PENERAPAN KONSELING MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK

Aziz Inmas Prasetya

Abstract


Prokrastinasi dapat diartikan sebagai suatu perilaku menunda pekerjaan untuk melakukan sampai waktu atau hari berikutnya. Kecenderungan yang terjadi dan sering dilakukan oleh banyak peserta didik adalah penundaan yang dilakukan dengan tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh pendidik dengan tidak  mempunyai perencanaan penggunaan waktu yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik self management dalam konseling individual untuk mereduksi prokrastinasi pelajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode tindakan. Subjek merupakan seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi suasta Yogyakarta. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa konseling individual menggunkan teknik self management dapat mereduksi prokrastinasi akademik konseli, ditunjukan dengan adanya perubahan sikap prokrastinasi akademik konseli seiring setelah dilakukan konseling menggunkan teknik self management.


Keywords


Self management; Konseling Individual; Prokrastinasi akademik

Full Text:

PDF

References


Adeniyi Adewale Ojo. 2019. “The Impact Of Procrastination On Students Academic Performance In Secondary Schools”. International Journal Of Sociology And Anthropology Research. 5 (1): 17-22.

Ghufron, M. N., & Risnawita. R. S. 2012. Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Ima Ni’mah Chudari. 2017. “Self-Management Training Program By Using Cognitive Technique (A Quasi Experiment On The Students Of UPI Kampus Serang)”. The International Journal Of Counseling And Education.2 (4): 166-173.

K.Arockia Maraichelvi. 2015. “Procrastination and Academic Performance”. IJSR - International Journal Of Scientific Research, 4 (11): 198-200.

Kemendikbud. 2016. “Panduan Oprasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP)”. Jakarta: Kemendikbud.

Komalasari, dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Megiantara. 2013. Hubungan Antara Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP 137 Jakarta.

Nafisah, M. N. (2019). Konseling Kognitif Behavior Islami Berbasis Terapi Berpikir Positif Ibrahim Elfiky dalam Menangani Minat Belajar Rendah Seorang Santri di PP. Assalafi Al-Fithrah Surabaya [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/29867/

Nazrina Aziz, Dkk. “Prioritizing Causes Of Procrastination Among University Students: An Empirical Analysis”. Journal Of Telecommunication, Electronic And Computer Engineering. 9, ( 2-12): 179-183.

Ramadhan, R. P., & Winata, H. 2016. “Prokrastinasi Akademik Menurunkan Prestasi Belajar Siswa”. Journal Pendidikan Management Perkantoran. 1 (1): 163-169.

Retnowulan, A. D. 2013. “Penerapan Strategi Pengelolaan Diri (Self Management) Untuk Mengurangi Kenakalan Remaja Broken Home”. Jurnal Bk Unesa. 3 (1): 335-340.

Shlomo Zacks & Meirav Hen. 2018. “Academic interventions for academic procrastination: A review of the literature”. Journal Of Prevention & Intervention In The Community, 46 (2): 117–130.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan (Action Research). Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015, 1(1), Article 1. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/prosidingpgsd/article/view/4846




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v4i1.11419


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id