Strategi Konseling Pada Kasus Agama Pathologis: Radikalisme Agama

Maturidi - Maturidi

Abstract


Agama patologi memuat tentang penyakit-penyakit yang menyimpang dari aturan dan konsep agama yang sesungguhnya. Patologis merupakan sifat kelainan yang keluar dari koridor dan mengubah sesuai dengan keinginan para pelakunya, agama patologis sama artinya dengan keberlainan prinsip dan konsep yang sebenarnya pada agama itu sendiri. Bentuk agama patologi tersebut merupakan bentuk yang yang tidak ada dalam aturan agama seperti radikalisme agama yaitu paham ekstrim. Radikalisme agama merupakan respon penolakann pada keadaan realitas yang terjadi dan menginginkan adanya perubahan terhadap realitas tersebut melalui sebuah tindakan yang menyimpang. Tindakan tersebut mulai dari yang halus sampai yang keras bahkan dengan aksi kriminal, kejahatan dan teror. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi konseling pada kasus agama pathologis: radikalisme agama.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) yaitu suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan dengan mengumpulkan data dari berbagai jenis literature dari perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Radikalisme agama dapat diatasi melalui peran konselor dan proses konseling seperti mengarahkan fungsi prefrontal cortex ke arah yang tepat melalui disputing (menghancurkan konsep yang salah) yang disebut irrational belief. Irrational belief adalah keyakinan yang bertentangan dengan realitas yang ada serta tidak sesuai dengan tujuan jangka panjang seseorang.


Keywords


Konseling, Agama Pathalogis, Radikalisme Agama

Full Text:

PDF

References


Ancok, Djamaludin. “Ketidakadilan Sebagai Sumber Radikalisme Dalam Agama: Suatu Analisis Berbasis Teori Keadilan Dalam Pendekatan Psikologi.” Jurnal Psikologi Indonesia, no. 01 (2015).

Aroma, Iga Serpianing, and Dewi Retno Suminar. “Hubungan Antara Tingkat Kontrol Diri Dengan Kecenderungan Perilaku Kenakalan Remaja.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan 1, no. 2 (2012): 1–6.

Burlian, Paisol. Patologi Sosial (Full Text). Bumi Aksara, 2016.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Dewantara, Agustinus Wisnu. “Radikalisme Agama Dalam Konteks Indonesia Yang Agamis Dan Berpancasila.” JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik 19, no. 1 (2019): 1–14.

Dryden, Windy, and Rhena Branch. Fundamentals of Rational Emotive Behaviour Therapy: A Training Handbook. John Wiley & Sons, 2008.

Dryden, Windy, and Joseph Yankura. Daring to Be Myself: A Case Study in Rational-Emotive Therapy. Open University Press, 1992.

Froh, Jeffrey J., Christopher J. Fives, J. Ryan Fuller, Matthew D. Jacofsky, Mark D. Terjesen, and Charles Yurkewicz. “Interpersonal Relationships and Irrationality as Predictors of Life Satisfaction.” The Journal of Positive Psychology 2, no. 1 (2007): 29–39.

Irman, Irman, and Yusefri Yusefri. “Radikalisme Agama Perspektif Al-qur’an dan Konseling.” Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan 2, no. 2 (2019): 195–209.

Mukherjea, Dilip. Unleashing Genius. Westland, 2004.

Munip, Abdul. “Menangkal Radikalisme Agama Di Sekolah.” Jurnal Pendidikan Islam 1, no. 2 (2012): 159–181.

Pinel. Biopsikologi. Terjemahan, Edisi ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Qodir, Zuly. “Kaum Muda, Intoleransi, Dan Radikalisme Agama.” Jurnal Studi Pemuda 5, no. 1 (2016): 429–445.

Rubaidi. Radikalisme Islam, Nahdlatul Ulama; Masa Depan Moderatisme Islam Di Indonesia. Yogyakarta: Logung Pustaka, 2010.

Veenhoven, R. “New Direction in the Study of Happiness.” In United States and International Perspectives Conference, University of Notre Dame, USA, 2006.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v3i2.7955


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id