Persepsi Lulusan Terhadap Pelayanan Prodi Manajemen Dakwah UIN Ar-Raniry

Jailani Jailani, Maimun Fuadi

Abstract


Tersedianya informasi memadai tentang kompetensi lulusan pada sebuah perguruan tinggi merupakan suatu keniscayaan. Informasi ini begitu penting guna mengetahui relasi dan relavansi proses pendidikan yang telah dijalankan oleh sebuah lembaga pendidikan. Salah satu jalan mengetahui informasi ini dapat dilakukan dengan tracer study. Dengan pelaksanaan tracer study yang baik, maka akan dapat memberikan informasi awal tentang keberadaan dan keberhasilan lulusan, seperti karier, status, pendapatan, dan sebagainya. Lebih jauh, artikel ini bertujuan untuk menjelaskan persepsi lulusan terhadap pelayanan Program Studi Manajemen Dakwah UIN Ar-Raniry. artikel ini tergolong pada jenis penelitian kualitatif dengan metode survey eksploratif. Teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui wawancara dan kuisioner. Data yang telah terkumpul kemudian di kelompokkan dan di olah secara kualitatif dengan teknik analisis analisis presentasi relatif. Hasil penelusuran dan analisis menunjukkan, secara umum persepsi lulusan terkait pelayanan Prodi Manajemen Dakwah UIN Ar-Raniry sudah baik. Adanya persepsi positif ini dapat di nilai dari beberapa aspek, seperti pada aspek reability, responsivenes, assurance, emphaty, dan tangibles. Namun demikian, masih terdapat beberapa kelemahan terkait pelayanan prodi ini, di antaranya: mutu layanan yang masih membutuhkan peningkatan kwalitas dan kwantitas SDM, kedisiplinan dosen dan pegawai tenaga pendidikan, serta fasilitas sarana dan prasarana yang perlu pembenahan dan perawatan, termasuk pengayaan sumber bacaan khususnya pada perpustakaan prodi.

Keywords


Persepsi, Lulusan dan Pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Atep Adya Barata, Dasar-Dasar Pelayanan Prima, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2004.

Bimo Walgito, Psikologi Sosial (Suatu Pengantar), .Yogyakarta: Andi Offset, 2003.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Dokumentasi Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Juli Tahun 2018.

Dokumentasi Semester Genap Tahun Akademik 2017-2018 Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Yogyakarta: Andi, Ed. I, Cet, III, 2004.

Fandy Tjiptono, Pemasaran Jasa, Malang: Bayu Media, 2006.

Fandy Tjiptono, Startegi Pemasaran, Yokyakarta: Andi, 2002.

Jalaluddin Rahmat, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Ketut Sukardi, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, Jakarta: Gramedia, 1985.

Moenir, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Ngalim Purwanto, Pendidikan Teoritis dan Praktis, Jakarta: Rajawali, 1989.

Panduan Akademik Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Tahun Akademik 2016/2017.

Poerwadarminta, W.J.S., Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Saparinah Sadli, Persepsi Sosial Mengenai Perilaku Menyimpang, Jakarta: Bulan Bintang, 1976.

Severin, Werner J. dan James W. Tankard, Jr, Teori Komunikasi: Sejarah, Metode dan Terapan Di Dalam Media Massa, Jakarta: Kencana, 2011.

Sumber Data: Prodi Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry, 2017.

Supranto, J., Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Wasti Sumanto, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Gramedia, 1984.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v3i1.11730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: