ANALISIS KEMAMPUAN GURU FISIKA ALUMNI UIN AR-RANIRY DALAM MERENCANAKAN PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS ISLAMI DI KABUPATEN PIDIE, ACEH

Fitriyawany Fitriyawany

Abstract


Selama ini pembelajaran fisika di sekolah belum sepenuhnya mengintegrasikan pembelajaran berbasis islami. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tanggapan guru fisika alumni uin ar-raniry dalam mengintegrasikan pembelajaran fisika berbasis islami dan kemampuan guru fisika alumni UIN Ar-Raniry dalam merencanakan pembelajaran fisika berbasis islami. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan menggunakan uji persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka memberikan tanggapan positif dan merasa sangat penting serta tertarik untuk mengintegrasikan pembelajaran fisika berbasis islami, hasil analisis angket menunjukkan bahwa mereka kurang pelatihan dalam merencanakan pembelajaran fisika berbasis islami. Hasil tanggapan sesuai dengan ketidakmampuan mereka dalam mengembangkan RPP fisika berintegrasi islami yang terlihat dari RPP yang mereka kembangkan. Berdasarkan hasil analisis RPP ditemukan bahwa dari 10 guru yang diteliti belum ada satu pun guru fisika alumni UIN Ar-Raniry yang mampu mengintegrasikan pembelajaran fisika berbasis islami dalam RPP yang mereka kembangkan. Ini mengindikasikan bahwa mereka belum mempunyai kemampuan yang baik dalam mengembangkan RPP yang mengintegrasikan pembelajaran fisika berbasis islami.

Keywords


Integrasi; Fisika Berbasis Islami; Alumni; RPP

Full Text:

PDF

References


Abdushshamad, M. K. 2007. Mukjizat Ilmiah dalam Al-Qur’an. Jakarta: Akbar Media Eka Sarana

Ahmad Barizi, 2011. Pendidikan Integratif Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press, 2011.

Ahmad, Yusuf Al-Hajj, 2010. Ensiklopedia Kemukjizatan Fisika Dalam Al- Qur’an dan Sunnah. Al-Hidayah Publication. Selangor

Amin Abdullah, dkk, Integrasi Fisika – Islam Mempertemukan Epistemologi Islam dan Fisika. Yogyakarta: Pilar Religia, 2004.

Arisman Suyendra, 2012, “Penciptaan Alam Semesta Dalam Al-Quranâ€, http://kutbi. wordpress.com, Online

Budi Handrianto, 2010. Islamisasi Fisika Sebuah Upaya MengIslamkan Fisika Barat Modern. Jakarta: Pustaka al-Kautsar.

Halim, Wahyuddin, dkk (2005), Sinergi Agama dan Fisika

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Imam Suprayogo. 2006. Paradigma Pengembangan Keilmuan Islam Perspektif UIN Malang. Malang: UIN-Malang Press.

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Kemendikbud.

Mehdi Golshani. 2003. Filsafat-Fisika Menurut al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Muslich. 2007. Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme. Jakarta: PT Bumi Aksara

Mustika Sari, Ramadhanita. 2012. Studi Transformasi Konflik dan Konsesus Pengaruh Ilmu Agama terhadap Perkembangan IPTEK di Zaman Modern

Neneng Dara Affiah, Pidato ilmiah dalam diskusi & peluncuran buku Pembaruan Pemikiran Islam, Malang, 28 November 2011

Novita, Eliska. 2012. Evektivitas Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Asam-Basa Arhenius Untuk Meningkatkan Keterampilan Peserta didik SMA Dalam Membangun Konsep Hukum Sebagai Akibat. Lampung: Universitas Lampung

Powerpoint, Rambu-rambu penyusunan RPP kurikulum 2013. Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Puskur Depdiknas. 2007. Silabus KTSP, Pusat Kurikulum. Jakarta.

Pursitasari. i. d. dkk, 2012, “Analisis Pemahaman Konsep dan Kesulitan Mahasiswa untuk Pengembangan Program Perkuliahan Dasar-dasar Kimia Analitik Berbasis Problem Solvingâ€. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia

Suparlan Suhartono. 2008. Filsafat Ilmu Pengetahuan Persoalan Eksistensi dan Hakikat Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Tim Penyusun Buku. 2004. Memadu Fisika dan Agama menuju Menuju Universitas Islam Masa Depan, Malang: Bayumedia.

Turmudi, dkk. 2006. Islam, Fisika dan Teknologi Menggagas Bangunan Keilmuan Fakultas Fisika dan Teknologi Islami Masa Depan, Malang: UIN Maliki Press.

U Maman Kh, “Urgensi Memadukan Kembali Fisika dan Teknologi dengan Islamâ€, http://www. pusbangsitek.com diakses tanggal 24 Nopember 2011.

Yutmini, Sri. 1992. Strategi Belajar Mengajar. Surakarta: FKIP UNS.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/aricis.v1i0.944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.