STRATEGI PENGELOLAAN PEMBIMBING MANASIK UMRAH PADA TRAVEL DI KECAMATAN SYIAH KUALA

Jailani Jailani, Rizki Mubarak Alkam

Abstract


Pengelolaan pembimbing manasik haji sangatlah penting untuk diperhatikan, mengingat status calon jamaah yang beragam, penelitian ini akan membahas tentang salah satu Travel di Kota Banda Aceh, yaitu “Strategi Pengelolaan Pembimbing Manasik Umrah Pada Travel Di Kecamatan Syiah Kuala”, karena masih terlihat beberapa kendala yang terjadi pada Travel ini, seperti masih belum optimalnya manasik umrah, serta menyangkut dengan fasilitas. Tujuan dari penelitian ini ialah,  untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan pembimbingan manasik umrah pada travel di kecamatan Syiah Kuala, dan ntuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pengelolaan pembimbingan manasik umrah pada travel di kecamatan Syiah Kuala. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Adapun hasil penelitian menujukkan bahwa, Strategi yang dilakukan sudah sangat baik, dimana pada masa pandemi pun travel ini tetap melakukan kegiatan walaupun secara virtual, kemudian terdapat faktor internal dan eksternal sebagai pendukung PT. Mafaza Tour & Travel,begitu pula dengan hambatan yang dialami oleh PT. Mafaza Tour & Travel. Rekomendasi penelitian dapat digunakan oleh PT Travel terkait untuk dijadikan rujukan, guna sebagai lacakan untuk proses manajemen yang lebih baik. Juga dapat dijadikan informasi kepada masyarakat bila sewaktu-waktu membutuhkan jasa travel agar dapat lebih dahulu mengetahui sehingga menjadi pertimbangan dalam memilih travel tertentu sebagai jasa ibadah umrah

Keywords


Strategi Pengelolaan, Pembimbing, Manasik Umrah, Travel.

Full Text:

PDF

References


Abu Ahmadi,.Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta:PT. Rineka Cipta,1991.

Ahmad Sarwat. Fiqih Kehidupan (6) : Haji & Umrah, Jakarta : DU Publishing, tt.

Departemen Agama RI. Al-„Aliyy, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Bandung: Diponegoro, 2005.

Departemen pendidikan Kebudayaan. Kamus Besar Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2000.

Erni Tisnawati Sule, Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana, 2005.

George R. Terry, Guide to Management, terj. J. Smith DFM, Prinsip-Prinsip Manajemen, Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Cet Ke 4, Jakarta: Rhineka Cipta, 2004.

Mukminin Furqan, Manajemen Pelayanan Biro Perjalanan Haji dan Umrah, (Studi Kasus Di Sultan Agung Tour & Travel Semarang)”, Skripsi, Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo Semarang, 2015.

Poerwodarminto. Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Rosady Ruslan, Manajemen Public Relations & Media Komunikasi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Saputra, Adek, Strategi Organisasi Muhammadiyah Dalam Mningktakan Wawasan Keislaman Masyarakat Di Kota Banda Aceh”, Skripsi, Program Studi S1 Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2018.

Sugiono. Metode Penelitian Kualitatif dan kuantitatif, Bandung: Alfabeta, 2012.

Tisa S, Nur Dian, Strategi PLN Sub Ranting Alue Bilie Kecamatan Darul Makmur dalam Membina Kedisiplinan Kerja Karyawan, Skripsi, Program Studi S1 Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2016.

Wahbah Az-Zuhaili. Fiqih Islam Wa‟adillatuhu, penerjemah Abdul Hayyie al-Kattani, Jakarta : Gema Insani, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v3i2.13124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: