STRATEGI MARKETING COMMUNICATION DAARUT TAUHIID PEDULI CABANG ACEH DALAM MEMBANGUN CITRA LEMBAGA

Indah Zara Putri, Fajri Chairawati

Abstract


Penelitian ini berjudul “Strategi Marketing Communication Daarut Tauhiid (DT) Peduli Cabang Aceh dalam Membangun Citra Lembaga”. Ada tiga masalah yang ingin dikaji, yaitu: bagaimana strategi marketing communication DT Peduli Cabang Aceh dalam membangun citra lembaga? Bagaimana upaya marketing communication DT Peduli Cabang Aceh dalam menjalin hubungan dengan instansi lain? Dan apa sajakah faktor pendukung dan penghambat marketing communication DT Peduli Cabang Aceh dalam membangun citra lembaga? Tujuannya adalah untuk mengetahui strategi marketing communication DT Peduli Cabang Aceh dalam membangun citra lembaga, upaya yang dilakukan marketing communication DT Peduli Cabang Aceh dalam menjalin hubungan dengan instansi lain, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat marketing communication DT Peduli Cabang Aceh dalam membangun citra lembaga. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi marketing communication DT Peduli Cabang Aceh dalam membangun citra lembaga dengan cara menentukan target pemasaran, melakukan bauran pemasaran, dan melakukan bauran promosi. Dalam menjalin hubungan dengan instansi lain, upaya yang dilakukan DT Peduli Cabang Aceh yaitu silaturrahim, melakukan pendekatan, follow up, dan perjanjian tertulis. Faktor pendukung DT Peduli Cabang Aceh dalam membangun citra lembaga yaitu karena adanya icon K.H. Abdullah Gymnastiar sebagai pendiri DT Peduli yang dikenal sebagai pendakwah dan faktor penghambat DT Peduli Cabang Aceh dalam membangun citra lembaga yaitu kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.


Keywords


Strategi; Marketing Communication; Citra; Lembaga; Daarut Tauhid Peduli

Full Text:

PDF

References


Burhan Bungin. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press, 2001.

_______. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, 2007.

Diana Sari Endarto. “Komunikasi Pemasaran dan Citra Perusahaan”. Skripsi. Salatiga Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, 2012.

Kotler Andreasen. Strategi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1995.

Lexy J. Meleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Morissan. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Cet ke 2. Jakarta: Kencana, 2010.

Muri Yusuf, A. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.

Nurul Zuriah. Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Onong Uchyana Effendi. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992.

Philip Kotler dan Gary Armstrong. Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo, 1997.

_______. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prentice-Hall Inc, 1997.

_______. Startegi Pemasaran Untuk Organisasi Nirlaba. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1995.

Rambat Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Jakarta: Salemba Empat, 2001.

Rini Dwiastuti. Metode Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Malang: UB Press, 2017.

Siti Aliah. Implementasi Nilai-Nilai Dakwah dalam Program Coorporate Social Responsibility PT. Indomobil Prima Niaga Aceh. Banda Aceh: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry , 2018.

Suherman. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang)”. Jurnal Komunikasi (Online). VOL. 8, No. 1, Juli (2016).

Terence A. Shimp. Periklanan Promosi Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga, 2003.

Wahidin Saputra. Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Wawancara dengan Andrei Alqudri, Fundraising dan Marketing DT Peduli Cabang Aceh, pada tanggal 13 Juli 2018.

Wawancara dengan Kurniawan, Kepala DT Peduli Cabang Aceh, pada tanggal 13 Juli 2018.

Wawancara dengan Nurjannah, Divisi Program DT Peduli Cabang Aceh, pada tanggal 13 Juli 2018.

Wawancara dengan Nurliani, Admin dan Keuangan DT Peduli Cabang Aceh, pada tanggal 16 Juli 2018.

Wawancara dengan Sri Ratna Dewi, Staf Fundraising DT Peduli Cabang Aceh, pada tanggal 13 Juli 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v2i2.4421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

     

SPONSORED BY: