Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8 Berbantu Geogebra 3D Grapics pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Syaffa Safira, Dinda Nur Salsabila

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Macromedia Flash 8 berbantu Geogebra 3D Grapics pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Model pengembangan yang digunakan adalah Model 4D (define, design, develop, dan disseminate). Media pembelajaran ini dibuat menggunakan Macromedia Flash 8 dengan berbantuan software Geogebra 3D Grapics. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar angket validasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket validasi untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan yaitu deskriptif kuantitatif untuk mengolah data dalam bentuk skor dari penilaian oleh validator dan siswa sedangkan deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan data berupa komentar dan saran perbaikan dari validator. Berdasakan hasil validasi terhadap pengembangan media pembelajaran matematika dengan menggunakan software macromedia flash 8 dan Geogebra 3D Grapics diperoleh skor rata-rata 95. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas ahli media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria sangat layak

Keywords


Penelitian pengembangan; Bangun ruang sisi datar; Macromedia Flash 8; Geogebra 3D Grapics

Full Text:

PDF

References


Akhmadan, Widyastuti. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash Dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal GANTANG. 2(1).Hal : 27-40.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Lestari, I. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika dengan memanfaatkan Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 26-36.

Maskur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375-383.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT: Prestasi Pustakaraya.

Meilinda, N. V., Nuraisyah, L. F., & Senjayawati, E. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Journal on Education, 1(3), 512-524.

Netriwati, Mai. (2017). Media Pembelajaran Matematika : Pemata Net.

Nursyamsiah, G., Savitri, S., Yuspriyati, D. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis kesulitan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi datar. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 98-102.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Singaraja: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Priatna, N. & Arsani, M. 2019. Media Pembelajaran Matematika dengan GeoGebra. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, S., Alzaber, A., Dahlia, A., & Qudsi, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Model Treffinger Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1083-1092.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta : PDAGOGIA (Pustaka Insan Madani).

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung : ALFABETA.

Suryawan, I Putu Pasek., Permana, Dodi. (2019). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9 (1), 108-117.

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Mengunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1-13.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook.

Wahab, Junaedi. Dkk,. (2021) Media Pembelajaran Matematika. Aceh : Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wahyugi, Rahmad., Fatmariza. (2021) Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia FLASH 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (3), 785-793.

Wardani, K. W., & Setyadi, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Macromedia Flash Materi Luas dan Keliling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 73-84.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v5i2.11465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Al Khawarizmi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
© 
Author
Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry and Department Mathematics Education UIN Ar-Raniry.