EVALUASI PEMBELAJARAN PADA KELAS INTERNASIONAL FAKULTAS DAKWAH IAIN AR-RANIRY

Fajri Chairawati

Abstract


Program kelas Internasional pada Fakultas Dakwah adalah suatu program baru dalam proses perkuliahan di IAIN Ar-Raniry di mana dalam pemberian materi kuliah bahasa yang digunakan oleh dosen adalah bahasa Arab dan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah yang diajarkan dengan menggunakan dua bahasa tersebut. Penelitian ini dilakukan terhadap 33 mahasiswa yang terbagi ke dalam dua kelas yaitu 12 mahasiswa kelas bahasa Arab dan 21 mahasiswa kelas bahasa Inggris yang berasal dari berbagai jurusan yang terdapat di fakultas Dakwah ditambah dengan wawancara terhadap dosen yang mengajar di kelas Internasional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui metode pembelajaran yang diterapkan oleh dosen adalah wawancara. Sedangkan instrumen untuk mengetahui pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah adalah dengan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan oleh dosen ketika memberikan materi kuliah adalah metode campuran dalam artian bahwa dosen tidak hanya terpaku pada satu metode saja tetapi menggunakan beberapa metode seperti metode pemberian tugas, metode diskusi, mengarahkan dan lain sebagainya. Sedangkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah yang diajarkan dengan menggunakan bahasa Arab dan bahasa Inggris dapat dilihat dari jawaban angket yang berkategori banyak. Hal ini disebabkan masih variatifnya bahasa yang digunakan oleh dosen ketika mengajar materi kuliah dengan kata lain bahwa di dalam proses pembelajaran di kelas penggunaan bahasa Arab dan Inggris belum sepenuhnya diterapkan.

Key words : Evaluasi Pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v20i29.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.