IMPLIKASI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEREDUKSI KESULITAN MEMBACA

Wahyudi Arkan

Abstract


Abstrak

Ada banyak faktor yang menghambat minat baca seseorang, diantaranya kemajuan teknologi, rasa malas, kurang termotivasi, minimnya dukungan dari keluarga, pengaruh negatif dari teman serta lingkungan yang kurang kondusif. Padahal, diketahui bahwa membaca adalah salah satu keterampilan yang penting untuk menambah wawasan dan meningkatkan kecakapan dalam berbahasa. Oleh sebab itu, ketika timbul inhibitor dalam minat membaca maka dibutuhkan layanan serta strategi yang tepat untuk mengatasi dan meningkatkannya. Layanan yang tepat untuk memotivasi dan merangsang minat siswa dalam membaca yakni program layananan bimbingan dan konseling, sedangkan strategi yang tepat seperti: strategi bawah-atas, strategi atas-bawah, strategi interaktif, strategi KWKL (Know Want to Know Learned) dan strategi DRTA (Directed Reading Thinking Activity). Sehingga bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik dan pada akhirnya siswa akan termotivasi, berminat serta memiliki keterampilan dalam membaca.

Kata Kunci: Layanan Bimbingan Konseling; Kesulitan Membaca

 

Abstract

There are many factors that hinder one's reading interest, including technological advances, laziness, lack of motivation, lack of support from family, negative influence from friends and a less conducive environment. In fact, it is known that reading is one of the important skills to broaden insight and improve language proficiency. Therefore, when inhibitors arise in reading interest, the right services and strategies are needed to overcome and improve them. The right services to motivate and stimulate student interest in reading are guidance and counseling service programs, while the right strategies include: bottom-up strategy, top-down strategy, interactive strategy, KWKL strategy (Know Want to Know Learned) and DRTA strategy ( Directed Reading Thinking Activity). So that it can adjust to the situations and conditions of students and in the end students will be motivated, interested and have skills in reading.

Keywords: Counseling Guidance Service; Difficulty Reading

Keywords


Layanan Bimbingan Konseling; Kesulitan Membaca

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Abdurrahman, Mulyono. 2002. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Faqih, Aunur Rahim. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Yogyakarta: UII Press.

Deporter, Bobbi dan Hernacki, Mike. 2013. Quantum Leaning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Edisi I Cet. I. Bandung: Kaifa.

Rahim, Farida. 2007. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah: Pedoman Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Kemendikbud.

Silberman, Melvin L. 2006. Active Learning: 101 Strategies to Teach Any Subject. Penerjemah: Raisul Muttaqien. Cet III. Bandung: Nusamedia.

Stoone, Robin. 2009. Cara-cara Terbaik untuk Mengajar reading. Jakarta: Indeks.

Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Berkarakter. Bandung: Refika Aditama.

Abidin, Zaenal dan Budiyono, Alief. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Grafindo, 2010.

Aqib, Zainal. 2012. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Subadiyono. 2014. Pembelajaran Membaca, Cet. I. Palembang: Noerfikri Offset.

Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Pembelajaran Membaca. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa.

Mimi Sri Irfadila, “Hubungan Strategi Membaca dengan Kemampuan Memahami teks Bacaan Bahasa Indonesia Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSB Padangpanjang”, Jurnal Gramatika, STKIP PGRI Sumatera Barat Volume 01, Nomor 02, Oktober 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/taujih.v3i2.8237


     

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial Office:

Prodi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry
Jl. Syech Abdur Rauf Darussalam,
Banda Aceh - Aceh 23111
Telp: -
HP: +62 853 7927 0086
Email : fdk.prodibki@ar-raniry.ac.id

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
www.ar-raniry.ac.id