SISTEM AKUNTANSI PENERIMAAN KAS PADA KJKS BMT MANDIRI SEJAHTERA KARANGCANGKRING GRESIK JAWA TIMUR

Ali Fathoni

Abstract


Kas merupakan aktiva perusahaan yang sangat mudah untuk membiayai kegiatan suatu perusahaan selain itu kas merupakan salah satu unsur modal kerja yang paling tinggi tingkat likuiditasnya. Semakin besar jumlah kas yang dimiliki oleh suatu perusahaan akan semakin tinggi pula tingkat likuiditasnya untuk itu perlu adanya pengelolaan yang efisien dan efektif . Sistem akuntansi penerimaan kas adalah suatu sistem yang dibuat untuk menangani transaksi penerimaan kas baik dari penjualan tunai maupun piutang yang siap digunakan untuk kegiatan umum perusahaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah sistem akuntansi penerimaan kas pada KJKS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Gresik Jawa Timur sesuai dengan sistem akuntansi Perkoperasian Indonesia dan bagaimanakah sistem pengendalian intern penerimaan kas pada KJKS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Gresik Jawa Timur? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sistem penerimaan kas pada KJKS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring Gresik Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa sistem dan pola KJKS BMT dalam menjalankan dan melayani usaha perbankan (Simpan Pinjam) dilakukan dengan sistem dan pola Syari'ah. Secara keseluruhan pada pengendalian terhadap penerimaan kas di tempat tersebut sudah berjalan dengan baik, dengan didorong adanya fungsi Bagian Administrasi,  Kasir,  Akuntansi, Penagihan dan fungsi Pemeriksaan Intern, serta dokumen yang digunakan adalah Buku Tabungan, Kartu Angsuran, dan Kartu Pinjaman. Catatan akuntansi yang digunakan Bukti Kas Keluar, Bukti Kas Masuk, Buku Kas Kasir, Buku Rekapitulasi Harian, Buku Besar, Neraca. Pengendalian intern dalam sistem penerimaan kas dari simpanan pada KJKS BMT Mandiri Sejahtera Karangcangkring adalah organisasi, sistem otoritas, prosedur pencatatan dan praktik yang sehat.

Keywords


Sistem Akuntansi; Penerimaan Kas: dan Pengendalian Internal

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta: Salemba Empat, 2002.

Al Haryono Jusuf. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid I Edisi ke- 7. Yogyakarta: STIE YKPN, 2011.

James Hall. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat, 2011.

Krismiaji. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2010.

Lexy J., Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2010.

Mulyadi. Sistem Akuntansi. Jakarta: PT. Salemba Empat, 2008.

Sofyan Syafri Harahap. Teori Akuntansi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Sudarmo Indriyo Gito. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE, 1992.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2011.

Suharsimi Arikunto. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Uma Sekaran. Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Warren, Reeve, Fess. Pengantar akuntansi, Buku Satu, Edisi Ke- 21, Diterjemahkan Oleh Aria Farahmita, Amanugrahani, Taufik Hendrawan, Jakarta: Salemba Empat, 2006.

Zaki Baridwan. Intermediate Accounting. Yogyakarta: BPFE, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v2i1.3154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

       

 

SPONSORED BY: