Implementasi Teknik Behavior Contract Untuk Meningkatkan Disiplin Tata Tertib Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.22373/gs917b42Abstract
Disiplin tata tertib sekolah merupakan perilaku taat kepada semua aturan yang sudah diputuskan lembaga. Sehingga pada penerapannya sangat penting dilakukan guna memahami peraturan yang ada dan sesuai dengan keinginan siswa namun tetap dalam batasan wajar. Salah satunya yaitu dalam pengimlementasian teknik untuk meningkatkan kedisiplinan tersebut dengan menggunakan teknik behavior contact. Sebagaimana sejalan dengan maksud penelitian ini yakni untuk memahami bagaimana implementasi teknik behavior contact guna meningkatkan disiplin peraturan di sekolah, khususnya di MAN Kota Surabaya. Metode penelitian yang diterapkan ialah Kualitatif dengan Studi Fenomenologis, karena pnelitian ini menekankan beragam aspek yang bersifat subjektif dari tingkah laku manusia, kemudian peneliti mencoba untuk mengetahui lebih mendalam bagaimana suatu subjek mengartikan keadaan yang terjadi dalam kehidupannya. Data dalam penelitian ini didapat dengan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Dalam proses telaah data, peneliti mereduksi data tersebut, kemudian menyajikan dan memverifikasiya. Adapun penelitian ini menghasilkan apa-apa saja yang menjadi tantangan dalam pengimlementasian peraturan di MAN Kota Surabaya baik internal maupun eksternal membuat mereka tetap melanggar tata tertib yang ada namun bukan karena unsur kesengajaan. Beberapa bentuk peraturan yang pernah dilanggar siswa diantaranya ; terlambat datang sekolah, mengambil barang temannya, melawan guru, tidak memakai atribut lengkap, dan lain sebagainya. Adapun pelanggaran yang sering terjadi yakni terlambat masuk sekolah. Sehingga teknik behavior contract diimplementasikan dengan baik oleh sekolah dengan tujuan agar nantinya jikalau para siswa masih melanggar dapat diberi hukuman sesuai dengan yang mereka buat sendiri.
Kata kunci : Behavior Contract. Disiplin Tata Tertib Sekolah
References
Alvionita & Anggi. “Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Teknik Behavior Contract Dalam Mengatasi Kedisiplinan Peserta Didik Di MAN 1 Bandar Lampung”. Diploma Thesis, Uin Raden Intan Lampung. (2022).
Amin, Faisal Murnawan, Azwar Inra, and Iskandar G. Rani. “Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Melanggar Tata Tertib Di Jurusan Bangunan SMK Negeri 1 Padang.” Cived (2016): 1–6. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/view/7921%0Ahttp://ejournal.unp.ac.id/index.php/cived/article/viewFile/7921/6056.
Aulina, C. Penanaman Disiplin Pada Anak Usia Dini. 2nd ed. PEDAGOGIA, 2016. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v2i1.45%0.
Azzahra, Annisa, Choirun Niswah, and Rabial Kanada. “Implementasi Peraturan Sekolah Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru Dan Siswa.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 2 (2022): 16. http://etheses.uin-malang.ac.id/6096/.
Dian, Rika, Ervina Harahap, and Anita Yus. “Hubungan Kerjasama Orang Tua Dan Guru Untuk Mendisiplinkan Anak.” Jurnal Tematik 9, no. 1 (2019): 81.
Eza Dwi Kusuma. “Pelaksanaan Konseling Individu Dengan Teknik Behavioral Contract Dalam Mengatasi Kedisiplinan Peserta Didik Di Mts Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung.” Skripsi (2022): 1–86.
Fawaid, Moh. Mnsyur. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa.” Jurnal Civic Hukum 2, no. 2 (2021): 23–30.
Julia, Emi. “Analisis Faktor Penyebab Dan Upaya Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Pada SMA Wisuda Pontianak.” Journal of Chemical Information and Modeling 5, no. 3 (2023): 1689–1699.
Lestari, Y P, and D Yulyani. “Membentuk Sikap Disiplin Siswa Melalui Implementasi Tata Tertib Sekolah.” Jurnal Pendidikan … 9, no. 2 (2022). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PKn/article/view/13052.
Listiawati, Ludiana. “Penerapan Teknik Konfrontasi Dalam Proses Rekrutmen Dan Seleksi SDM / Karyawan Dalam Dunia Industri.” Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 12, no. 1 (2023): 1–17.
Maulida, Nurlita, Mira Mirawati, and Wawan Syahiril Anwar. “Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik.” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar 3, no. 1 (2020): 47–51.
Napfiah, Siti, Nok Izatul Yazidah, and Chindi Pebrianti. “Penerapan Strategi Belajar Literasi Numerasi Sebagai Bentuk Peningkatan Mutu Baca Dan Hitung Siswa.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR) 4, no. 1 (2023): 20–25.
Oktasari, Diyah, Hengki Yandri, and Dosi Juliawati. “Analisis Pelanggaran Tata Tertib Sekolah Oleh Siswa Dan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah.” Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia 6, no. 1 (2020): 26–31. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR.
Prasojo, Lantip Diat and Mukminin, Amirul and Mahmudah, Fitri Nur. Manajemen Strategi Human Capital Dalam Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta Press., 2017.
Purwanti, Eka, Yantoro, and Issaura Sherly Pamela. “Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar 5, no. 2 (2020): 112–117.
Puspitaningrum, Dewi, and Totok Suyanto. “Implementasi Tata Tertib Sekolah Dalam Membentuk Disiplin Siswa Di SMP Negeri 28 Surabaya.” Kajian Moral dan Kewarganegaraan 2, no. 2 (2014): 343–357.
Rangkuti, M. Al Amin. “Implementasi Layanan Bk Dalam Kedisiplinan Siswa Man Barus Tapanuli Tengah.” Skripsi (2018): 32.
Reski. “Implementasi Tata Tertib Dalam Peningkatan Kedisiplinan Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Palopo.” Skripsi (2023).
Siti Lailatul Maghfiroh. “Meningkatkan Karakter Disiplin Sekolah Anak Melalui Teknik Behavior Contract Di Ra Bani Hasyim Malang.” Thesis, no. November (2022): 1–151.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tina Ayu Rahma, Agus Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright of the article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution–ShareAlike License.