TALKSHOW RADIO SEBAGAI PROGAM FAVORIT PENDENGAR (STUDY TERHADAP PROGAM “FRIDAY TALKSHOW†PADA RADIO SIARAN RUMOH PMI)
DOI:
https://doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2497Abstract
Radio merupakan salah satu media massa elektronik yang menggunakan sistem audio (suara) tertua yang masih berkembang dan digunakan oleh masyarakat sampai dengan sekarang, dikeranakan ekonomis, mudah dijangkau, bisa didengar dimana saja dan kapan saja tanpa memerlukan waktu dan tempat yang khusus. Stasiun radio banyak menyajikan progam-progam acara salah satunya talkshow. Dimana talkshow merupakan suatu obrolan atau perbincangan yang menyampaikan suatu informasi oleh narasumber yang dipandu seorang pembawa acara atau penyiar yang nantinya akan ada sesi tanya jawab baik itu secara tatap muka (face to face) atau telepon (by phone). Dalam upaya pencapaian progam talkshow untuk menjadi salah satu progam favorit bagi pendengar maka produser dan penyiar radio harus bekerja sama dalam merancang serta memberikan ide topik berbincangan semenarik mungkin dengan memancing isu dan pertanyaan yang disampaikan bagi pendengar serta menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, supaya para pendengar radio bisa bertanya langsung kepada narasumber tersebut melalui sms atau telepon. Kata Kunci: Talkshow, Radio, Progam Favorit PendengarReferences
Bungin, Burhan. 2006. Sosoilogi Komunikasi. Jakarta: Kencana Predana Media Group
Ghony, M. Djunaidi & Fauzan Almansur. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
H.A.W Widjaja. 2008. KOMUNIKASI {Komunikasi & Hubungan Masyarakat}. Jakarta: Bumi Aksara
Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikas {Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran}. Jakarta: Kencana
Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikas {Disertai Contoh Praktis Riset Media, Publik Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran}. Jakarta: Kencana
Liliweri, Alo. 2011. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencan Prenada Media Group
Masduki. 2001. Jurnalistik Radio{(Menata Profesionalisme Reporter & Penyiar). Yogyakarta: LkiS
Masduki. 2004. Menjadi Broadcaster Prosesional. Yogyakarta : LKIS
Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan
Televisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Muhfid, Muhammad. 2007. Komunikasi dan Regulasi Penyiaran.Jakarta: Kencana
Mulyana, Deddy. 2009. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution. 2003. Metodologi Research Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksaara
Prayuda, Harley. 2005. Radio Suatu Pengantar Untuk Wacana Dan Praktek
Penyiaran. Malang : Bayumedia.
River, William L, Jay W. Jensen & Theodore Peterson. 2004. Media Massa & Masyarakat Modern. Jakarta: Prenada Media
Subagyo, Joko. 2004. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendididkan{Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D}. Bandung: CV. Alfabeta
Triartanto, A.Lua y. 2010. Broadcasting Radio Panduan Teori dan Praktek. Yogyakarta : Pustaka Book Publisher.
Uchjana, Onong. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti
Wibowo, Fred. 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.
Indra Astuti, Santi.2008. Jurnalisme Radio: Teori dan Praktek, Bandung: Simboisa Rekatama Media
Jurnal:
eJournal Ilmu Komunikasi Fisip Unmul. 2013. Samarinda: vol 1 No 4
Irma, Ade & dkk. 2013. Jurnal Hasil Penelitian Persepsi Dosen & Mahasiswa Tentang Proses Siar RRI Kota Banda Aceh. Banda Aceh
Jurnal e-Komunikasi Progam Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra. 2014. Surabaya: Vol 2 No 1
Web:
file:///C:/Users/User/Downloads/TALKSHOW coleteh.htm
http://melonecantiq.blogspot.co.id/2009/10/radio-talkshow.html. Diakses pada tanggal 10 Februari 2016
http://hobbysiaran.blogspot.co.id/2013/06/tips-sukses-siaran-talkshow-di-radio.html. diakses pada tanggal 10 Februari 2016
http://www.orangradio.com/2013/10/menjadi-penyiar-radio-yang-baik.html. di akses pada tanggal 10 Februari 2016
Undang-Undang:
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Penyiaran