STRATEGI PUSKESMAS KLUET SELATAN DALAM MENINGKATKAN KESEHATAN MASYARAKAT (STUDI ANALISIS TERHADAP KESEHATAN LINGKUNGAN)

Elfi Usfita

Abstract


Kesehatan lingkungan masih menjadi persoalan di Indonesia, khususnya di Aceh. Kondisi kesehatan lingkungan masih rendah salah satunya di Kecamatan Kluet Selatan. Berdasarkan informasi awal bahwa aktivitas pengelolaan kesehatan lingkungan di salah satu puskesmas Kluet Selatan masih kurang baik sehingga belum memenuhi standar dan fungsi puskesmas dalam menangani serta melayani masyarakat dari segi kesehatan lingkungan. Kajian ini mencoba untuk menganalisa strategi Puskesmas Kluet Selatan dalam mengelola kesehatan lingkungan serta upaya Puskesmas Kluet Selatan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Kajian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Dari hasil temuan bahwa strategi pukesmas Kluet Selatan dalam meningkatkan kesehatan dengan melakukan sosialisasi mengenai sanitasi, menciptakan lingkungan yang asri sesuai standar kesehatan. Upaya yang dilakukan pun berupa menyediakan layanan rawat inap, penyediaan saniter seperti jamban, melakukan pengecekan pada penggunaan air bersih dan melakukan penyemprotan pada tempat pembuangan sampah. Pukesmas Kluet Selatana juga menjalin kerjasama dengan lintas sektor untuk meningkatkan aspek pengelolaan kesehatan masyarakat di Kluet Selatan. Pukesmas juga menghadapi tantangan berupa kurangnya partisipasi masyarakat serta minimnya SDM yang tersedia pada Pukesmas Kluet Selatan.


Keywords


Strategi Pengelolaan, Kesehatan Lingkungan, Puskesmas.

Full Text:

PDF

References


Anies. Manajemen Berbasis Lingkungan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2007.

Hadi, Sutrisno. Metode Penelitian. Yogyakarta: Yayasan Penerbit Fakultas Fiskologi UGM, 1993.

Mursi. Strategi Dinas Kesehatan Dalam Penyelenggaraan Kesehatan Lingkungan Di Kota Serang. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2016.

Nurfaizah. Pelestarian Lingkungan Hidup Menurut Al-Hadits. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1997.

Otto, Suwartoto. Ekologi Lingkungan dan Pembangunan Djambatan. Jakarta, tt.

Siswanto, Hadi. “Pengarusutamaan Kesehatan Lingkungan Dalam Peningkatan Kualitas Hidup Manusia”. Jurnal Jakarta: Universitas Respati Indonesia, 2009.

Utami, Resty Aprilia. Dampak Sanitasi Lingkungan Terhadap Kesehatan Masyarakat di Wilayah Pesisir Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2018.

Yunia, Mertisanfara. Pelayanan Kesehatan Dasar Bagi Masyarakat Miskin di Puskesmas Terakreditasi. Bandar Lampung: Universitas Lampung, 2018.

Wawancara:

Wawancara dengan Bapak Zainal, Bidang Seksi Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kluet Selatan.

Wawancara dengan Ibu Mutia Muharifah sebagai Kader Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kluet Selatan.

Wawancara dengan Ibu Alimah, Petugas Kebersihan Puskesmas Kluet Selatan.

Wawancara dengan Ibu Dian Citra, Staf Kesehatan Lingkungan Puskesmas Kluet Selatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v5i1.13691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: