Konsep Diri Pada Remaja Putus Sekolah Dari Keluarga Prasejahtera Di Desa Beji
Abstract
Masa remaja seringkali dianggap sebagai masa paling krusial dalam hidup seseorang, masa remaja bukan hanya sebagai transisi antara masa anak-anak menuju dewasa. Namun, pada masara remaja seseorang sedang dalam proses pencarian jati diri. Mereka yang berada dalam fase remaja cenderung memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk mencoba banyak hal. Maka tak heran ketika masa remaja seseorang terlihat tidak memiliki rasa takut dan beban saat mencoba hal baru. Perbedaan sikap dan pandangan atau konsep diri yang dimiliki remaja antar satu sama lain tetunya berbeda, hal ini dipengaruhi lingkungan, tingkat emosi dan juga pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagaimana konsep diri yang dimiliki remaja putus sekolah. Berbgai data diperoleh melalui observasi, wawancara maupun dokumentasi dengan pendekatan kualitatif-fenomenologi. Setelah dilakukan penelitian pada tiga (3) subjek yang dipilih diperoleh hasil bahwa pada saat remaja pertama kali putus sekolah mereka memiliki perasaan pesimis dan seperti tidak memiliki arah tujuan. Namun, seiring berjalannya waktu mereka mampu memikirkan jalan keluar sehingga konsep diri positif lebih dominan disbanding konsep diri negatif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alpian, Yayan, Sri Wulan Anggraeni, Unika Wiharti, and Nizmah Maratos Soleha. “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia.” Jurnal Buana Pengabdian 1, no. 1 (2019): 66–72. https://doi.org/https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581.
Astuti, Ratna Dwi. “Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsep Diri Siswa Sekolah Dasar Negeri Mendungan 1 Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 4 (2015): 1–10.
Ermawati, Erli, and Indriyanti E.P. “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Di SMP N 1 Piyungan.” Jurnal Spirits 2, no. 1 (2011): 1–12.
Haderani, Haderani. “Tinjauan Filosofis Tentang Fungsi Pendidikan Dalam Hidup Manusia.” Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 7, no. 1 (2018): 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103.
Hakim, Abdul. “Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah.” Jurnal Pendidikan 21, no. 2 (2019): 122–32. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.907.2020.
Hariyadi, Ahmad, and Agus Darmuki. “Prestasi Dan Motivasi Belajar Dengan Konsep Diri.” Prosiding Seminar Nasional, 2019, 280–86.
Istiqomah, Farikha, and Abdul Amin. “Konsep Diri Dan Kecemasan Remaja Putus Sekolah.” Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan 7, no. 2 (2021): 104–21. https://doi.org/10.35891/jip.v7i2.2419.
Karim, Hamdi Abdul. “Potret Kehidupan Komunitas Punk (Studi Kasus Anak Punk Di Lapangan Samber Kota Metro).” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 3, no. 1 (2021): 95–107. https://doi.org/https://doi.org/10.32332/jbpi.v3i1.3269.
Kominfo. “Jaminan Pendidikan Untuk Setiap Anak Sekolah.” Kominfo.go.id, 2015. https://www.kominfo.go.id/content/detail/5712/jaminan-pendidikan-untuksetiap-anak-sekolah/0/infografis.
Marwoko C A, Gatot. “Psikologi Perkembangan Masa Remaja.” Indonesia, April 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.29138/tasyri.v26i1.69.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2000.
Muhadjir, Noeng. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Ke-I. Yogyakarta: Penerbit Rake Sarasin, 2000.
Ndakularak E., Nyoman Djinar Setiawina, I Ketut Djayastra. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten/Kota Di Provinsi Bali.” E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana 2, no. 2 (2014): 140–53.
Novilita, Hairina, and Suharnan. “Konsep Diri Adversity Quotient Dan Kemandirian Belajar Siswa.” Jurnal Psikologi 8, no. 1 (2013): 619–32. https://doi.org/https://doi.org/10.26905/jpt.v8i1.218.
Pramawaty, Nisha, and Elis Hartati. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Konsep Diri Anak Usia Sekolah (10-12 Tahun).” Jurnal Nursing Studies 1, no. 1 (2012): 87–92. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jnursing.
Pratama, Beny Dwi, and Suharnan Suharnan. “Hubungan Antara Konsep Diri Dan Internal Locus Of Control Dengan Kematangan Karir Siswa SMA.” Persona:Jurnal Psikologi Indonesia 3, no. 03 (2015): 213–22. https://doi.org/10.30996/persona.v3i03.411.
Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2008 (2008).
Puspitasari, Rahmah Putri, and Hermein Laksmiwati. “Hubungan Konsep Diri Dan Kepercayaan Diri Dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Putus Sekolah.” Jural Psikologi: Teori & Terapan 3, no. 1 (2006): 58–66. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptt.v3n1.p58-66.
Rusdani, and Nopri Esmiralda. “Hubungan Tingkat Pendidikan Dengan Perilaku Merokok Pada Karyawan Laki-Laki Universitas Batam.” Zona Kedokteran 9, no. 3 (2019): 56–64. https://doi.org/https://doi.org/10.37776/zked.v9i3.302.
Saputro, Khamim Zarkasih. “Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja.” Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama 17, no. 1 (2018): 25. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362.
Sary, Yessy Nur Endah. “Perkembangan Kognitif Dan Emosi Psikologi Masa Remaja Awal.” J-Pengmas: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2017): 6–12.
Shidiq, Alima Fikri, and Santoso Tri Raharjo. “Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (2018): 176. https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369.
Sugiarto, Eko. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif : Skripsi Dan Tesis :Suaka Medi. Yogyakarta: Dianda Kreatif, 2017.
Tengah, Badan Pusat Statistik Jawa Tengah. “Angka Putus Sekolah Menurut Jenjang Pendidikan.” Badan Pusat Statistik Jawa Tengah, 2020. https://jateng.bps.go.id/indicator/23/567/1/jumlah-keluarga-menurut-klasifikasi-keluarga-sejahtera-dan-kabupaten-kota-di-provinsi-jawa-tengah.html.
Triwiyanto, T. “Bukan Sekedar Subsidi Pulsa, Untuk Mengurangi Angka Putus Sekolah Dampak Pandemi Covid-19.” Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang 200 (2020): 325–35.
Widyastuti, Astriana. “Analisis Hubungan Antara Produktivitas Pekerjaan Dan Tingkat Pendidikan Pekerja Terhadap Kesejahteraan Keluarga Di Jawa Tengah 2009.” Econimics Development Analysis Journal 1, no. 1 (2012): 1–11.
Yudi, D T N, and E Prima. “Upaya Peningkatan Branding Desa Beji Sebagai Kampung Mina Untuk Meningkatkan Pemasaran.” Jurnal Al Basirah 1, no. November (2021): 91–100. https://e-journal.staimaswonogiri.ac.id/index.php/albasirah/article/view/13%0Ahttps://e-journal.staimaswonogiri.ac.id/index.php/albasirah/article/download/13/11.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v5i1.15698
Copyright (c) 2022 At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Editorial Office:
Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 2311
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086/ 0823 6823 8600
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id
Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id