PERENCANAAN DAN PENGORGANISASIAN PADA RADIO BAITURRAHMAN BANDA ACEH SEBAGAI RADIO DAKWAH

Teuku Nasharul Julianda

Abstract


Radio masih menjadi salah satu pilihan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan segudang informasi, baik hiburan, kesehatan, dan pendidikan. Pada tahun 2017, di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar tercatat 22 stasiun radio penyiaran yang beroperasi. Melihat jumlah tersebut, seharusnya dakwah dapat berkembang pesat ke masyarakat hingga ke plosok tempat. Namun pada kenyataannya, stasiun radio di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dengan program dakwah masih sangat minim, kebanyakan hanya bersifat hiburan yang tak jelas. Lebih jauh, kajian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan fungsi perencanaan, pengorganisasian di Radio Baiturrahman dan untuk mengetahui peran Radio Baiturrahman sebagai media dakwah. Kajian ini termasuk pada jenis penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil kajiaan menunjukkan, bahwa Radio Baiturrahman sudah dikenal sebagai radio dakwah, karena hampir 90% konten yang disajikan bernuansa dakwah, baik dari segi musik, diskusi, talkshow, hingga halaqah subuh dan magrib. Di dalam hal perencanaan, Radio Baiturrahman berupaya merumuskan program-program yang menarik minat pendengar, sesuai zaman dan kebutuhannya. Pada pengorganisasian, Radio Baiturrahman mengelola sumber daya yang ada, pembagian job desk yang baik serta penempatan sumber daya yang tepat, membuat radio ini terus bertahan dan masih diminati hingga saat ini.


Keywords


Perencanaan; Pengorganisasian; Manajemen; Radio Baiturrahman; Media Dakwah

Full Text:

PDF

References


Fakhri. Dinamika Ilmu Dakwah. Banda Aceh: Dakwah Ar-Raniry Press, 2015.

https://id.wikipedia.org/wiki/daftar stasiun radio di aceh diakses pada tanggal 22 November 2016.

Judhariksawan. Hukum Penyiaran. Ed. 1, Cet. 1. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Malayu S.P Hasibuan. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Gunung Agung, 1986.

Morissan. Manajemen Media Penyiaran: Startegi Mengelola Radio dan Televisi. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana, 2008.

Morissan. Manajemen Media Penyiaran: Startegi Mengelola Radio dan Televisi. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana, 2008./

Rhenald Kasali. Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 1995.

Santi Indra Astuti. Jurnalisme Radio: Teori dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017.

Sumber Data: Dokumentasi Radio Baiturrahman Kota Banda Aceh tahun 2017.

Sutrisno Hadi. Metode Research. Yogyakarta: UGM, 1997.

Wahyudi JB. Dasar-dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1994.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v2i2.4459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

       

 

SPONSORED BY: