PENARI DAN PEMAHAMANNYA TERHADAP PESAN DAKWAH DALAM SYA’IR TARI RATEEB MEUSEUKAT

Dellya Ariyani, Fajri Chairawati

Abstract


Penelitian ini memfokuskan kajian tentang â€Penari dan pemahamannya terhadap pesan dakwah dalam sya’ir tari Rateeb Meuseukat’’. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah apa saja pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam sya’ir tari Rateeb Meuseukat? dan bagaimana perspektif penari terhadap pesan dakwah yang terdapat dalam sya’ir tari Rateeb Meuseukat? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan-pesan dakwah yang terkandung dalam sya’ir tari Rateeb Meuseukat dan juga untuk mengetahui pemahaman penari dalam memahami pesan dakwah yang terdapat dalam syair tari Rateeb Meuseukat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperoleh berasal dari hasil wawancara dan dokumentasi, khususnya dengan penari Rateeb Meuseukat di Sanggar Seni Seulaweuet. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kemudian dideskripsikan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pesan dakwah yang terkandung dalam sya’ir tarian Rateeb Meuseukat berupa ajakan kepada umat manusia agar selalu ingat kepada kematian dan juga selalu beribadah kepada Allah SWT. Sya’ir tarian Rateeb Meuseukat mengandung beberapa nasehat dalam menjalani hidup di dunia ini. Dari perspektif penari, hasil yang ditemukan adalah masih banyaknya penari yang belum mengetahui dan memahami keseluruhan isi dari pesan dakwah yang terdapat dalam sya’ir tari Rateeb Meuseukat karena susahnya memahami bahasa Aceh yang digunakan dalam lirik sya’ir tarian ini. Penari juga belum mampu menyampaikan pesan dakwah yang terdapat dalam sya’ir tari Rateeb Meuseukat kepada penonton dikarenakan lebih fokus kepada gerakan sehingga belum mampu menghayati pesan dakwah yang terkandung dalam sya’ir tari Rateeb Meuseukat.

Keywords


Penari; Pesan Dakwah; Tari Rateeb Meuseukat

Full Text:

PDF

References


Abdul Gani Isa. Formalisasi Syari’at Islam Di Aceh. Banda Aceh: PENA, 2013.

Athaillah. kesenian Tradisional Aceh. Banda Aceh: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor wilayah Propinsi Daerah Istimewa Aceh, 1981.

Hasanuddin Daud. Deskripsi Tari Meuseukat. Banda Aceh: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor wilayah Propinsi Daerah Istimewa Aceh, 1994.

http://sanggarseniseulaweuet.com/, diakses pada 27 Oktober 2017, 20.00 WIB.

http://sanggarseniseulaweuet.com/, diakses pada 27 Oktober 2017, 20.00 WIB.

Imam Juaini. Saman Di Aceh. Banda Aceh: Balai Pelestarian Nilai Budaya Banda Aceh, 2014.

Misri. A. Muchsin. Apresiasi Seni Budaya Aceh. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, 2000.

Moh. Ali Aziz. Ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana, 2004.

Munir, M. Manajemen Dakwah. Jakarta: Kencana, 2006.

Sumandiono Hadi, Y. Sosiologi Tari. Yogyakarta: Pustaka Nasional, 2007.

Syukri Syamaun. Dakwah Rasional. Banda Aceh: Ar-Raniry Press, IAIN Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 2007.

Wahidin Saputra. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Widyosiswoyo, Sartono. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v2i1.3391

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: