Pendekatan Blended Learning Model Class Demonstration untuk Mengatasi Kesulitan Belajar dan Meningkatkan Prestasi Belajar Fungsi Kuadrat dan Fungsi Komposisi

Wachid Nugroho

Abstract


Abstrak

Pembelajaran jarak jauh secara daring dari rumah mengalami berbagai hambatan dan kesulitan belajar yang dirasakan oleh peserta didik. Beberapa penelitian dan kajian pendahuluan menguatkan temuan berbagai kesulitan belajar siswa selama PJJ daring dan memerlukan solusi permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendekatan blended learning model class demonstration agar dapat mengatasi kesulitan pembelajaran daring serta meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya materi fungsi kuadrat dan fungsi komposisi di akhir semester gasal 2021-2022. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dua siklus pada 36 siswa kelas XI  di salah satu Sekolah Kejuruan Kota Salatiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang dapat mengatasi kesulitan belajar pra-siklus sebesar 63,33%, sedangkan setelah adanya tindakan meningkat sebesar 17% menjadi 80,33%. Capaian kenaikan prestasi belajar siswa dapat dilihat dari perolehan rata-rata nilai pra-siklus sebesar 66,94 meningkat menjadi 76,39 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 85,00 pada siklus II. Sedangkan ketuntasan kelas pra-siklus sebesar 49,07% meningkat menjadi 58,33% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 72,22% pada siklus II.

 

Abstract

Online distance learning from home experiences various obstacles and learning difficulties feld by students. Several research and preliminary studies corroborate the findings of various student learning difficulties during online PJJ and require problem solutions. This research aims to describe the blended learning approach with class demonstration model in order to overcome online learning difficulties and improve student learning achievement, especially the material of quadratic functions and composition functions at the end of the odd semester 2021-2022. The research method uses classroom action research with two cycles on 36 students off XI class at one of vocational schools in Salatiga City. The results showed that the average number of students who could overcome pre-cycle learning difficulties was 63,33%, while after the action it increased by 17% to 80,33%. The rate of student achievement can be seen from the average pre-cycle score of 66,94 which increased to 76,39 in the first cycle and increased again to 85,00 in the second cycle. While the pre-cycle class completeness was 49,07% increased to 58,33% in the first cycle and increased again to 72,22% in the second cycle.


Keywords


blended learning ; class demonstration model ; direct learning ; learning achievement ; learning difficulties

Full Text:

PDF

References


Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah., Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Matematika secara Daring bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3158-3166.

Annur, M.F., dan Hermansyah. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, dan Pengembangan Kependidikan, 11 (2), 195-201.

Asep Eka Nugraha, & Suyatmin. (2021). Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Matematika di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya. JIEES : Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(1), 12-21. https://doi.org/10.47400/jiees.v2i1.25

Atika, Ayu., Machmud, Amir., & Suwatno. (2020). Blended Learning terhadap Hasil Belajar di Era Covid-19: Pendekatan Meta-Analisis. Jurnal Basicedu. Research and Learning in Elementary Education. Volume 4 Nomor 4 Tahun 2020 Hal. 919 – 928. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.488

Darma, I., Karma, I., & Santiana, I. (2020). Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0 bagi Pendidikan Tinggi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 527-539. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/37580

Dewi, P.Y.A. (2019). Hubungan Gaya Komunikasi Guru terhadap Tingkat Keefektivan Proses Pembelajaran. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya. 3(2), 71-78.

D. Hasiru, S. Q. Badu, and H. B. Uno. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura J. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp.59-69.

Farhana, H., Awiria., Muttaqien, N. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Diakses pada tanggal 27 November 2021 dari http://repository.ubharajaya.ac.id/6098/1/BUKU%20Penelitian%20Tindakan%20Kelas%20Husna.pdf

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514n

Fuadi, Z. (2020). Peningkatan Pemahaman dan Keaktivan Siswa dalam Pembelajaran Matematika dengan Metode Demonstrasi bagi Siswa Kelas 2 di MIN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, tidak dipublikasikan. IAIN Ponorogo.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huzaimah, P., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537

Joyosemito, Ibnu Susanto., & Nasir, Narila Mutia. (2021). Gelombang Kedua Pandemi menuju Endemi Covid-19: Analisis Kebijakan Vaksinasi dan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Indonesia. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat (JSTPM) Vol 2 (1) Juli 2021 hal 55-66. https://doi.org/10.31599/jstpm.v2i1.7188

Jumaini., Hertin, H.H., Nisfiyati, M., & Ibrahim, M. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta-Analisis. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. Vol 5 (1) Juni 2021 hal 48-63.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Pelajaran Matematika. Al asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1-12.

Nabila, H., dan Sulistiyaningsih, D. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Pembelajaran Daring Berbantuan Microsoft Teams Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Prosiding, Seminar Edusainstech FMIPA UNIMUS.

Putra, R., & Clara, N. (2020). Penggunaan Alat Peraga Sederhana Tangga Satuan Berat dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Demonstrasi. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 568-575. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.263

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sari, L. K., & Madio, S. S. (2021). Kesulitan Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Jarak Jauh. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3), 409-420.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1 (1), 73-80.

Toruan, N.L. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Demonstrasi dan Media Potongan Lidi. Jurnal Global Edukasi. Vol 4(4), hal 247-252.

Utami, Y. P., dan Cahyono, D. A. D., (2020). Study at Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 1(1), 20-26.

Yulia, I. B., dan Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika secara Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif (RPI), 2(2), 327-335.

Zuliatin, L. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mapel Matematika pada Siswa Kelas 2 SDN Alang-Alang Caruban1 Tahun Pembelajaran 2019-2020. ETJ (Educational Technology Journal), 1 (1), 31-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v5i2.11529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Al Khawarizmi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
© 
Author
Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry and Department Mathematics Education UIN Ar-Raniry.