ANALISIS BUDAYA KERJA PEGAWAI BADAN KEPENDUDUKAN DAN KELUARGA BERENCANA NASIONAL PROVINSI SUMATERA UTARA

Ajeng Sundari, Juliana Nasution

Abstract


Untuk mencapai visi, misi dan tujuan yang ingin dicapai oleh BKKBN Wilayah Sumatera Utara, maka penting untuk fokus melaksanakan budaya kerja yang layak. Budaya kerja yang baik dapat dilihat dari kemampuan, kerangka kerja, mentalitas dan perilaku para perwakilan BKKBN Sumatera Utara. Keterkaitan keempat hal tersebut secara positif akan mempengaruhi produktivitas atau kekurangan pelaksanaan pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas maupun kekurangan kinerja pegawai pada instansi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang datanya diketahui dari observasi pada instansi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya kerja pegawai dilihat dari kejujuran, ketekunan, kedisiplinan, kreativitas dan tanggungjawab masih memerlukan perbaikan dikarenakan masih ada faktor yang menjadi kendala bagi pegawai dalam melaksanakan pekerjaannya.


Keywords


Budaya Kerja, Pegawai, BKKBN

Full Text:

PDF

References


Arifin, A., Hamid, D., & Hakam, M. S. Pengaruh Pemberdayaan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan CV. Catur Perkasa Manunggal). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 8 No. 2 Maret 2014.

Asyrori, Hubungan Budaya Kerja dengan Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Sambutan Kota Samarinda. Journal Administrasi Negara, 2014, 5, Nomor 3, 2014

Delti, Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan pada PT. TRubaindo Coal Mining di Kabupaten Kutai Barat, Journal Ilmu Administrasi Bisnis, Volume 3, Nomor 2, 2015.

Hafidhuddin, Didin, Manajemen Syariah dalam Praktik. Depok: Gema Insani, 2003.

Hutahaean, Nova Inrianti, Analisis Budaya Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Badan Pusat Statistik Kabupaten Sarolangun. Universitas Jambi: Prodi Manajemen Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2017.

Jati,Wegig Prasetya dan Sukesi, Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Etos Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya. Surabaya: Universitas Dr. Soetomo, 2021.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara no 25/KEP/M.PAN/04/2002, Pedoman Pengembangan Budaya kerja Aparatur Negara.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2006.

Osborn dan Plastrik, Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE, 2002.

Sulistiyani, Ambar Teguh, Rosidah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Graha Ilmu. 2003.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/al-idarah.v5i2.9873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
© Published by the Research and Community Service Center (LP2M) in collaboration with Department of Da'wah Management, Da'wah and Communication Faculty, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia


INDEXED BY:

 

SPONSORED BY: