KONSEP DAKWAH ENTREPRENEUR MENURUT ABDURRAHMAN BIN AUF

Muliana Muliana

Abstract


Konsep dakwah entrepreneur menurut Abdurrahman bin Auf merupakan suatu pekerjaaan dan tugas kewajiban yang menggunakan ajaran-ajaran dan nilai-nilai syariat Islam yang keberhasilannya akan menambah dekatnya jiwa kepada Allah SWT. Adapun tujuan artikel ini untuk mengetahui konsep dakwah entrepreneur menurut Abdurrahman bin Auf sehingga dapat menjadi panutan untuk wirausaha lain. Untuk memperoleh data penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Sumber data menggunakan penelitian perpustakaan (library reseach). Sedangkan teknik pengumpulan data ditempuh melalui studi dokumentasi, mengidentifikasi wacana dari buku-buku, artikel, jurnal, web, ataupun informasi terkait lainnya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa konsep dakwah entrepreneur yang ditanamkan oleh Abdurrahman bin Auf adalah hidup dengan bisnis yang tidak pernah menjual barang yang cacat, mandiri, berani memulai usaha dari nol. Hasil peneltian juga menunjukkan bahwa metode atau rahasia dalam menjalankan bisnisnya, Abdurrahman bin Auf memiliki kepercayaan yang tinggi, memulai sesuatu bisnis yang halal, mulai dari modal, proses, hingga penjualan berdasarkan nilai-nilai dan ajaran-ajaran Islam. Abdurrahman bin Auf juga membangun team kerja yang tangguh, mempunyai keyakinan yang besar, melakukan ekspor dan impor barang, menjaga kepercayaan relasi bisnis, bahkan sangat rajin bersedekah dan berinfak di jalan Allah SWT. Selain dari nilai-nilai dakwah yang ditanamkan oleh Abdurrahman bin Auf di dalam menjalankan bisnisnya, dakwah entrepreneur yang dijalankan oleh Abdurrahman bin Auf juga mempunyai relevansi dalam konteks kekinian, seperti menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, nilai kemandirian, dan nilai sedekah atau infak di jalan Allah SWT dengan hartanya. Oleh karena itu, secara umum konsep dakwah entrepreneur Abdurrahman bin Auf dapat diaplikasikan bagi masyarakat muslim, dan lebih khusus bagi calon entrepreneur muslim masa depan.

Keywords


Konsep; Dakwah; Entrepreneur; Abdurrahman Bin Auf

Full Text:

PDF

References


Aizuddinur Zakaria. Rahasia Jutawan Islam Abdurrahman bin Auf. Malaysia: Profesional, 2012.

Ghazali, Al. Abdurrahman bin Auf Berdagang Demi Akhirat. Malaysia: Litera Utama, 2013.

Hadits Riwat Bukhari, Kitab al-Buyu’. Bab Kasbir Rojuli wa ‘Amalihi Biyadihi II/730 No. 2072.

Hadits Tirmidzi. Kitab Sunan Tirmidzi. Bab Hisab dan Qisas, No. 2340.

Hamdani. Entrepreneurship: Kiat Melihat & Memberdayakan Potensi Bisnis. Jogjakarta: Starbooks, 2010.

Heru Kristanto. Kewirausahaan Entrepreneurship. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Ikhwan Fauzi. Sebuah Biografi Abdurrahman bin Auf. Jakarta: Sinar Grafika Offset, 2002.

Rizaldi Hadi. Pembelajaran Nilai Kejujuran dalam Berbisnis. Jakarta: Aswaja Pressindo, 2008.

Samsul Ma’arif. Mutiara-mutiara Dakwah K.H. Hasyim Asy’ari. Jakarta: Kanza Publishing, 2011.

Sumadi Suryabrata. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Valentino Dinsi. 7 Rahasia Kaya dan Sukses Abdurrahman bin Auf. Jakarta: Indonesia Publishing, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v1i2.2673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

       

 

SPONSORED BY: