Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Hasil Belajar Siswa: Sebuah Meta - Analisis

Jumaini Jumaini, Hilda Hirmaliza Hertin, Mazruatun Nisfiyati, Malik Ibrahim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran Blended Learning dalam meningkatkan pemahamn konsep hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan metode meta-anlisis dengan mengumpulkan sejumlah data yang memenuhi syarat di google scholar,sinta,dan portal garuda.Dalam penulusuran ini ditemukan sebanyak 45 data yang memenuhi syarat pada kisaran tahun 2009-2021.Data yang memenuhi syarat memuat nilai klasikal (k), jumlah siswa yang tuntas (I) dan disebutkan jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian (N). Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam peningkatan pemahaman konsep menggunakan metode pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa sebesar 91% termasuk kategori sangat kuat. Hasil analisis variabel moderator menunjukkan bahwa model pembelajaran blended learningrata-rata sangat kuat peningkatannya dalam pemahaman konsep siswa pada jenjang SD yakni 0.91 atau 91% dengan estimasi dampak sebesar 0.908 yang termasuk kedalam kategori sangat kuat.Pada jenjang SMP yakni 0.91 atau 91% dengan estimasi dampak 0.910 yang termasuk dalam kategori sangat kuat. Kemudian pada jenjang SMA yakni 0.89 atau 89% dengan estimasi dampak 0.890 juga termasuk dalam kategori sangat kuat. Kemudian untuk kalsifikasi mata pelajaran metode blended learning sangat kuat peningkatannya pada mata pelajaran MATEMATIKA yaitu mencapai 0,90 atau 90% dengan estimasi dampak 0.895 termasuk dalam kategori sangat kuat. Sedangkan, untuk IPA yaitu mencapai 0.90 atau 90% juga dengan estimasi dampak 0.903 dan termasuk kategori sangat kuat dan kemudian mata pelajaran IPS yaitu mencapai 0.91 atau 91% dengan estimasi dampak 0.908 termasuk juga dalam kategori sangat kuat.

Abstract

This study aims to see the Blended Learning method in improving students' understanding of the concept of learning outcomes. This study uses a meta-analysis method with a large amount of data that meets the requirements on Google Scholar, Sinta, and Garuda Portal. In this research, there were as many as 45 data that fulfilled the requirements in the 2009-2021 range. Data that meets the requirements contains the classical value (k), the number of students who meet the requirements (I), and the number of students who are research subjects (N). The results of data analysis using JASP software show that there is a significant effect in increasing the understanding of concepts using mixed learning methods on student learning outcomes by 91%, including the very strong category. The results of the moderator variable analysis show that the blended learning model has a very strong increase in students' understanding of concepts at the elementary level, namely 0.91 or 91% with an emission impact of 0.908 which is included in the very strong category 91% with an impact of 0.910 which is in the very strong category. Then at the high school level, namely 0.89 or 89% with an earthquake impact of 0.890, it is also included in the very strong category. Then for the calcification of the blended learning method subjects, the increase was very strong in the MATHEMATICS subject, which reached 0.90 or 90% with an earthquake impact of 0.895 which was included in the very strong category. Whereas for IPA which reached 0.90 or 90% with an earthquake impact of 0.903 and was in the very strong category and then the Social Studies subject which reached 0.91 or 91% with an earthquake impact of 0.908 was also in the very strong category.

Keywords


Kata kunci: Pembelajaran Blended Learning,Pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Ekawati, Noor Emmy,(2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA.8(1). 7-18.

Suryawan, I Putu Pasek Permana, Dodi.(2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Prisma.9(1).108.

Kurniawan, A. D.(2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.8-11.

Nuraini.(2020). Penerapan Blended Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah pada Peserta didik Kelas X IPS SMAN 2 Kampar Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai.4(3).3380-3389.

Roshonah, Adiyati Fathu Sutihat Alam, Adi.(2020). Penerapan Model Blended Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika di SDN Pisangan 01.Hlm 1-10.

Rizkiyah, Apriliya.(2013). Penerapan Blended Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan di Kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan teknik Bangunan.1(1). 40-49.

Putri,Pratiwi Widorini,Pujayanto,Ekawati,Elvin yusliana.(2014). IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING IPA TEMA PENGELOLAAN SAMPAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN APEKTIF (SIKAP) SISWA KELAS VII-D SMPN 8 SURAKARTA.Hlm 48-54.

Yunimar.(2017).PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI KELAS IV SDN 17 KAPENCONG KECAMATAN BAYANG KABUPATEN PESISIR SELATAN .Jurnal.4(17).9-15.

Afdhila, Rizqa Nazar, MuhammadHanum, Latifah.(2017). Penerapan Pembelajaran Blended Learning Pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 1 Unggul Darul Imarah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK).2(3). 165-172.

Khusna,Maziyatul.(2020).Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Blended Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Siswa kelas VI SD Muhammadiyah Banjaran. Jurnal Malysian Palm Oil Council. 21(1).1-9.

Khulaevah,Eva.(2015).IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN LEARNING COMMJUNITY UNTUK MENINGKATKAN SENSE OF BELONGING SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SOSIOLOGI SUB POKOK BAHASAN BENTUK-BENTUK STRUKTUR SOSIAL KELAS XI IPS DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIC CENTRE (MAIC) KABUPATEN CIREBON. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon.Skripsi.

Wahyuni, Sri .(2018) .Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode Blended Learning Teknik TANDUR di Kelas VII A SMP Negeri 15 Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surabaya.Skripsi.

Murniasih,Tatik Retno.(2016).Peningkatan pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Lingkaran Dengan Menggunakan Media Manipulatif.Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika.

Prabowo,Hengki Tri.(2013).Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Multimedia Siswa Kelas XI Multimedia 1 SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2013/2014.Hlm 1-174.Tugas Akhir Skripsi.

Gunawan,Sulistiyawati,Devirga Nirwana.(2013).Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata pelajaran Kewirausahaan Kelas X Akuntansi SMK Kosgoro 1 Lawang Kabupaten Malang.

(Ningsih, 2016)Anggraeni, V., & Wasitohadi, W. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester Ii Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 30(2), 121. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p121-136

Aritmatika-bahasa, P., Dasar, S., & Kuntarto, E. (2018). Analisis Tingkat Pemahaman Guru Terhadap Konsep. 2, 97–108.

Darmawan, W., Kuswandi, D., & Praherdhiono, H. (2020). Edcomtech. 170–179.

Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. 8(1), 7–16.

Fitriasari, P., & Sari, N. (2018). KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA MELALUI BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH METODE NUMERIK. 4(1), 1–8.

Hariyani, S., & Kamunggul, O. L. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Aritmetika Sosial Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1112

Herlandy, P. B., Novalia, M., Studi, P., & Teknik, P. (n.d.). Penerapan e-Learning pada Pembelajaran Komunikasi dalam Jaringan dengan Metode Blended learning Bagi Siswa SMK. HERLANDY.Jurnal, P., Pendidikan, I., Dasar, K., & Indonesia, B. (2019). Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran. 3(April), 28–35.

Kimia, J., Universitas, F., Semarang, N., Gedung, D., Kampus, L., & Semarang, G. (2019). PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF-PSIKOMOTOR PADA Email : menuksriwardani@mail.unnes.ac.id. 2(Desember), 189–201.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., Kusumawati, E., Classroom, F., & Classroom, G. (2019). PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP. 7(April), 8–19. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i1.6827

Learning, B., Meningkatkan, U., Kemampuan, L., Kritis, B., & Kritis, K. B. (2015). BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LEVEL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. 68, 60–66.

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116–126. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785

Menggambar, B., & Dimensi, O. (2019). Penerapan model blended learning dalam peningkatan hasil belajar menggambar objek 2 dimensi. 6(2), 145–152.

Mulbasari, A. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Cooperative Script dan Blended Learning. 2(1).

Ningsih, Y. L. (2016). HASIL BELAJAR MAHASISWA MELALUI PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING PADA MATA KULIAH. 2(1), 1–11.

Octaria, D., Fitriasari, P., & Sari, N. (2020). Blended Learning dengan Macromedia Flash untuk Melatih Kemandirian Belajar Mahasiswa. 6(1). https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1596

Pendidikan, S., Elektro, T., Surabaya, U. N., Elektro, T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI TEI PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA DAN INTERFACE DI SMK NEGERI 1 JETIS MOJOKERTO Siti Nur Kholifah I Gusti Putu Asto Buditjahjanto. 975–982.

Simarmata, J., Purba, J. P., Djuanda, E. A., Learning, B., & Belajar, H. (2016). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED. November, 11–12.

Xi, K., & Man, M. I. A. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN HYBRID LEARNING BERBANTUAN MEDIA SCHOOLOGY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. 7(2), 140–148.

Yanti, F. N., Sugiharta, I., & Matematis, P. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Blended Learning Menggunakan Edmodo. 2(2), 173–180.

Akto Gunawan (2017). Pengembangan Model Belajar Blended Learning Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.journal for Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran

Dewi (2012).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Thinkpair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Ips Pada Siswa Sekolah Dasar.Journal for Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran

Komala, S.Samirni (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. Journal for Prisma

T. Mandang, D Tulandi (2020). Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Blended. Journal for Jurnal Pendidikan Fisika

Sochibin (2009). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terpimpin Untuk Peningkatan Pemahaman Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sd. Journal for Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia

A.Pramita, R. Agustini (2016).Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Senyawa Hidrokarbon Kelas XI SMA Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa.Journal for Unesa Journal of Chemical Education

A. Rahman (2017).Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education ( Rme ) Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Prestasi. Journal for Genta Mulia

N. Rusyda, N. Sari (2017). Pengaruh Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Pada Materi Garis Dan Sudut. Journal for JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika)

A. Sipayung (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana melalui Contextual Teaching and Learning. Journal for Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika

T. Triwibowo, E. Pujiastuti, H. Suparsih (2018). Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dan daya juang siswa melalui strategi trajectory learning.Journal for Jurusan Matemaika FMIPA Universitas Negeri Semarang, Semarang

F. Mayasari, S.Santoso, D.Octoria (2016). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar siswa Melalui Penerapan Bleanded Learning Quipper School.Journal for jurnal “Tata Arta” UNS, VOL.2, 3 hlm. 148-161




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Al Khawarizmi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika
© 
Author
Published by Center for Research and Publication UIN Ar-Raniry and Department Mathematics Education UIN Ar-Raniry.