PEMANFAATAN MEDIA ONLINE TERHADAP PENGEMBANGAN USAHA DI KECAMATAN KOTA BAHAGIA KABUPATEN ACEH SELATAN

Sakdiah Sakdiah, Nelly Junaidi

Abstract


Pemanfaatan media online dalam dunia usaha bukan lagi merupakan hal yang tabu bagi kebanyakan pengusaha, baik usaha kecil menengah hingga usaha yang besar. Tidak menutup kemungkinan usia dan batasan waktu, kesempatan ini terus saja diminati oleh sebagian besar masyarakat. Di Kecamatan Kota Bahagia Kabupaten Aceh Selatan misalnya, masyarakat berlomba-lomba untuk mendapatkan penghasilan yang lebih maksimal dengan memnfaatkan media online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media online serta faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat dalam proses pengembangan usaha di Kecamatan Kota bahagia. Peneilitian dilakukan secara kualitataif dengan jenis penlitian lapangan. Hasil menunjukan bahwasanya pemanfaatan media online oleh pelaku usaha di Kecamatan Kota Bahagia sangatlah besar manfaat dari media ini sangat membantu masyarakat dalam mengembangkan usahanya. Pendukung usaha secara online terlihat dari faktor ekonomi keluarga serta penggunaan media yang mudah, adapun hambatannya berupa akses internet yang kurang baik di daerah ini, dilanjutkan dengan masalah jarak antara penjual dan pembeli.

Keywords


Media Online, Pengembangan Usaha

Full Text:

PDF

References


Arfadia, Pengertian dan Manfaat Pemasaran Online, di akses dari https://blog.arfadia.com/pengertian-dan-manfaat-pemasaran-online/

Department Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Bandung: PT.Sygma Examedia Arkanleema, tt.

Nurjalia. “Pengaruh Media Social Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studipendidikan Teknologi Informasi”. Banda Aceh: Skripsi Fakultas Tarbiah dan Keguruan UIN Ar-Raniry, 2018.

Pratiwi, Risda. “Strategi pengembangan usaha rengginang pulut dengan metode analisis swot (Studi kasus usaha rengginang pulut cv. Uul jaya di desa kebun lada kecamatan hinai kabupaten langkat)”, Medan: Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2018.

Rambe, Irpah. “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pembuatan Tahu Pada Pengrajin Tahu Bandung Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi”. Medan: Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2018.

Rulli Nasrullah. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2017.

Wawancara dengan Jaddal Iman, Staf Kantor Camat Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Abidah, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Alman, Pelanggan Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Cida, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Cita, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Ibu Eliza Agusti, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Ibu Nuriah, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Miranda, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Nur Laini, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Nurhaidah, Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan.

Wawancara dengan Zulharira, Pelanggan Penjual Online di Kecamatan Kota Bahagia Aceh Selatan




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v4i1.13132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: