PENINGKATAN KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI KELAS DIGITAL BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA

Didi Pianda, Rahmiati Rahmiati

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa Kelas X SMK Negeri 6 Lhokseumawe  melalui pendekatan Google Classroom sebagai Kelas Digital dengan Aplikasi Geogebra. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas X-NKPI SMK Negeri 6 Lhokseumawe dengan jumlah 18 orang, Siklus I dilaksanakan selama 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa selama pembelajaran berlangsung, angket kreativitas untuk mengetahui tingkat kreativitas siswa setelah pemberian tindakan, dan tes hasil belajar sebagai data tambahan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) skor rata-rata kreativitas siswa pada siklus siklus I sebesar 56,11 dengan kategori rendah dan siklus II 83,22 dengan kategori tinggi  (b) nilai rata-rata hasil belajar  siswa pada siklus I yaitu 69,72 dari skor ideal 100 dengan kategori hasil belajar sedang sedangkan pada siklus II  yaitu  81,22 dari skore ideal 100 dengan kategori hasil belajar tinggi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya pendekatan Google Classroom sebagai Kelas Digital dengan Aplikasi Geogebra maka kreativitas belajar matematika siswa Kelas X-NKPI SMK Negeri 6 Lhokseumawe  mengalami peningkatan.

Keywords


Kreativitas, Google Classroom, Kelas Digital, Geogebra, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Afrianti, W. E. (2018). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi [Universitas Islam Indonesia Yogyakarta]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6173/SKRIPSI.pdf?sequence=1

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102(August), 67–86. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004

Anshori, S. (2017). Pemanfaatan TIK Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924(9878), 10–20. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/84-13-81-2-10-20170920 (1).pdf

Arbain, N., & Shukor, N. A. (2015). The Effects of GeoGebra on Students Achievement. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 172, 208–214. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.356

Ardi, S. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Open Ended Problem. Jurnal Pendidikan Matematika (JMP), 1(1), 27–36. https://journal.stkip-andi-

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294–302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Depdiknas, 2013, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81a Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Jakarta: Depdiknas

Daniati, D., Ismanto, B., & Luhsasi, D. I. (2020). Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa dengan Penerapan Model Pembelajaran E–Learning Berbasis Google Classroom pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 601. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2642

Fajri, E. D. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Google Classroom Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Fungsi Kuadrat [Universitas Jember]. https://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/97646/Elies Dwi Rahmaniah Fajri-150210101018.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Fajri, I., Yusuf, R., Maimun, B. A., & Sanusi, Y. (2020). Innovation model of citizenship education learning in the 21st-century skill-learning environment of students in Aceh. Journal of Critical Review, 7(16).

Fajri, I., Ar, K., Prajana, A., Yusran, & Sanusi. (2020). Peningkatan Keterampilan 4C Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(2), 371–380.

Gurría, A. (2015). Programme for International Student Assessment (PISA).

Henry Dinus Hutabarat, F. A. H. (2020). Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Education and Development Institut, 8(4), 508–512. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/2210/1178

Kesumawati, N. (2017). Geogebra Sebagai Solusi Untuk Mengkonstruksi Konsep-Konsep Matematika Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana, 0(0). http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Prosidingpps/article/view/1458/1265

Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76–84. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499

Lisnawati, M. Khoirul Amri, E. F. N. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Transformasi Melalui Media Geogebra Kelas IX di SMP N 2 Banjit Way Kanan. Innovative Education Journal, 2(2), 1–13. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.51278/aj.v2i2.43

M.Nur, I. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika (Delta-Pi), 5(1), 10–19. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v5i1.236

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2019). Trend International Mathematics and Science (TIMSS).

Murni, V., Sariyasa, S., & Ardana, I. M. (2017). GeoGebra Assist Discovery Learning Model for Problem Solving Ability and Attitude toward Mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012049

Mustakim Sagita, K. (2019). Utilization Of E-Learning For Educators In Gigital Era 4.0. Jurnal Sosial Humaniora (JSH), 2(2), 35–41. https://doi.org/https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.169.g165

Nuryati. (2019). Kreativitas Guru Dalam Menciptakan Permainan Kreatif Untuk Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional PG PAUD UNTIRTA, 293–304. http://semnaspgpaud.untirta.ac.id/index.php/

Pianda, D. (2016). Penggunaan Media Geogebra Melalui Pendekatan Scientific Untuk Peningkatan Hasil Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume, 3(4), 273–284. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/IME-V3.4-08.Didi_Pianda.pdf

Prasistayanti, N. W. N., Santyasa, I. W., & Sukra Warpala, I. W. (2019). Pengaruh Desain E-Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Mata Pelajaran Pemrograman Pada Siswa Smk. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(2), 138–155. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p138--155

Prastyo, H. (2020). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMSS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111–117. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v3i2.2367 Kemampuan

Rohma, R. G. & I. (2020). Implementasi learning management system sebagai upaya meningkatkan kreativitas belajar mahasiwa pada mata kuliah pai di stit muhammadiyah bangil. Islamic Of Education, 5(2), 144–155. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/185-1-182-1-10-20201121.pdf

Sudihartinih, E., & Wahyudin, W. (2019). Pembelajaran Berbasis Digital: Studi Penggunaan Geogebra Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Tatsqif, 17(1), 87–103. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.944

Sugandi, A. I., & Bernard, M. (2020). Application of geogebra software to improve problem-solving skills in analytic geometry in prospective teachers students. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 1–8. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012077

Vebrianto, R., & Syafaren, A. (2018). BIOMIND Module: A Quality Teaching and Assessment Media. Journal of Educational Science and Technology (EST), 4(1), 62. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v4i1.4744

Yulisar Panuah, H. (2019). Pendidikan Berbasis Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999–1015.

Yusuf, R., Hayati, E., & Fajri, I. (2019, October). Meningkatkan Literasi Digital Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Model Project Citizen. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL “REAKTUALISASI KONSEP KEWARGANEGARAAN INDONESIA” (Vol. 1, pp. 185-200). FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MEDAN.

Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The effectiveness of the geogebra software: The intermediary role of procedural knowledge on students’ conceptual knowledge and their achievement in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6), 2155–2180. https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v4i2.7672

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Al Khawarizmi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
© 
Author
Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry and Department Mathematics Education UIN Ar-Raniry.