Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974Keywords:
Pemahaman Konsep, Analisis KemampuanAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar di masa pandemi covid-19 ini yang melaksanakan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan sampel yang diambil sebagai subjek penelitian ini sebanyak 3 orang dan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik purposive sampling. Untuk mencapai tujuan dari penelitian ini, instrumen yang dirancang ialah instrumen tes berkaitan dengan soal pemahaman konsep matematis yang kemudian diberikan kepada subjek penelitian, yang diambil dari 3 siswa yang melaksanakan pembelajaran daring selama pandemi covid-19 ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan kepada subjek penelitian, diketahui bahwa tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sekolah dasar yang melakukan pembelajaran daring selama pandemi ini masih baik dan tidak mengindikasikan penurunan, terlihat dari jawaban yang tuliskan oleh siswa pada tes yang diberikan.References
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 06(01), 72–89.
Azhari, B., & Fajri, I. (2021). Distance learning during the COVID-19 pandemic: School closure in Indonesia. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1-21.
Dahar, R. W. (2012). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran (Cet. 2). Jakarta: Erlangga.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033
Evelina Astra Patriot. (2019). Analisis Level Pemahaman Siswa Pada Konsep Usaha Dan Energi Melalui Penerapan Pembelajaran Konseptual Interaktif Dengan Pendekatan Multirepresentasi. JIFP (Jurnal Ilmu Fisika dan Pembelajarannya), 3(1), 34–41.
Fachrurazi. (2017). Pembelajaran Matematika Realistik di Sekolah Dasar Pada Materi FPB dan KPK dengan Model Penyajian Paket Makanan. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1.
Hilliyani, H. (2019). Pengaruh Media Timbangan Yang Berorientasi Model Polya Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Tadris Matematika Stain GPA. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 45-56.
Marfiah, D. Y., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.22373/jppm.v4i1.6942
Safitri, S., Ikhsan, M., & Susanti, S. (2020). Penerapan Model Conceptual Understanding Procedures Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa MTs. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(1), 50-66.
Sumarno. (2020). Adaptasi Sekolah Dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Smp Muhammadiyah Karanggeneng Kabupaten Lamongan). Jurnal Tarbiyah & Ilmu Keguruan (JTIK) Borneo, I(2), 149–162.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cet. 4). Jakarta: Kencana.
Syariful Anam, & Elya Umi Hanik. (2020). Problematika Kebijakkan Pendidikan di Tengah Pandemi dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Qiroah, 10(2), 73–81. https://doi.org/10.33511/qiroah.v10n2.73-81
Uno, H. B., Koni, S., & Ispurwanti, D. (2016). Assessment Pembelajaran (Cet. 5; D. Ispurwanti, ed.). Jakarta: Bumi Aksara.