KEILMUAN MUBALLIGH DI KOTA BANDA ACEH

Fajri Chairawati, Chairul Muluk

Abstract


Penelitian ini berjudul “Keilmuan Muballigh di Kota Banda Acehâ€. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan adanya berbagai macam corak pemikiran para muballigh dalam menyampaikan pesan dakwahnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keilmuan muballigh di Kota Banda Aceh khususnya di mesjid-mesjid Kopelma Darussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah responden sembilan orang. Lokasi penelitian di Kopelma Darussalam yaitu di mesjid Jami’ Darussalam, mesjid Tgk. Chik di Lamnyong, mesjid Fathun Qarib, dan mesjid Baitul Muttaqin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi keilmuan muballigh di Kota Banda Aceh ada dua tingkatan yaitu kompetensi muballigh tingkat sangat memuaskan dan kompetensi muballigh tingkat memuaskan. Penyajian materinya meliputi perkataan yang disukai Rasul dalam menyampaikan rukun khutbah. Tiga nasehat dari Rasulullah kepada seorang laki-laki yang bertanya kepadanya. Pandangan Islam terhadap musibah. Strategi menghadapi perang pemikiran (Al-Ghazwul Fikri), proses dialog. Hamba yang disayang Allah, proses dialog. Jangan mudah percaya kepada orang kafir. Perbedaan sunah dan bid’ah. Mencintai Rasulullah dengan baik dan benar. Memperingati maulid Nabi penekanannya terhadap kecintaan kepada Rasulullah SAW. Sedangkan referensi yang di pedomani oleh para muballigh di Kota Banda Aceh khususnya di mesjid-mesjid Kopelma Darussalam diantaranya adalah Al-Qur’an, hadits Rasulullah (Bukhari, Muslim, Abu Daud, Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah). Kitab tafsir meliputi tafsir Quraish Shihab, tafsir Al- Wasith, tafsir Mafatihul Ghaib, tafsir Al-Kabir, tafsir Bahrul Madid fi Tabsiral-Qur’an Al-Majid, tafsir Qurtubi, tafsir Al-Qasimi. Selain itu kitab Ulumul Qur’an meliputi kitab Al-Itqan fi ‘Ulum Al-Qur’an. Syarah hadist di antara kitab Syarah Nawawi, Fathul Bari, Riyadhus Shalihin, dan software Maktabah Syamilah. Pembahasan sejarah meliputi kitab Nabawiyah, sedangkan pembahasan ibadah berupa kitab Al-Umm. Buku 100 tokoh yang paling berpengaruh dalam sejarah, majalah Tarbawi, situs internet berupa Islam.com dan IslamWeb.net, serta bahan ceramah orang lain, baik waktu ceramah berlangsung maupun lewat youtube.

Kata Kunci: Keilmuan, muballigh

Full Text:

PDF

References


Abu Anas Majid Al-Bankani, 2006, Rihlatul Ulama fi Thalabil Ilmi/Perjalanan Ulama Menuntut Ilmu, (Terjemahan Abu Thohir Al-Padangi), Jakarta: Darul Falah.

Ali Aziz, Moh., 2004, Ilmu Dakwah, Jakarta: Kencana.

Arifin Zain, dkk, 2011, Dinamika Dakwah, Banda Aceh: Fakultas Dakwah IAIN Ar-Raniry.

Departemen Agama RI, 2013, Al-Qur’an dan Terjemahan, Solo: PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Departermen Pendidikan Nasional, 2005, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Fathul Bahri An-Nabiry, 2008, Meniti Jalan Dakwah Bekal Perjuangan Para Da’i, Jakarta: Amzah.

Hadits ini diriwayatkan Al-Imam At-Tirmidzi di dalam Sunan At-Tirmidzi no. 2681.

Ilyas Ismail A., dan Prio Hotman, 2011, Filsafat Dakwah Rekayasa Membangun Agama dan Peradaban Islam, Jakarata: Kencana.

John M. Echols dan Hassan Shadily, 1996, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Misbach Malim dan Avid Solihin, 2010, Dinamika dan Strategi Dakwah, Jakarta: Media Dakwah.

Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin, 2007, Bekal bagi Para Da’i di dalam Dakwah, Malang.

Nawari Ismail, 2004, Filsafat Dakwah, Ilmu Dakwah dan Penerapan, Jakarta: PT. Bulan Bintang.

Sa’ad Abdulllah Sa’ad Al-Qu’udi, 2012, Fiqh Maqasidi Ad-Da’wati Ilallahi Ta’ala Wa




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v23i2.2557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.