Pencegahan Bibliocrime sebagai Upaya Preventif Pelestarian Koleksi (Evaluasi pada Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia)

Nurrahmi Nurrahmi, Rizky Aries Munandar, Asnawi Asnawi

Abstract


Berangkat dari masalah masih adanya perilaku bibliocrime walaupun pihak pengelola perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh telah melakukan usaha pencegahan terhadap bibliocrime, maka perlu dievaluasi kembali setiap usaha pencegahan bibliocrime tersebut guna melihat sejauh mana keberhasilan upaya pencegahan yang telah diterapkan dan dapat ditingkatkan lagi untuk kedepannya agar lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya pencegahan bibliocrime yang dilakukan di Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh dan dampak dari penerapan upaya pencegahan bibliocrime terhadap pelestarian koleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu pihak pengelola perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh yang berjumlah satu orang, sedangkan objek penelitian ini yaitu upaya preventif yang dilakukan oleh pihak pengelola Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh dalam mencegah bibliocrime. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Model evaluasi yang digunakan yaitu model discrepancy dimana penilaian suatu program berdasarkan kesenjangan antara standar yang diharapkan dengan fakta di lapangan. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pencegahan bibliocrime yang dilakukan oleh pengelola Perpustakaan Ubudiyah Indonesia Aceh yaitu arsitektur gedung dan desain ruangan, loker, petugas keamanan, security gate, barcode, pemeriksaan ketat buku yang baru dikembalikan, denda dan sanksi, dan program orientasi perpustakaan. Walaupun demikian, upaya pencegahan yang sudah sesuai dengan standar adalah pemeriksaan ketat pada buku yang baru dikembalikan. Dampak dari upaya pencegahan bibliocrime di perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia Aceh terhadap pelestarian koleksi yaitu dengan adanya upaya pencegahan yang telah dilakukan tingkat bibliocrime menjadi lebih rendah sehingga menyebabkan terjaminnya kelestarian koleksi yang ada di perpustakaan.


Keywords


Pencegahan Bibliocrime, Pelestarian Koleksi, Perpustakaan Universitas Ubudiyah Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Agustanico Dwi Muryadi, "Model Evaluasi Program Dalam Penelitian Evaluasi", Jurnal Ilmiah PENJAS, Vol.3 No.1, Januari 2017, ISSN: 2442-3874

Akhmad Syaikhu HS dan Sevri Andrian Ginting, Keamanan Koleksi Perpustakaan, Jurnal Perpustakaan Pertanian, Vol. 20, Nomor 1, (2011).

Damayanti, dkk, Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Koleksi Perpustakaan Kemendikbud: Studi Kualitatif Mengenai Upaya Untuk Menekan dan Mencegah Tindakan Penyalahgunaan Koleksi di Perpustakaan Kemendikbud, Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, Vol.3, No.2, Desember 2015, hlm. 153.

Endang Fatmawati, “Preservasi, Konservasi, dan Restorasi Bahan Perpustakaan,” Jurnal Libria, Vol. 10, No. 1, Juni 2018. Diakses pada tanggal 21 Mei 2022 dari situs: https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/libria/article/view/3379

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik, (Jakarta: Bumi Aksara, 2013), hlm. 82.

Karmidi Martoatmodjo, Pelestarian Bahan Pustaka, (Jakarta: Universitas Terbuka, 1993), hlm. 1.

Kevin Berlianto Imaman, “Penyalahgunaan Koleksi di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,” Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Volume 20, Nomor 2, 2018.

Lilis Yuliana, Purwaka dan Lailatus Sa’diyah, Bibliocrime: Bentuk dan Penanggulangan Pada Koleksi Buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Lubuklinggau, Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, Vol. 10 No. 2 Juli - Desember 2020.

Linda Maryani dan Herlina, Motif Perilaku Bibliocrime Di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang, Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, Vol. 19 No. 1, Juni 2019.

Pinton Setya Mustafa, “Model Discrepancy Sebagai Evaluasi Program Pendidikan”, Palapa: Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Volume 9, Nomor 1, Mei 2021, p-ISSN 2338-2325, e-ISSN 2540-9697, hlm.189.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, (Jakarta, 2007).

Worthen, B.R, & Sanders, J.R, Educational Evaluation: Theory and Practice, (Ohio: Charles A. Jones Publishing Company, 1981).

Yusrawati, “Sistem Keamanan Koleksi dalam Mencegah Vandalisme di UPT Perpustakaan UIN Ar-raniry Banda Aceh”, JIPIS (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam), Vol. 1 No. 1 2022. Diakses pada tanggal 21 Mei dari situs https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/jipis/article/view/5939

T. Mulkan Safri dan Cut Raihan Miski, “Motivasi Kerja Pustakawan di UPT. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh”. JIPIS (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam). Vol. 1, No. 2. 2022. Hlm 80-86. Diakses pada tanggal 23 Mei dari situs https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/jipis/article/view/7459




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v25i1.16789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Adabiya Adabiya Adabiya  Adabiya Adabiya

Adabiya Adabiya 

 
Tools:

Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya

All papers published in Jurnal Adabiya are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.