STRATEGI DAKWAH JAMAAH TABLIGH DI KECAMATAN SIMEULUE TENGAH KABUPATEN SIMEULUE

Kamaruddin Kamaruddin, Wahyuni Hidaya Tullah

Abstract


Strategi dakwah sangat penting untuk diperhatikan oleh da’i dalam menjalankan dakwah, sehingga dakwah dapat tersampaikan sesuai dengan harapan. Dakwah yang efektif ialah dakwah yang dapat tersampaikan dengan baik kepada para mad’u. Namun kegiatan dakwah yang dijalankan terkadang tidak berjalan dengan baik. Seperti halnya yang dilakukan oleh Jamaah Tabligh di Kecamatan Simeulue Tengah, kabupaten Simeulue. Faktanya partisispasi masyarakat untuk mengikuti majelis ilmu yang dikembangkan oleh Jamaah Tabligh di Kecamatan Simeulue Tengah masih tergolong kurang. Maka dengan hal itu dirasa penting kiranya untuk melihat lebih jauh mengenai strategi kelompok dakwah ini dengan tujuan untuk mengetahui strategi dan faktor hambatan yang dihadapi oleh kelompok Jamaah Tabligh ini. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil kajian ditemukan bahwa strategi dakwah Jamaah Tabligh mendeskripsikaan tentang lima amal sempurna, yaitu, musyawarah, silahturrahmi, lemah lembut, berpegang teguh dengan Sunnah serta menghidupkan taklim kegiatan. Jamaah Tabligh di Kecamatan Simeulue Tengah dalam menjalankan dakwah juga mendapatkan hambatan seperti adanya masyarakat yang tidak suka dengan Jamaah tablig dengan alasan tertentu, dan kesibukan anggota dakwah Jamaah Tabligh.  


Keywords


Strategi, Dakwah, Jamaah Tabligh.

Full Text:

PDF

References


Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan, Bogor: Sigma Examedia Arkanleema, 2000.

Hasanah, Umdatul, Keberadaan Kelompok Jamaah Tabligh dan Reaksi Masyarakat, Perspektif Teori Penyebaran Informal dan Pengaruh. Vol. 4 No. 1, Januari-Juni, 2014.

Moch Ali Aziz, Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009.

Munawaroh, Sriyanti, Strategi Jamaah Dakwah Tabligh Dalam Meningkatkan Kesadaran Shalat Berjamaah di Masjid An Nur Bojong Giyanti Candimolyo Magelang, Skripsi, 2020.

Samiang Katu, Taktik Dan Strategi Dakwah di Era Milenium (Studi Kritis Dakwah Jamaah Tabligh) Cet. I. Makassar: Alauddin University Press, 2011.

Sari, Novita F, Aktiviyas Dakwah Jamaah Tabligh di Palembang, Investigasi Terhadap Program Khuruj Jamaah tabligh Di Masjid Al-Burhan Palembang, Skripsi. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang, 2015.

Sijaruddin, Murniaty. “Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet”, Peluangan dan Tantangan.Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 1, No. 1, Desember, 2014.

Syukri Syamaun, Dakwah Rasional, Banda Aceh, Ar-Raniry Press, 2007.

www.m.komparan.com, Jamaah Tabligh: sejarah dan perkembangan di indonesia.

Wawancara:

Wawancara dengan Bapak Isriman Jamid Anggota Jamaah Tabligh.

Wawancara dengan Bapak Isuardi Pengurus Jamaah Tabligh.

Wawancara dengan Bapak Jasmin Anggota Jamaah Tabligh.

Wawancara dengan Bapak Lamon Faldian Pengurus Jamaah Tabligh.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v5i1.13948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: