LITERASI MATEMATIKA SISWA MELALUI METODE MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ainiyah, Umi & Marsigit (2018). Literasi Matematika: Bagaimana Jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi?. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 5-14.
Centre for Education Statistics and Evaluation (2016). How Schools Can Improve Literacy and Numeracy Performance and Why It (Still) Matters.
Hayes, J. R. (1981). The Complete Problem Solver. Philadelphia: The Franklin Institute Press.
K. Darmika, K. Suma, I. W. S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif MURDER Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar IPA Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 98.
Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustaqim, B., dkk. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Mood Unsderstand Recall Detect Elaborate Review (MURDER) Pada Materi Pokok Logaritma Ditinjau dari Minat Belajar Siswa Kelas X SMK Se Kabupaten Karanganyar. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1 (3), 287-296.
OECD (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. OECD Publishing.
Ojose, B. (2011). Mathematics for Literacy: Are We Able to put The Mathematics We Learn Into Everyday Use?. Journal of Mathematics Education, 4 (1), 89-100.
Pacific Policy Research Center (2010). 21st Century Skills for Students and Teacher: Research and Evaluation. Kamehameha Schools Research & Evaluations Division.
Santyasa, I. W. (2004). Pengaruh Model dan Setting Pembelajaran terhadap Remidiasi Miskonsepsi, Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Siswa pada Siswa SMU. Disertasi, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Sardiman (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Sari, S. A. (2014). Implementasi Model MURDER dalam Pembelajaran matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif (PTK pada Siswa Kelas X Akuntansi Pemasaran di SMK Muhammadiyah Delanggu Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sudjana (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Yusuf, R., Hayati, E., & Fajri, I. (2019, October). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen. In Prosiding Seminar Nasional “Reaktualisasi Konsep Kewarganegaraan Indonesia” (Vol. 1, pp. 185-200). Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.
Zainiyah, U. (2018). Literasi Matematika : Bagaimana jika Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD Kelas Tinggi ? Mathematical Literacy : How if Viewed from Mathematics Problem Solving Ability of High-Grade ’ s Elementary School Students ? Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 5–14.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v3i2.7350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al Khawarizmi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
© Author
Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry and Department Mathematics Education UIN Ar-Raniry.