PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP BRAND TRUST PADA FOLLOWERS INSTAGRAM DOMPET DHUAFA CABANG YOGYAKARTA

Alif Ryan Zulfikar, Mikhriani Mikhriani

Abstract


Penelitian ini berlatar belakang social media marketing, sebuah teknik pemasaran menggunakan media sosial yang baru berkembang pesat saat ini. Banyak perusahaan yang telah menggunakannya termasuk lembaga nirlaba seperti Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Dengan tersedianya jaringan yang terhubung diseluruh penjuru dunia. Teknik ini bisa dimanfaatkan untuk membuktikan bukti sosial lembaga tersebut untuk membangun brand trust. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap terhadap brand trust pada followers Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melakukan survei online kepada followers akun Instagram Dompet Dhuafa Cabang Yogyakarta yang berjumlah 100 sampel. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif kuantitatif, uji asumsi (uji normalitas, uji linieritas, dan uji heteroskedastisitas), dan regresi linier sederhana dengan uji hipotesis (uji t dan uji koefisien determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust. Dengan melihat nilai beta pada kolom unstandardized coefficients adalah 0,398 dan uji t diketahui nilai t hitung adalah 10,835 lebih besar dari t tabel dengan nilai 1,658. Nilai R square adalah 0,545, berarti bahwa sebesar 54,5% brand trust yang terjadi dapat dijelaskan dengan variabel social media marketing.

Keywords


social media marketing; brand trust

Full Text:

PDF

References


Angella. “Impacts of Luxury Fashion Brand’s Social Media Marketing on Customer Relationship and Purchase Intentionâ€. Journal of Global Fashion Marketing. Vol. 1:3, 2010.

As’ad, H. Abu Rumman dan Anas Y. Alhadid. “The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordanâ€. Review of Integrative Business and Economics Research. Vol. 3:1, 2014.

Ballester, Elena Delgado. “Development and Validation of a Brand Trust Scaleâ€, International Journal of Market Research. Vol. 45:1, 2003.

Bergstrom, Thamwika. “Marketing and PR in Social Media: How the Utilization of Instagram Builds and Maintains Customer Relationshipsâ€. Tesis. Swedia: Stockholm University, 2013.

Chary. “Social Media Marketing-The Paradigm Shift in International Marketingâ€. IOSR Journal of Business and Management. Vol. 16:9, 2014.

Ha, Hong Youl dan Helen Perks. â€Effects of Consumer Perceptions of Brand Experience on the Web:Brand Familiarity, Satisfaction and Brand trustâ€. Journal of Consumer Behaviour. Vol. 4:6, 2015.

Ha, Hong Youl. “Factor Influencing Consumer Perceptions of Brand Trust Onlineâ€. Journal of Product and Brand Management. Vol. 13:5, 2004.

https://www.instagram.com/dompetdhuafadiy/.

Innova, Eureka Intan. “Motif dan Kepuasan Pengguna Instagram di Komunitas Instameet Indonesiaâ€. Jurnal e-Komunikasi. Vol. 4:1, 2016.

Kemp, Simon. “Digitan In 2016â€, http://wearesocial.com/special-reports/digital-in-2016.

Rasyid, Fikri. â€Social Media Marketing: Definisi, Konsep dan Aplikasinyaâ€. https://fikrirasyid.com/social-media-marketing-definisi-konsep-dan-aplikasnya/.

Rinakit, Sukardi. “Narasi Tunggal, Potensi Zakat di Indonesia Sangat Besarâ€. http://www.kemenkumham.go.id/publikasi/siaran-pers/869-narasi-tunggal-potensi-zakat-di-indonesia-sangat-besar.

Robbins dan Judge. Perilaku Organisasi, Edisi 16. Jakarta: Salemba Empat, 2015.

Sahin, Azize, et. al. “The Effects of Brand Experiences, Trust and Satisfaction on Building Brand Loyalty; an Empirical Research on Global Brandsâ€. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Vol. 24, 2011.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian. Cet. 27. Bandung: Alfabeta, 2016.

Tsitsi, et. al. “The Adoption of Social Media Marketing in South African Banksâ€. European Business Review. Vol. 25:4, 2013.

Wijaya, Akbar. â€Edukasi Zakat Perlu Dukunganâ€. http://www. republika.co.id/berita/koran/khazanah-koran/15/04/23/nn8wo950-edukasi-zakat-perlu-dukungan.

Wulandari, Gusti Ayu. “Komunitas Sebagai Peluang Baru Pemasaran Sosialâ€. Jurnal ISEI. Vol. 5:1, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v1i2.1663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: