KECENDERUNGAN PENGGUNAAN WACANA SEMIOTIK DALAM PERIKLANAN PRODUK KESEHATAN TEMPATAN DI MALAYSIA
DOI:
https://doi.org/10.22373/albayan.v25i1.5276Abstract
Iklan adalah satu cara yang sering digunakan untuk memperkenalkan suatu produk kepada masyarakat. Di Malaysia, media cetak sering dimanfaatkan untuk mengiklankan produk kesehatan tempatan sejak 1970an hingga sekarang ini. Sebuah produk yang diiklankan harus mampu mempengaruhi pemikiran masyarakat sehingga mereka memberikan kepercayaan terhadap produk tersebut. Bahkan banyaknya produk kesehatan tempatan yang diiklankan di Malaysia sebenarnya mengandung wacana-wacana penting yang ingin disampaikan.Penulis menemukan bahwa terdapat beberapa kesamaan yang digunakan oleh pembuat iklan produk kesehatan tempatan di Malaysia dengan menggunakan teknik analisis wacana semiotik media periklanan Tami Sloane Thrasher. Persamaan tersebut yaitu tujuan, gambar, khalayak, dan teknik (metafora, terstimoni, stereotipe) dalam menarik masyarakat dalam membeli produk yang diiklankan.
Kata Kunci: Periklanan, Analisis Wacana, Semiotik, Malaysia
References
Aaker, J,L. (2000). Accessibility or Diagnosticity? Disentangling the Influence of
Culture on Persuasion Processes and Attitudes. The Journal of Consumer
Research 26(4): 340-357.
Ellis, L & He, P. (2011). Race and Advertising: Ethnocentrism or “Real” Differences in Physical Attractiveness? Indirect Evidence from China, Malaysia, and the United States. Mankind Quarterly 51(4): 471- 489.
Faridah Ibrahim. (2007). Industri Media Cetak. Dalam Samsudin A. Rahim (edt.) Industri Komunikasi di Malaysia, Bangi: Pusat Pengajian Media dan Komunikasi UKM. 35-49.
Geuens, M., Pelsmacker, P,D., Faseur, T. (2011). Emotional Advertising: Revisting the Role of Product Category. Journal of Business ResearchI 64: 418-426.
Hagijanto, A,D. (2001). Menciptakan Brand Awareness Iklan Media Massa Cetak. Nirmana 3(1): 17-31.
Okazaki, S. & Muller, B. (2008). Evolution in the usage of localised appeals in Japanese and American print advertising. International Journal of Advertising 27(5): 771-798.
Patsioura, F., Vlachopoulou, M., & Manthou, V. (2009). A New Advertising Effectiveness Model for Corporate Advertising Web Sites: A Relationship Marketing Approach. Benchmarking An International Journal 16 (3): 372-386.
Pyun, D,Y & James, J,D. (2011). Attitude Toward Advertising Through Sport: A Theoretical Framework. Sport Management Review 14: 33-41.