Students' Mathematical Representation Ability in Solving Divergent Problems in Terms of Learning Style

Andari Saputra, Nanang Priatna, Harun Onesimus Laia

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tujuan deskriptif, penelitian ini bertempat di SMP Kartika XIX-2 Bandung pada kelas VII dan subjek penelitiannya adalah enam siswa dengan masing-masing dua siswa dengan gaya belajar visual, auditori, kinestetik, instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen utama . instrumen yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yaitu soal divergen dan angket wawancara, adapun hasil yang diperoleh (1) kemampuan representasi subjek dengan gaya belajar visual mampu memenuhi indikator kemampuan representasi matematis simbolik dan visual dengan baik namun kurang baik. Kurang pada indikator verbal, (2) kemampuan representasi subjek dengan gaya belajar auditori mampu memenuhi indikator kemampuan representasi matematis simbolik dan verbal dengan baik namun masih kurang pada indikator visual, dan (3) kemampuan representasi subjek dengan gaya belajar kinestetik gaya belajar mampu memenuhi indikator kemampuan representasi matematis simbolik dengan cukup baik namun masih kurang pada indikator visual dan verbal.


Keywords


mathematical representation ability, learning styles, divergent mathematics

Full Text:

PDF

References


Allen, C. E., Froustet, M. E., LeBlanc, J. F., Payne, J. N., Priest, A., Reed, J. F., Worth, J. E., Thomason, G. M., Robinson, B., & Payne, J. N. (2020). National Council of Teachers of Mathematics. In The Arithmetic Teacher (Vol. 29, Issue 5). https://doi.org/10.5951/at.29.5.0059

Azzahra, F. P., & Sopiany, H. N. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Menurut Teori Konstruktivisme Ditinjau dari Gaya Belajar. Researh and Review Matematics Education, 2(1), 35–43. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/rjrrme.v2i1.7155

Fatri, F. F., Maison, M., & Syaiful, S. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer. Jurnal Didaktik Matematika, 6(2), 98–111. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14179

Hasanah, N. I. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA [UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN]. In Raden Intan Repository. http://repository.radenintan.ac.id/23257/1/SKRIPSI BAB 1 %26 BAB 5.pdf

Hidayat, A. F. (2020). Representasi Siswa Visual, Auditori Dan Kinestetik Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 74–84. https://doi.org/10.33087/phi.v4i2.103

Hidayati, N., Halim Fathani, A., & Syaifuddin. (2023). Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Memahami Materi SPLDV Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 18(5), 1–9.

Krisnawati, E. (2021). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 4(1), 1–23. https://core.ac.uk/display/230663188?utm_source=pdf&utm_medium=banner&utm_campaign=pdf-decoration-v1

Natonis, S. F. M., Daniel, F., & Gella, N. J. M. (2022). Analisis Representasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3025–3033. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2592

Prayitno, S., Lu’luilmaknunn, U., Sridana, N., & Subarinah, S. (2021). We are analyzing the Ability of Mathematics Students as Prospective Mathematics Teachers on Multiple Mathematical Representation. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Education and Social Science (ACCESS 2020), 556(Access 2020), 309–313. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210525.096

Rahmanisa, H., Khairudin, & Netti, S. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 2(1), 34–38. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/jumadikavol2iss1year2020page34-38

Ramadhana, B. R., Prayitno, S., Wulandari, N. P., & Subarinah, S. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis pada Materi Barisan dan Deret Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 46–60. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23025

Saputra, A. (2021). KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DIVERGEN DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER [UIN Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/17806

Wasqita, R., Rahardi, R., & Muksar, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1501–1513. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.5029

Wasqita, R., & Sukoriyanto, S. (2023). Analisis Representasi Matematis Siswa pada Soal HOTS Ditinjau dari Gaya Belajar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4908–4913. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.1933

Yarmayani, A. (2024). KEMAMPUAN REPRESENTASI DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR. Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO), 1(1), 626–631.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v8i1.23460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Al Khawarizmi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
© 
Author
Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry and Department Mathematics Education UIN Ar-Raniry.