PERAN WILAYATUL HISBAH DALAM MENCEGAH LESBIAN, GAY, BISEKSUAL DAN TRANSGENDER (LGBT) DI BANDA ACEH

Putri Kemala

Abstract


Pencegahan adalah bentuk kepedulian dan kewajiban berdakwah agar terhindar dari kemaksiatan guna melahirkan masyarakat Islami. Pencegahan lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) adalah suatu proses yang dijalankan oleh pemerintah Kota Banda Aceh melalui Wilayatul Hisbah selaku badan yang mengawasi pelaksanaan syariat Islam dengan tujuan terlaksananya syariat Islam baik dari segi akidah, ibadah dan Syariat Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran Wilayatul Hisbah dalam mencegah LGBT di Banda Aceh. Di lihat dari sifatnya, penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Banda Aceh, tepatnya pada lembaga Wilayatul Hisbah Kota Banda Aceh. Oleh karena itu, penelitian ini tergolong pada penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan datanya diperoleh melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisisnya dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan, bahwa langkah dan strategi Wilayatul Hisbah dalam mencegah lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di Banda Aceh adalah dengan sosialisasi, baik dalam bentuk patroli rutin, kunjungan ke sekolah-sekolah, maupun kunjungan ke tempat-tempat yang terindikasi sering terjadinya pelanggaran. Di antara faktor penghambat Wilayatul Hisbah dalam mencegah LGBT di Banda Aceh adalah kurangnya dukungan masyarakat dan pemerintah. Adapun solusi yang efektif terhadap pembentukan generasi anti LGBT di Banda Aceh adalah dengan meningkatkan kesadaran kepada orang tua melalui sosialisasi khusus terkait pola asuh anak sesuai ajaran Islam, penanaman pemahaman tentang bahaya liwath, musahaqah dan resiko jika anak menjadi LGBT. Oleh karena itu, pemerintah perlu melakukan upaya penanaman pemahaman kepada masyarakat, selain juga melakukan pemberdayaan bagi setiap pegawai Wilayatul Hisbah agar timbul kesadaran, tanggung jawab serta mampu bekerja dengan penuh keihklasan.

Keywords


Wilayatul Hisbah; Pencegahan; Lesbian; Gay; Biseksual; Transgender

Full Text:

PDF

References


Adian Husaini. LGBT di Indonesia: Perkembangan dan Solusinya. Jakarta: INSIST .

Anslem Strauss & Juliet Corbin. Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Data Dokumentasi dari TU Satpol PP WH Kota Banda Aceh. Tgl: 12 Juni 2017.

Data Dokumentasi dari: http://satpolpp-wh.bandaacehkota.go.id/profil/visi-misi/. Diakses pada tanggal 13 Juli 2017, Pukul 12: 25 WIB.

Di Banda Aceh, Tercatat Ada 500 LGBT _ nusa _ tempo.co.html. Diakses 30 April 2016. Pukul: 16:02 Wib.

Dinas Syariat Islam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Himpunan Undang-undang Keputusan Presiden, Peraturan Daerah/Qanun, Instruksi Gubernur, Edaran Gubernur. Banda Aceh, Dinas Syariat Islam Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, 2005.

Dwi Narwoko, J. & Barong Suryanto. Sosiologi: Teks Pengantar & Terapan. Jakarta: Kencana, 2006.

Hanif Nurcholis. Teori dan Praktik Pemerintah dan Otonomi Daerah. Indonesia: Gramedia Widiasarana, 2008.

Harian Jurnal Asia. Waspada LGBT Berkembang di Indonesia. Diakses pada 28 April 2016, Pukul: 20:14 Wib.

Jokie M.S. Siahaan. Perilaku Menyimpang: Pendekatan Sosiologi. Malta Printindo, 2009.

Jurnal Islam.com, Fenomena Kaum LGBT Saat Ini di Indonesia. Diakses pada 28 April 2016, Pukul: 20:13 Wib.

Kamus Besar Bahasa Indobesia. Edisi ke 3. Jakarta: Penerbitan dan Percetakan Balai Pustaka.

Margono. Metode Penelitian Pendidikan. Cet ke 4. Jakarta: Rhineka Cipta, 2004.

Muhammad Amin Suma. Himpunan Undang-undang Perdata Islam & Peraturan Pelaksanaan Lainnya di Negara Hukum Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2008.

Muhibbuththabary. Wilayat Al-Hisbah di Aceh: Konsep dan Implementasi. Banda Aceh: Yayasan PeNA, 2010.

Rama Azhari dan Putra Kencana. Membongkar Rahasia Jaringan Cinta Terlarang Kaum Homoseksual. Jakarta Timur: Hujjah Pers, 2008.

Say Laros. Mengenal Lebih Dekat Kaum LGBT (Lesbian, Gay, Bisex dan Transgender), Kaum Minoritas Yang Termarginalkan. Diakses pada 30 April 2016, Pukul: 15:15 Wib.

Sinyo. Anakku Bertanya Tentang LGBT. Jakarta: Elex Media Komputindo Kompas-Gramedia, 2014.

Subagyo Partodihajo. Kenali Narkoba dan Musuhi Penyalahgunaannya. Jakarta: Erlangga.

Sulaiman Rasjid. Fiqh Islam. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2012.

Syarah Fathul Bary. Shahih Bukhari. Nomor: 5546.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v1i2.2672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

       

 

SPONSORED BY: