MANAJEMEN PEMASARAN ONLINE GET LATELA MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Haris Nawafi, Syahril Furqany, Fajri Chairawati

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini adalah munculnya beragam produk lokal yang dikemas secara profesional. Salah satunya produk Donat Get Latela berbahan dasar labu dan ketela. Produk ini memiliki ciri khas dan kemasan yang menarik serta melakukan promosi melalui instagram. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran online dengan instragam dapat memberikan pengetahuan merek kepada calon konsumen. Konsistensi penggunaan warna oranye dan ungu. Pemasaran online melalui instagram dalam memberikan informasi sebanyak mungkin dengan biaya yang sangat murah. Informasi yang disampaikan bisa berupa foto jenis varian donat, ukuran, toping donat, harga, dan testimoni pembeli. Di momen-momen tertentu memberikan give away bagi konsumen yang beruntung, dan promo maupun diskon untuk pembeli. Hal yang menarik adalah memanfaatkan endorsment selebgram untuk melakukan promosi. Ini menarik karena selain meningkatkan followers yang signifikan juga meningkatkan penjualan.

Keywords


Manajemen Pemasaran, Instagram

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Yatimin, 2006, Pengantar Studi Etika,Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Abdullah Thamrin dan Francis Tantri, 2012, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Allan B. Albarran, 2013, The Social Media Industries, New York, USA: Routledge. Taylor and Francis Group.

Arikunto, Suharsimi, Preosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

A. Shimp, Terence, 2012, Periklanan Promosi, Jakarta: Erlangga.

Atmoko, Bambang Dwi, 2012, Instagram Handbook, Jakarta: Media Kita.

Belch dan Belch, 2001, Advertising & Promotion: An Integrated Marketing. Communication Perspective, New York: Mc Graw Hill.

B. Miles, Matthew dan A. Michael Huberman, 2009, Analisis Data Kualitatif, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Boyd, CE. 2011, Water Quality Management In Aquaculture And Fisheries Science. Amsterdam: Scientific Publishing Company.

Cahya Budiarta, 2007, Pelaksanaan Sales Promotion Yang Efektif Guna. Meningkatkan Volume Penjualan, Bandung: Paradigma.

Canada: John Wiley & Sons, Inc. Shimp, Terence A. 2013, Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu, Jakarta: Erlangga.

Danis, 2011, Meningkatkan Penjualan Melalui Media Sosial, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Evans, Dave dan Jake Mckee, 2013, Social Media Marketing: The Next Generation Of Business Engagement, Canada: John Wiley & Sons.

Effendy, Onong Uchjana, 2003, Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.

F .Tjiptono & Gregorius C. . Service, 2012, Quality & Satisfaction.Edisi 3, Yogyakarta: ANDI.

Ghazali, Miliza, 2016, Buat Duit Dengan Facebook dan Instagram: Panduan Menjana Pendapatan dengan Facebook dan Instagram, Malaysia: Publishing House.

Hasan, Marketing, 2009, Yogyakarta: Media Press, Anggota IKAPI.

Hendroyono, Handoko, 2012, Brand Gardener, Tangerang: Literati.

Hermawan Hary, 2017, Pengelolaan Media Sosial, Yogyakarta: Stp Ars Internasional.

Kartajaya Hermawan dan Muhammad Syakir Sula, 2006, Syariah Marketing, Bandung: Mizan.

Kotler & Amstrong, 2001, Prinsip-Prinsip Pemasaran,Jakarta: Erlangga.

Lexy, J. Moelong, 2006, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Cipta Rosdakarya.

Mardalis, 2014, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Cet 1, Jakarta: Bumi Aksara.

M. Nisrina, 2015, Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, Yogyakarta: Kobis.

McQuail Denis, 2012, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar,Jakarta: Erlangga.

Morissan, 2010, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana.

Nasrullah, 2016, Peranan Media Sosial dalam Perkembangan Bisnis, Jakarta: Grafindo Jaya.

Nawawi Hadari, 2011, Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta:Gajah Mada University Press.

Pandji Anoraga, 2011, Manajemen Bisnis Jakarta: Rineka Cipta.

P.Kotler, 2006, ManajemenPemasaran, Edisi 12, Jakarta: Erlangga.

P. Q. Ayun, “Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial Dalam Membentuk Identitas” Jurnal Komunikasi, 201: 53(2), 1–16.

Rahmat, 2004, Komunikasi dan Penyiaran Islam: Mengembangkan, Jakarta: Bumi Aksara.

R. Aditya, 2015, Pengaruh media social, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

R. Nasrullah, 2006, Media Sosial, Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Saladin Djaslim, 2011,Unsur-Unsur Inti Pemasaran Dan Manajemen Pemasaran, Bandung: Mandar Maju.

Simamora, 2001, Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan. Profitabel, Edisi Pertama, Jakarta : Gramedia Pustaka.

Soemanagara, 2008, Strategic Marketing Communication: Konsep Strategis dan Terapan. Alfabeta: Bandung.

Stanton, William, 2009, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Kedua, Edisi Ketujuh, Jakarta : Erlangga..

Stepahie Diamond, 2015, The Visual Marketing Revolution: 26 Kuat Sukses Pemasaran di Media Sosial, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Suryabrata, Sumadi, 1987, Metode Penelitian, Jakarta: Rajawali.

Sulaksana, Uyung, 2007, Integrated Marketing Communications, Jakarta: Pustaka Pelajar.

Susan, 2011, 30-Minute Social Media Marketing. (United States (US): McGraw-Hill Companies.

Swastha dan Irawan, 2010, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.

Tjiptono, 2012, Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi Offset.

Trisnawati Sule, Ernie, 2016, Manajemen Bisnis Syariah,Bandung: Refika Aditama.

Umar, Husein, 2009, Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Cet 1, Jakarta:Rajawali Pres.

Wiryohandoyo, Sudarno, 2012, Perubahan Sosial dalam Masyarakat Modern, Yogyakarta: Tiara Wacana.

Yunia Fauzia, Ika, EtiKa dalam Bisnis Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Yusuf, 2017, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitan, Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.

Jurnal:

Agustina. “Analisis Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Sikap Konsumerisme Remaja Di SMA 3 Samarinda.” Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(3), 2016.

Andreas, Kaplan M., Haenlein Michael 2010. "Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media". Business Horizons.

Boyd, M. D., & Ellison, B. N. Social Network Sites :Definition , History, And Scholarship. Journal Of Computer-Mediated Communication, 2007.

Dewi, Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik. Journal of Marketing Research and Case Studies. 2018 Vol, 2. No. 2.

Gumilar Gumgum, Pemanfaatan Instagram Sebagai Sarana Promosi Oleh Pengelola Industri Kreatif Fashion di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi. Desember 2015. Volume V No. 2.

Jovita, Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Komunikasi. November 2017. Volume 2 No. 2.

Kurniawan, Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. International Journal of Communication :University of Washington. Oktober 2017. Vol 11, No 2.

Ngurah Aditya Lesmana, Gusti .”Tesis: Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment (Studi: PT. XL AXIATA)” Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.

Nurlita,. Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Pemasaran Online Pada Matakuliah Kewirausahaan (Study Kasus Pada Jurusan Pendidikan IPS FITK UIN Maulana Malik Ibrahim Malang). Jurnal Fisip, 2018. Vol. 2, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v4i1.13134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: