EFEKTIFITAS DAKWAH DI INTERNET UNTUK GEN-Z
DOI:
https://doi.org/10.22373/albayan.v28i1.13433Abstract
Kegiatan menyebar dan mengajak pada kebaikan sudah seharusnya senantiasa dilakukan oleh setiap manusia kepada manusia lainnya. Aktivitas yang dalam Islam disebut sebagai dakwah tersebut perlu mengikuti dengan perkembangan zaman agar masyarakat yang dituju dapat menerima ajakan dakwah yang disebarkan. Saat ini sudah banyak aktivitas dakwah yang memanfaatkan perkembangan teknologi internet dengan menggunakan media sosial seperti YouTube, Facebook, Instagram, dan jenis media sosial lainnya. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan media dakwah melalui internet pada kelompok masyarakat remaja atau sering disebut sebagai Gen-Z. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kuantitatif dengan menggunakan dua jenis data, yaitu data primer yang bersumber dari subjek penelitian dan data sekunder yang bersumber dari artikel dan literatur penelitian yang telah ada sebelumnya. Populasi dari penelitian ini sendiri adalah masyarakat Gen-Z yang memiliki jumlah sampel sebanyak 52 responden dengan prosedur pengambilan sampel secara acak. Dari penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa responden lebih memilih mengakses informasi seputar dakwah melalui media sosial dibandingkan dengan mengikuti aktivitas kajian dakwah yang dilakukan secara luring. Mayoritas responden juga menyatakan bahwa mereka lebih memilih informasi dakwah berbentuk video dibandingkan dengan artikel. Selain itu, responden juga menyatakan setuju bahwa informasi dakwah yang didapatkan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari responden. Oleh karena itu, penggunaan media internet dalam aktivitas dakwah pada masyarakat Gen-Z terbukti efektifReferences
Alvian, N. (2017). Efektivitas Dakwah Islam Melalui Sosial Media Instagram (Studi Akun
Instagram Indonesia Menutup Aurat). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 6(2),
-237.
Hermawan, I. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method.
Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan. (2019)
Kurniawan, Muhammad. (2020). Efektifitas Dakwa Melalui Media Sosial Di Tengah
Pandemi.Jurnal komunikasi penyiaran Islam. IAIN Parepare.
Mahdi, M, I. (25 Februari 2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada
Data Indonesia. Diunduh dari https://dataindonesia.id/digital/detail/penggunamedia-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Novita, D., & Husna, N. (2020). Peran Ecolabel Awareness dan Green Perceived Quality
Pada Purchase Intention. Jurnal Manajemen Maranatha, 1(20), 85-90.
Rahmawati, D. & Zaini, A. (2021). Efektivitas Dakwah Melalui Media
Sosial Di Era Media
Baru. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam. IAIN Kudus.
Ramadhan, R., & Destiana, H. (2018). Pengaruh Media Sosial Youtube terhadap
Perkembangan Dakwah Islam dengan Metode Structural Equation Modelling (SEM).
Jurnal & Penelitian Teknik Informatika, 1(3), 60-66.
Umroatin,Yuli. Dakwah Dalam Al-Quran. Surabaya: CV Jakad Media Publishing. (2020)
Usman, F. (2016). Efektivitas Penggunaan media online sebagai sarana dakwah. Al-Tsiqoh:
Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam, 1(1), 1-8.
Zaini, A. (2013). Dakwah Melalui Internet. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran
Islam, 1(1), 93-108.