INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA PEMERINTAH (Studi Pada Gampong Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)

Mahmuddin Mahmuddin, Mella Rifani

Abstract


Artikel ini mengkaji tentang kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan gampong. Ada hal menarik terkait persoalan kinerja pemerintahan gampong salah satunya Gampong Alue Naga di Kota banda Aceh. Pemerintahan gampong Alue Naga belum merujuk kepada Qanun Kota Banda Aceh Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Pemerintahan Gampong. Kajian ini memfokuskan pada tingkat kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan gampong Alue Naga kecamatan Syiah Kuala kota Banda Aceh di ukur berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat yang belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan masyarakat jika diukur dengan Standar Indeks Kepuasan Masyarakat(IKM). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah Pemerintahan Gampong dan masyarakat Gampong Alue Naga sebanyak 1.270 orang. Teknik pengambilan Sampel dilakukan secara Teknik Survei. Ukuran Sampel sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi  dan Angket. Teknik analisis data menggunakan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Interprestasi dan analisis kuandran. Hasil penelitian ini menunjukkan berdasarkan indikator Kepuasan masyarakat Alue  Naga secara umum puas dalam hal penyelenggaraan pemerintahan gampong dan pembinaan masyarakat gampong alue naga kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh oleh pemerintah gampong. Namun ada juga aspek yang kurang puas seperti pada indikator regulasi gampong dan penataan administrasi gampong yang dilakukan oleh pemerintah gampong Alue Naga Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.


Keywords


Indeks Kepuasan Masyarakat, Pemerintahan Gampong Alue Naga

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Banda Aceh, Kecamatan Syiah Kuala Dalam Angka 2020, Banda Aceh: 2020.

Fandy Tjiptono, Pemasaran Strategik, Yogyakarta: Andi, 2012.

Lovelock dan Wirtz, Pemasaran Jasa Perspektif, edisi 7, Jakarta: Erlangga.

Moh Nazir, Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia,2005.

Sugiyono, Metode Penelitian: Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2008.

Keputusan MENPAN Nomor 25 Tahun 2004

https://ibnuhasanhasibuan.wordpress.com/pengertian-kepuasan-konsumen/ Diakses pada tanggal 4 Juni 2018

Qanun Kota Banda Aceh Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Pemerintahan Gampong




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v4i1.13135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: