AKSIOLOGI ILMU PENGETAHUAN (Telaah Tentang Manfaat Ilmu Pengetahuan dalam Konteks Ilmu Dakwah)

Juhari Hasan

Abstract


Perkembangan ilmu Dakwah memang belum begitu kuat dibandingkan dengan ilmu-ilmu lain yang sudah berkembang cukup lama. Saat ini usia ilmu dakwah masih sangat muda dan masih dipedebatkan oleh sebagian ilmuan, terutama pada aspek epistemologisnya. Ini adalah hal yang wajar, karena setiap ilmu baru yang diperkenalkan kepada publik pasti menimbulkan pro-kontra di kalangan ilmuan. Terlepas dari sikap pro dan kontra tersebut, bahwa wacana ilmiah tentang ilmu dakwah sebagai suatu cabang ilmu pengetahuan baru sudah mulai berkembang dengan baik. Untuk penguatan ke depan, ilmu ini masih memerlukan sentuhan pemikiran para ilmuan agar ia bisa berkembang sebagaimana ilmu lainnya, bukan justeru menyerang dengan hanya melihat sisi-sisi kekurangan yang dimilikinya. Lebih jauh, kajian ini ingin menelusuri axiologi ilmu dakwah. Kajian tentang kebermanfaatan ilmu (aksiologis) ini salah satunya bertujuan ingin memberikan dukungan terhadap  proses kemajuan ilmu dakwah di antara ilmu-ilmu lainnya.  Memang tidak mudah untuk menentukan kriteria/ ukuran suatu ilmu itu bermanfaat atau tidak. Namun demikian, tulisan ini mencoba memberikan kriteria kebermanfaatan itu secara sederhana dalam perspektif ilmu dakwah.

 


Keywords


Axiologi; Ilmu Pengetahuan; Ilmu Dakwah

Full Text:

PDF

References


Agus Sholahuddin. “Filsafat IlmuPengetahuan”. Handout Mata Kuliah Filsafat Ilmu Untuk Mahasiswa Program S3. Unpublised. Malang: Universitas Merdeka, 2011.

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2007.

Endang Saifuddin Anshary. Ilmu, Filsafat dan Agama. Surabaya: Bina Ilmu, 1987.

Jalaluddin. Filsafat Ilmu Pengetahuan: Filsafat, Ilmu pengetahuan dan Peradaban. Jakarta: Rajawali Pres, 2014.

Judistira K. Garna. Ilmu Sosial – Dasar – Konsep dan Posisi. Bandung: Program Pasasarjana Universitas Padjadjaran, 1996.

Karim Syeikh, A. “Dakwah Sebagai Suatu Disiplin Ilmu”, Jurnal Ilmiah Al Bayan. Banda Aceh - Darussalam: Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry, 2000.

Mulyadi Kartanegara. Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam. Bandung: Mizan, 2003.

Shahih Muslim. Juz. II. Halaman 70. Hadist Nomor: 1631.

Sudarsono. Filsafat, Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Yuyun S. Suriasumantri. Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1999.

Zaprulkhan. Filsafat Ilmu: Sebuah Analisis Kontemporer. Editor. Nuran Hasanah. Jakarta: Rajawali Pres, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v3i1.4839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: