Kajian Kompetensi Pustakawan Terhadap Aksesibilitas Penyandang Disabilitas di Perpustakaan Perguruan Tinggi

Meyza Indriyani, T. Mulkan Safri, Suci Fajarni

Abstract


This study aims to examine the competence of librarians towards the accessibility of persons with disabilities in university libraries. This type of research uses the library research method. The data collection method is carried out by studying and exploring relevant sources, such as: 1) collecting sources (books, articles/journals) studied, 2) reading, recording, and processing sources (books, articles/journals) studied. The results showed that the study of librarian competencies on the accessibility of persons with disabilities in higher education libraries is needed in providing and providing library services for people with disabilities, including competencies in the field of library management, competencies in the field of information technology, competencies in the field of communication, personality competencies, and competencies in sciences that support librarianship.

------------------------------------------------------------------------------------------------

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kompetensi pustakawan terhadap aksesibilitas penyandang disabilitas di perpustakaan perguruan tinggi. Jenis penelitian menggunakan metode studi pustaka (library research). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan mengeksplorasi sumber yang relevan, seperti: 1) mengumpulkan sumber (buku, artikel/jurnal) yang dikaji, 2) dibaca, dicatat, dan diolah sumber (buku, artikel/jurnal) yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian kompetensi pustakawan terhadap aksesibilitas penyandang disabilitas di perpustakaan perguruan tinggi sangat dibutuhkan dalam menyediakan dan memberikan pelayanan perpustakaan untuk pemustaka disabilitas, diantaranya kompetensi di bidang pengelolaan perpustakaan, kompetensi di bidang teknologi informasi, kompetensi di bidang komunikasi, kompetensi kepribadian, dan kompetensi ilmu-ilmu yang mendukung kepustakawanan.


Keywords


Kompetensi Pustakawan; Aksesibilitas; Penyandang Disabilitas; Perpustakaan Perguruan Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Aidah Fajria Adha, Muh. Yusuf Mappeasse, & Hasrul Bakri. (2022). Pengembangan Aplikasi Voice For Blind sebagai Media Pembelajaran bagi Penderita Tuna Netra di SLB Negeri Pembina Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Information Technology Education Journal, 1(1), 28–37. https://doi.org/10.59562/intec.v1i1.210

Apriyani, N., Dewi, L., & Suhardini, D. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka terhadap Kinerja Pustakawan di Perpustakan Daerah Kabupaten Sukabumi. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 5(2), 187. https://doi.org/10.29240/tik.v5i2.2850

Budi, S. (2023). Empati sebagai Solusi Diskriminatif Terhadap Kaum Disabilitas Perspektif Tafsir Al-Misbah. In Thesis. Institut PTIQ Jakarta.

Hakim, H. A. B. (2018). Kompetensi pustakawan dan optimalisasi teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas layanan pemustaka difabel. Jurnal Ikatan Pustakawan Indonesia, 3(1), 56–63.

Hamim, M. (2018). Upaya Meningkatkan Kompetensi Pengelola Perpustakaan Melalui Kegiatan Komunitas SLiMS Kediri Raya. Indonesia Journal of Academic Librarianship, 2(1), 55–62.

Iskandar, F. A., Iskandar, I., & Wijayanti, L. (2022). Kompetensi Pustakawan Dalam Manajemen Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi: Tinjauan Literatur Sistematis. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 4(2). https://doi.org/10.31764/jiper.v4i2.10205

Istiana, R. N. A. P. (2018). KOMPETENSI PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Rusna Nur Aini; Purwani Istiana. Jurnal Pustakawan Indonsia, 17(2), 71–78.

Julianti, S. A. (2023). Kompetensi Seorang Pustakawan Dalam MenguasaiTeknologi Informasi Untuk Mengelola PerpustakaanDigital Pada Era 4.0. Kompetensi Seorang Pustakawan Dalam Menguasai Teknologi Informasi Untuk Mengelola Perpustakaan Digital Pada Era 4.0, 14(2), 143–163.

Kadarisman, M. (2017). Tantangan Perguruan Tinggi Dalam Era Persaingan Global. Sociae Polites, 3–20. https://doi.org/10.33541/sp.v1i1.459

Kulikauskienÿ, K., & Višinskio, P. (2020). The Theoretical Model of an Inclusive Library for People with Disabilities and its Practical Implementation. november, 79–101. https://doi.org/10.37886/ip.200.005

Lestari, E. P. (2017). Aksesibilitas Bagi Penyandang Difabel Difabel Berdasarkan pada Standar IFLA di UPT. Balai Layanan Perpustakaan “Grhatama Pustaka” BPAD DIY. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lubis, & Furbani, W. (2018). Peran Komunikasi Pustakawan dalam Perpustakaan. Jurnal Ulul Albab, 22(2), 112–119. https://www.researchgate.net/publication/330592708

Masiani, K. (2017). Peningkatan Kompetensi Staf Pengelola Perpustakaan dalam Upaya Optimalisasi Pelayanan terhadap Pemustaka. Jurnal Pari, 3(2), 99–104.

Mulidiya, A., & Ardisal. (2018). Aksesibilitas Fisik Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang Terhadap Mahasiswa Disabilitas. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 6(1), 297–302.

Ngatini. (2018). Pelayanan Prima : Upaya Pustakawan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 1(1), 53–70.

Nurmalina. (2022). Transformasi Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang Menuju Perpustakaan Riset di Era Big Data. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 9(1), 1–32.

Paryani, M. (2018). Evaluasi Kompetensi Pustakawan Berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) di Bidang Perpustakaan dalam Menunjang Kualitas Pelayanan Perpustakaan. Universitas Brawijaya.

Paryati, & Wasisto, J. (2017). Pengaruh Konsep Diri Pengelola Perpustakaan terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Fakultas dan UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(3), 1–12.

Prasetyawan, A. (2020). Perpustakaan sebagai Tempat Akses Informasi Bagi Pemustaka Disabilitas. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4, 253–258.

Prasetyo, W. D., & Utami, D. (2020). Transformasi Perpustakaan dalam Rangka Mewujudkan Layanan Perpustakaan yang Inklusif : Studi Kasus di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Pulang Pisau. VISI PUSTAKA: Buletin Jaringan Informasi Antar Perpustakaan, 22(1), 39–46.

Priyadi, E. (2014). Analisis Aplikasi Talkback bagi Penyandang Tunanetra pada Operasi Sistem Android. Analisis Aplikasi Talkback Bagi Penyandang Tunanetra Pada Operasi Sistem Android, 17. http://eprints.dinus.ac.id/13469/1/jurnal_14174.pdf

Rahmah, E. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan: Teori dan Aplikasi. In Prenadamedia Group (Issue 1).

Rajanuddin, A. M. (2014). Keterampilan Komunikasi Pustakawan Informasi Perpustakaan STAIN Samarinda. Lentera, XVI(2), 198–209.

Rifngati, E. (2016). Tantangan Pustakawan Perguruan Tinggi dalam Memberikan Layanan Prima dengan Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(2). https://doi.org/10.21274/dinamika.2016.16.2.268-273

Rinawati, R., Sri Lestari, E., & Pramoekti Narendra, A. (2017). Kepuasan Mahasiswa Tunanetra terhadap Layanan Difabel Corner di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Inklusi: Journal of Disability Studies, 4(2), 239. https://doi.org/10.14421/ijds.040205

Ro’fah, Andayani, & Muhrisun. (2010). Membangun Kampus Inklusif: Best Practices Pengorganisasian Unit Layanan Difabel. Pusat Studi dan Layanan Difabel (PSLD) UIN Sunan Kalijaga.

Safri., T. M., & Fajarni, S. (2023). Aksesibilitas dan Hambatan Penelusuran Informasi Penyandang Disabilitas pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Banda Aceh.

Safri., T. M., & Miski, C. R. (2022). Motivasi Kerja Pustakawan di UPT. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh. JIPIS (Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi IslamJurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam), 1(2), 80–86. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/jipis

Safri, T. M., Ro’fah, R., & Fajarni, S. (2022). Analisis Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Difabel Netra Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta Selamamasa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Perpustakaan (Jiper), 4(1), 93–103. https://doi.org/10.31764/jiper.v4i1.8318

Safruddin Aziz. (2014). Perpustakaan Ramah Difabel. Ar-Ruzz Media.

Siregar, M. R. A. (2015). Peran pustakawan dalam meningkatkan layanan di perpustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 9(2), 211–222.

Umami, A. S. (2017). Studi Deskriptif Teknik Penguasaan Kempampuan Orientasi dan Mobilitas Menggunakan Smartphone Berbasis Android Siswa Tunanetra. Jurnal Pendidikan Khusus, 9, 1–13.

UU RI Nomor 43 Tahun 2017 Tentang Perpustakaan, 32 (2007).

Undang-undang No 8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas, (2016).

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.19655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Adabiya Adabiya Adabiya  Adabiya Adabiya

Adabiya Adabiya 

 
Tools:

Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya Adabiya

All papers published in Jurnal Adabiya are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.