibat.

Keywords


Income Smoothing; Profit; Islamic Ethical Concept; Islamic Economics

Full Text:

PDF

References


Adiwarman A. Karim, (2004). Fikih Ekonomi Keuangan Islam, Jakarta: Darulhaq.

Adiwarman A. Karim, (2007). Ekonomi Mikro Islam, Edisi Ketiga, Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa.

Afzalur Rahman, (1996). Doktrin Ekonomi Islam, jilid IV, Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf, hlm. 162

Ahmad Belkaoui, (2002). Teori Akuntansi, Terjemahan Herman Wibowo dan Marianus Sinaga, Jakarta: PT Salemba Empat.

Ardiyus, (2007). Kamus Besar Akuntansi, Jakarta: PT. Citra Harta Prima.

Assi dan Gudono, (2000). Hubungan Tindakan Perataan Laba Dan Reaksi Pasar Atas Pengumuman Informasi Laba Perusahaan Yang Terdapat Pada Bursa Efek Jakarta. Jurnal Riset Indonesia, Vol. 3, No. 1.

Azharsyah Ibrahim. (2010). Income Smoothing dan Implikasinya terhadap Laporan Keuangan Perusahaan dalam Etika Ekonomi Islam. Media Syariah, 12(24), 102-119.

Beattie, V dan S. Brown, (1994). Extraordinary Items And Income Smoothing, A Positive Accounting Approach, Journal Of Business Finance And Accounting.

Deasi Kustiani dan Erni Ekawati, (2006). Analisis Perataan Laba Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi (Studi Empiris Pada Perusahaan Di Indonesia). Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan. Vol. 2, No. 1.

Dye. R, Earning Managemet in an Overlapping Generations Model. Journal Of Accounting Research, autumn.

Eli Bartov, (1993). The Timing of Assetsales and Earning Manipulations. The Accounting, Vol. 68, No. 4, Oktober 1993, hlm.840-855 dalam Eddy Suranta dan Pratana Puspita Merdistusi, Income Smoothing, Tobins’q, Agency Problems Dan Kinerja Perusahaan. SNA VII, Denpasar.

Eli Bartov, (2014). The Timing of Assetsales and Earning Manipulations. The Accounting, Vol. 68, No. 4, Oktober 1993, hlm.840-855 dalam Eddy Suranta dan Pratana Puspita Merdistusi, Income Smoothing, Tobins’q, Agency Problems Dan Kinerja Perusahaan. SNA VII, Denpasar.

Fudenberg, Drew dan Jean Tirole, (1995). A Theory Of Income And Dividend Smoothing Based On Incumbency Rates, Journal of Political Ekonomic.

Ghufron A. Mas’adi, (2002). Fiqh Muamalah Kontekstual, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Gordon, M. J, (1964). Postulates, Principles, and Research in Accounting. Accounting Review.

Hanna Meilani Salno dan Zaki Baridwan, (2000). Analisis Tindakan Perataan Penghasilan (Income Smoothing): Fktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dan Kaitannya Dengan Kinerja Saham Perusahaan Public Di Indonesia, Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol 3, No. 1.

Husein Syahatah, (2001). Pokok-pokok pikiran akuntansi Islam, Jakarta: PT. Akbar Media Eka Sarana.

Ibnu Khaldun, (2001). Muqaddimah, penerjemah: Ahmadie Thoha Cet. III, Jakarta: Pustaka Firdaus.

Ibnu Quddamah, (1997). Al-Mughni, Kairo: Mathba’ah Al-Umam, Juz II.

Ikatan Akuntansi Indonesia, (2007). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta, PT. Salemba Empat.

Imam Subekti, (2005). Asosiasiantara Praktik Perataan Laba dan Reaksi Pasar Modal di Indonesia, SNA VIII, Solo.

Juniarti dan Carolina, (2005). Analisis Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Perataan Laba (Income Smoothing) Pada Perusahaan Go Public, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 7, No. 2.

Lewis Ma’luf, (2003). Al-Munjid Al-Wasith Fil Arabiyah Al-Muashirah, Beirut, Darul Masyriq.

Mestika Zed, (2004). Metode Penelitian Kepustakaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Muhammad Bin Kamal Khalid As-Sayuthi, (2006). Kumpulan Hadis Yang Disepakati 4 Imam, Jakarta: Pustaka Azzam.

Muhammad Syafiie Antonio, (2001). Bank syariah (Dari Teori ke Praktek), Jakarta: Gema Insani.

Muhammad Wahyudin, (2003). Persepsi Akuntansi Publik Dan Mahasiswa Tentang Penerimaan Etika Terhadap Manajemen Laba. Surabaya: Simposium Nasional Akuntansi VI.

Nashiruddin Al-Albani, (2005). Ringkasan Shahih Muslim, Jakarta, Gema Insani

Prihatmoko, (2004). Analisis perataan laba (income smoothing): faktor-faktor yang mempengaruhi dan kaitannya dengan kinerja saham perusahaan public di Indonesia. Media Riset, Akuntansi, Auditing dan Informasi. Vol. 4, No. 3.

Quraish Shihab, (2002). Tafsir Al-Mishbah, Jakarta: Lentera Hati.

Riahi dan Belkaoui, (2006) Teori Akuntansi, edisi 5. Jakarta, PT. Salemba Empat.

Sadono Sukirno. (1994). Pengantar Teori Ekonomi Mikro, Edisi Ketiga, Jakarta: P.T. Raja Grafindo Persada.

Sari Atmini, (2002). Standar Akuntansi Yang Memberi Peluang Bagi Manajemen Untuk Melakukan Praktik Perataan Laba, Jakarta: Media Akuntansi No. 18.

Sayyid Sabiq, (1987). Fiqh Sunnah, Bandung: Al Ma’arif.

Sayyid Sabiq, (2006). Fiqih Sunnah jilid 4, Jakarta: Pena Pundi Aksara.

Smith, D.E, (2004). The Effect of The Separation of Ownership from Control on Accounting Policy Decision, The Accounting Review, hlm. 707-723. Dalam Eddy Suranta dan Pratana Puspita Merdistusi, Income Smoothing, Tobins’q, Agency Problems Dan Kinerja Perusahaan. SNA VII.

Sofyan Syafri Harahap, (2005). Akuntansi Perbankan Syariah, Edisi Revisi Jakarta: LPFE-Usakti.

Sopa Sugiarto, (2003). Perataan Laba Dalam Mengantisipasi Laba Masa Depan Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta. Symposium Nasional Akuntansi VI.

Suwito dan Herawati, Analisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tindakan perataan laba yang dilakukan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta, SNA VIII, Solo, 2005, hlm. 136-146

Syukri Abdullah, (1999). Manajemen Laba Dalam Perspektif Teori Akuntansi Positif, Analisis Laporan Keuangan Dan Etika, Media Akuntansi, Vol. - , No. -

Wahbah Az-Zuhaili, Al-Fiqh Al-Islami wa ‘Adillatuhu. Juz IV. Damascus, Syiria: Dar Al-fikr.

William Scott, (2006). Financial Accounting Theory, Upper Sadle River. New Jersey, Prentice hall. Inc.

William Scott, (2006). Financial Accounting Theory, Upper Sadle River. New Jersey: Prentice hall. Inc.

Yusuf Abdurrahman dan Unti Ludigdo, (2004). Dekontruksi Nilai-Nilai Agency Theory Dengan Nilai Syariah : Suatu Upaya Membangun Prinsip-Prinsip Akuntansi Yang Bernafaskan Islam, Symposium Nasional Sistem Ekonomi Islami II, Malang, PPBEI.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/share.v3i2.1342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2014 SHARE Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.