PELAYANAN TERPADU SATU PINTU BERBASIS INFORMASI DAN TEKNOLOGI DI PESANTREN DARUL QUR’AN GUNUNG KIDUL

Mahrus Asmui, Erni Munastiwi

Abstract


Memasuki era revolusi industri 4.0 penggunaan peralatan teknologi dan komunikasi meningkat tajam. Masyarakat dapat berinteraksi secara cepat dan luas dalam waktu singkat. Penggunaan teknologi dan informasi terutama internet digunakan untuk berbagai kepentingan, termasuk kepentingan pendidikan. Demikian halnya penggunakan teknologi dan informasi digunakan dalam pelayanan terpadu satu pintu di lembaga pendidikan. Hal ini dapat mempermudah layanan lembaga pendidikan terhadap siswa. Sebaliknya siswa dengan mudah mengakses layanan pendidikan lembaga. Berbagai jenis lembaga dan tingkat satuan pendidikan telah mengaplikasikannya. Tujuan penelitian mengkaji pelayanan terpadu satu pintu berbasis teknologi dan informasi di lembaga pendidikan pesantren. Pesantren Darul Qur’an menerapkan pelayanan satu pintu berbasis teknologi dengan sistem cashless, semua kebutuhan transaksi santri dilakukan secara non tunai dengan kartu e-Santri dengan menggunakan limit harian dan bulanan. e-Santri untuk menanggulangi pemborosan dan pencurian. Subyek dan objek dalam penelitian ini adalah pesantren darul qur’an gunung kidul dan Pimpinan lembaga pesantren darul qur’an. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Responden yang dilibatkan yaitu bendahara, pimpinan lembaga formal dan pimpinan pesantren darul qur’an. Proses penelitaian dengan mengumpulkan data yang langsung dilakukan di lokasi penelitian. teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam mengumpulakan data meliputi,  Observasi, wawancara, Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif, reduksi data dan informasi, penyajian data, verifikasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa upaya PTSP dalam meningkatkan pelayanan menggunakan model satu sumber Informasi. Pelaksanaan pelayanan Sistem Keuangan yang berbasis Teknologi Informasi serta

Keywords


Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Informasi, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Dwiyanto, Agus, dkk, Reformasi Birokrasi di Indonesia. Yogyakarta: Gajah Mada university Press, 2012.

Hamdi, Agustin, Sistem Informasi Manajemen dalam Perspektif Islam. Depok: PT Rajagrafindo Persada 2019.

Handayani, R., & Prasetyo, A. E. Implementasi Sistem Informasi Keuangan pada Sekolah Swasta di Kabupaten Lamongan Guna Mewujudkan Transparansi dan Pelayanan Prima kepada Masyarakat. Community Development Journal, 2 (2), 2018. hlm. 367–372. https://journal2.unusa.ac.id/index.php/CDJ/article/view/618

Hardiansyah, Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gaya Media, 2002.

Hasan Asari, ed. Memperkokoh Eksistensi, Memperluas Kontribusi. Medan: IAIN Press, 2015.

Agus Dwiyanto. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: UGM Press, 2005.

Husain Usman dan Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003

Irawan, Prasetya, dkk, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: STIA LAN Press, 1997.

Moenir, AS, Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Rethorika Berthanila, Studi Pendahuluan atas Analisis Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kota Serang Menuju Konsep Pelayanan Berbasis Good Governance, Sawala, 2016.

Tommy Bustomi, Ekawati Yulsilviana , Jan Jan Jaelani ‘Analisis dan Desain Pelayanan Satu Pintu Terpadu di Kementerian Bidang Keagamaan, Kutai Timur’ JURNAL IT, 2019

https://darulquran-walirsyad.org/about-us/

https://www.prabubimatech.my.id/uang-saku-pondok-pesantren-darul-quran-wal-irsyad-gunungkidul-yogyakarta/




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v5i2.11852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Al-Idarah: Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.