METODE KOMUNIKASI DA’I PERBATASAN ACEH SINGKIL DALAM MENJAWABTANTANGAN DAKWAH

Abizal Muhammad Yati

Abstract


Pemerintah Aceh melalui dinas Syiariat Islam telah membentuk da’i yang ditugaskan di wilayah yang rawan terjadi pendangkalan akidah khususnya daerah perbatasan dan wilayah terpencil. Salah satu daerah yang menjadi perhatian pemerintah Aceh adalah Aceh Singkil tepatnya Kecamatan Danau Paris, kecamatan ini berbatasan langsung dengan Manduamas Tapanuli utara  dimana mayoritas penduduknya beragama kristen. Tentunya tantangan da’wah yang ada disana sangatlah berat. Diantara tantangan dakwah berupa pendangkalan akidah dengan berbagai modus dan media, penyusupan budaya-budaya negatif  dari luar, dan lemahnya ekonomi umat. Da’i perbatasan di Kecamatan tersebut telah berupaya telah menjalankan tugasnya namun belum menunjukkan hasil yang signifikan. Tentu ada alasan kenapa belum ada hasil yang memuaskan sesuai harapan pemerintah Aceh,   atas dasar ini peneliti tertarik melakukan penelitian yang berkaitan dengan metode komunikasi da’i perbatasan dalam menjawab tantangan dakwah di Kecamatan Danau Paris Aceh Singkil. Peneliti mengajukan dua pertanyaan penelitian pokok, pertama: Bagaimana Metode komunikasi da’i perbatasan dalam menjawab tantangan dakwah di Kecamatan Danau Paris Aceh Singkil? Kedua: Apa saja peluang dan tantangan da’i perbatasan dalam menerapkan metode komunikasi untuk menjawab tantangan  Dakwah di Kecamatan Danau Paris Aceh Singkil. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan  (field research) dengan pendekatan Kualitatif. Data penelitian dilakukan melalui observasi nonpartisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode komunikasi da’i perbatasan dalam menjawab tantangan dakwah di Kecamatan Danau Paris Aceh Singkil, pertama: komunikasi persuasif, da’i perbatasan menyampaikan kata-kata yang lembut yang penuh dengan hikmah. Kedua: komunikasi Koersif, sebahagian da’i dalam menyampaikan dakwah dengan bahasa-bahasa yang kasar dengan nada-nada ancaman, menyiggung perasaan, mudah menyalahkan. Ketiga: komunikasi Intrapersonal, da’i melakukan dakwah ke rumah-rumah warga untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah dengan cara bersliaturrahim. Peluang dan Tantangan da’i perbatasan dalam menerapkan metode komonikasi untuk menjawab tantangan dakwah di Kecamatan Danau Paris Aceh Singkil. Pertama, peluang: Membangun komunikasi aktif dengan pemuka masyarakat, membentuk mitra dakwah dengan orang-orang yang se-profesi, dan Melakukan komunikasi dengan lembaga-lembaga yang memilki kekuatan dalam berbagai bidang. Kedua, Tantangan: Tidak mendapat dukungan dari kepala Desa karena mayoritas kepala Desa di daerah perbatasan berasal dari kalangan non Muslim, akses jalan menuju desa masih belum di aspal, dan tidak adanya aliran listrik, hal ini juga membuat komunikasi tidak lancar.

 

Kata Kunci: Metode Komunikasi, Da’i Perbatasan, Tantangan Dakwah

Full Text:

PDF

References


Ahmad Atabik, Konsep Komunikasi Dakwah Persuasif dalam Perspektif Al-Qur’an, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, AT-TABSYIR, Volume 2, Nomor 2, Juli 2014..

Abdul Basit. Dakwah Cerdas di Era Modern.Jurnal Komunikasi Islam | Volume 03, Nomor 01, Juni 2013.

Arikunto Suharsimi, Prosedur Penelitian, PT.Rineka. Cipta Jakarta:, 2002.

Budi Hermawan Bangun. Konsepsi dan Pengelolaan Wilayah Peratasan Negara: PerspeKtif HuKum Internasional. Tanjungpura Law Journal, Volume 1, Nomor 1, Januari ,2017.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif,Ekonomi,Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial, Prenada Media Group Jakarta:, 2007.

Ahmad Mustafa Al-Maragi, Tafsir Al-Maragi Juz 22,23 dan 24, PT. Karya Toha Putra. Semarang, 1992.

A. Markarma, Komunikasi Dakwah Efektif Dalam Perspektif Alquran, Jurnal Studia Islamika, Hunafa, Volume. 11, Nomor.1, Juni 2014.

Al-Imam an Nawawi, Telaah hadist Arba’in an-Nawawiyah, Ziyad Visi Media, Surakarta, 2006.

Darta Sitepu, Komunikasi dalam Perspektif Islam, Jurnal, TAJDID Volume 11, Nomor 1, 2012.

Deddy Mulyana. Ilmu Komunikasi suatu pengantar. PT. Remaja Rosdakarya, 2010. Bandung.

Dwi Astuti, Strategi Dakwah Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup, Fakultas Ilmu Kedokteran Progdi Kesehatan Lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Jurnal SUHUF, Volume XVIII, Nomor 01. Mei 2006.

Elbi Hasan Basry, M.Ag, Metode Dakwah Islam (konstribusi Terhadap Pelaksanaan Syari’at Islam di Provinsi NAD), AK Group Yogyakarta bekerja sama dengan Ar-raniry Press. 2006. Darussalam Banda Aceh.

Eva Maghfiroh, Komunikasi Dakwah; Dakwah Interaktif melalui Media Komunikasi.Jurnal.Volume 2, Nomor 1, Pebruari 2016.

Fatmawati.Da’i Muda pilihan (DMP) ANTV dalam Perspektif Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah Volume 6 Nomor 19, Edisi Januari-Juni 2012.

Mardalis.Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal, Bumi Aksara . Jakarta. 1999.

Hamka, Tafsir Al Azhar Juz I. PT. Pustaka Panjimas, Jakarta, 2004.

Hafied Cangara. Pengantar Ilmu Komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.Jakarta, 1998.

Harjani Hefni. Perkembangan Ilmu Komunikasi Islam, Jurnal Komunikasi Islam, Volume 04, Nomor 02, Desember 2014.

Husaini Usman, Metode Penelitian Sosial, Bumi Aksara Jakarta:, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v24i2.4602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.