PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA PETANI MISKIN (Studi Di Gampong Blang Nie Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur)

Nurul Husna, Della Celvia

Abstract


Peran keluarga dalam membentuk kepribadian anak yang baik dan bisa berprestasi dalam bidang agama dan akademik sekolah di Gampong Blang Nie Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengasuhan anak dalam keluarga petani miskin di Gampong Blang Nie Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur, dan apa saja faktor pendukung keberhasilan orang tua petani miskin dalam mengasuh anak di Gampong Blang Nie Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang model pengasuhan yang seperti apa yang di terapkan keluarga buruh tani dalam mengasuh anak di Gampong Blang Nie Kecamatan Simpang Ulim Kabupaten Aceh Timur dan untuk mengetahui tentang perilaku anak dalam hubungannya dengan orang tua pada keluarga buruh tani. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif terhadap sumber data yang digunakan. Yang peneliti gunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitiannya yaitu Bapak, Ibu dan anak buruh tani. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua sudah menerapkan pengasuhan yang baik kepada anaknya secara maksimal, pengasuhan yang dijalankan oleh orang tua terus memperhatikan kepentingan anak, hal tersebut terlihat dari perilaku yang ditunjukkan oleh anak buruh tani. Mereka tidak melawan dan mematuhi perkataan orang tua, tidak melakukan hal-hal yang tidak pantas seperti merokok, bermain game, dll. Pengasuhan demokratis yang diberikan orang tua buruh tani berdampak positif bagi perilaku anak.

Keywords


Pengasuhan, Keluarga, Perilaku

Full Text:

PDF

References


Hari Harjanti Setiawan, Pola Pengasuhan Keluarga Dalam Proses Perkembangan Anak Caring Family In Child Development Process, Jurnal Kemensos RI, Vol 19, No 3, Desember 2014.

Nurul Husna, Interaksi Orang Tua Dan Anak Dalam Pembentukan Akhlak, Jilid 1, Cet ke 1, Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2015.

Didin Hafidhuddin, Keunggulan Keluarga Islami, Vol 2, No 3, 2006.

Saiful Mahdi dkk, Keluarga &Relasi Kuasa di Aceh: Keluarga dan Negara, Banda Aceh: Yayasan Pusat Penelitian Aceh Dan Samudera Hindia, 2020.

Al. Tridonanto, Mengembangkan Pola Asuh Demokratis, Alex Media Komputindo, 2014.

Wawancara dengan Pak Idris

Wawancara dengan Bu Aminah

Wawancara dengan Pak Samsul Bahri




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v3i2.13123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: