Peran Kegiatan “Tarsus” di Desa Pakulaut dalam Upaya Mendukung Gerakan Literasi Nasional

Iqbal Ifada, Siti Ansoriyah

Abstract


Tarsus (Tarawih Khusus) is the name of an activity program from Pakulaut Village to increase community literacy. Many efforts have been taken to foster literacy. One of them is through efforts to implement 6 basic literacies carried out in Tarsus Pakulalut activities to generate the spirit of literacy, including literacy, numeracy, science, financial, digital, and also cultural and civic literacy. The purpose of this study is to explain the function of Tarsus Pakulaut activities associated with the 6 basic literacies. This research applies a descriptive approach using qualitative research methods. In this study, data triangulation is conducted by utilizing observation techniques, documentation, and interviews with Tarsus Pakulaut activity coaches and also Tarsus Pakulaut member communities. The results showed the role and support of Tarsus activities for the 6 basic literacies, among others: Village youth who provide Islamic material, breaking the fast with the Tarsus Pakulaut congregation, Tarsus Pakulaut Islamic Quiz Competition, making social media both Instagram, Facebook and also websites, Tarsus Pakulaut's Yuk Sedekah activity (Almsgiving activities for Tarsus), and finally the Nasyid Creation Competition (Islamic singing) and also the Tarsus Pakulaut Takbir Parade.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Tarsus (Tarawih Khusus) merupakan nama program kegiatan dari Desa Pakulaut dalam meningkatkan literasi masyarakat. Banyak upaya yang dilakukan untuk memajukan literasi, salah satunya melalui implementasi 6 literasi dasar yang dilakukan dalam kegiatan Tarsus Pakulaut untuk mengembangkan semangat literasi, termasuk literasi bahasa, numerasi, sains, keuangan, digital, serta literasi budaya dan kewargaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan fungsi kegiatan Tarsus Pakulaut yang terkait dengan 6 literasi dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, triangulasi data dilakukan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pembina kegiatan Tarsus Pakulaut dan juga anggota komunitas Tarsus Pakulaut. Hasil penelitian menunjukkan peran dan dukungan kegiatan Tarsus Pakulaut terhadap 6 literasi dasar, antara lain: pemuda desa yang menyediakan materi keislaman, buka bersama dengan jamaah Tarsus Pakulaut, Kompetisi Kuis Islami Tarsus Pakulaut, penggunaan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan juga website resmi, kegiatan "Yuk Sedekah" Tarsus Pakulaut (kegiatan sedekah untuk Tarsus), dan terakhir Kompetisi Cipta Nasyid (nyanyian Islami) dan juga Parade Takbir Tarsus Pakulaut.


Keywords


Tarsus; Desa Pakulaut; Tarawih Khusus; Lerasi; Gerakan Literasi Nasional.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Gemasih, F., Nasir, M., & Safri, T. M. (2022). Pembinaan dan Pemberdayaan Perpustakaan Desa oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bener Meriah. Proceeding International Conference on Islamic Studies “Islam & Sustainable Development,” 292–298.

Herfanda, A. Y. (2018). Meningkatkan literasi bahasa untuk memperkuat daya saing bangsa. Working Paper. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Jakarta.

Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(4), 431–442. https://doi.org/10.30653/002.201944.208

Kemendikbud. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Panduan Gerakan Literasi Nasional, 50.

Kemendikbud. (2017). MATERI PENDUKUNG LITERASI NUMERASI. Jakarta.

Kemdikbud. (2017). Buku Literasi Finansial. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/buku-literasi-finansial/

Makhdum Noor, F. (n.d.). 2020. Memperkenalkan Literasi SAINS kepada Peserta Didik Usia Dini: Perspektif Mahasiswa PIAUD. http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v8i1.7066.

Muttaqin, M. Zaenul., Evendi, A., & Dwi Suryanti, M. S. (2020). PERAN DAN STRATEGI KOMUNITAS LONTAR DALAM MENYEBARKAN BUDAYA LITERASI DI NUSA TENGGARA BARAT. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 13(2), 155–162. https://doi.org/10.24832/jpkp.v13i2.382

NU Tegal. (2022). Konferensi MWCNU Margasari, Ryan : Ikuti dengan Riang Gembira. Diakses pada tanggal 16 Desember 2022 melalui https://nutegal.or.id/?s=Pakulaut

OECD. (2003). The PISA 2003. Assessment Framework. http://www.oecd.org/education/school/programmeforinternationalstudentassess mentpisa/33694881.pdf

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta: Permendikbud.

Pharmacista, G. (2019). Pemberdayaan Komunitas Desa Tradisional Cireundeu Melalui Kemitraan Corporate Social Responsibility (CSR). Jurnal Soshum Insentif, 195–203. https://doi.org/10.36787/jsi.v2i2.127

PWM Jateng Info. (2017). IPM Gelar Bazar Murah, 100 Sembako Langsung Ludes Terjual. Di akses pada 16 Desember 2022 melalui https://pwmjateng.com/ipm-pakulaut-gelar-bazar-murah-100-paket-sembako-langsung-ludes-terjual/

Rahmawati, A., Kurniawan2, I., Artisa3, R. A., Administrasi, S., Negara, P., Stia, P., & Bandung, L. (2020). Membangun Desa Melalui Budaya Literasi Village Development Through Literacy Culture. In SeTIA Mengabdi-Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Vol. 1, Issue 1).

Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034

Saiful Maarif. (2019). Membaca Rilis PISA dan Tantangan Kekinian Literasi. Diakses pada 6 November 2022 melalui https://kemenag.go.id/read/membaca-rilis-pisa-dan-tantangan-kekinian-literasi-ggede.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sutrisna, I Putu Gede. (2020). GERAKAN LITERASI DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19 oleh I Putu Gede Sutrisna. 8(2). https://doi.org/10.5281/zenodo.3884420

Tarsus Pakulaut. Sejarah Tarsus Desa Pakulaut. Diakses pada tanggal 11 Desember 2022 melalui https://tarsus.netlify.app/.

Wahyuni, S., & Safri, T. M. (2023). Peran Ruang Baca Rimba Bulan dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Masyarakat Kota Padang Panjang. Jurnal Adabiya, 25(2), 133–147. https://doi.org/10.22373/adabiya.v25i2.19295

Wandasari, Y. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 325–342. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i2.1480.

Yuki, L. K. (2020). Implementasi Literasi Budaya Kuda Kosong dalam Meningkatkan Minat Membaca pada Mahasiswa Universitas Putra Indonesia. Jurnal Soshum Insentif, 44–50. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i1.215




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.18188

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Adabiya Adabiya Adabiya  Adabiya Adabiya

Adabiya Adabiya 

 
Tools:

Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya

All papers published in Jurnal Adabiya are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.