IMPLEMENTASI DAKWAH BERBASIS LINGKUNGAN HIDUP DI PONDOK PESANTREN NURUL HARAMAIN NARMADA LOMBOK BARAT

SITI NURUL YAQINAH

Abstract


Pondok pesantren Nurul Haramain Narmada merupakan salah satu pesantren di Lombok yang telah membangun peradaban umat melalui dakwah lingkungan hidup. Dakwah berbasis lingkungan hidup ini sekaligus sebagai reaktualisasi dari ajaran Islam yang diwariskan, seiring dengan kompleksitasnya permasalahan lingkungan hidup dan berbagai masalah sosial. Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui implementasi dakwah berbasis lingkungan hidup di Ponpes Nurul Haramain Narmada Lombok Barat dalam rangka mewujudkan masyarakat sadar lingkungan. Kajian ini merupakan studi kasus yang menggunakan metode deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Secara implementatif dakwah berbasis lingkungan hidup di Ponpes Nurul Haramain dilakukan melalui dakwah persuasif dalam bentuk dakwah bi al-Lisan, dakwah bi al-Qalam dan dakwah bi al-Hal.Selanjutnya Ponpes Nurul Haramain melakukan transformasi melalui dakwah dialogis atau interaktif dalam berbagai kegiatan ilmiah misalnya, seminar, Focus Group Discussion (FGD), loka karya dan pelatihan, semua ini merupakan media yang terus dimanfaatkan oleh pondok pesantren dalam menyampaikan pesan-pesan moral keagamaan terkait dengan lingkungan hidup. Sedangkan dakwah partisipatif yang diurai dalam bentuk: (1) kebijakan pondok pesantren dalam mewujudkan lingkungan bersih, membuat tungku pembakaran sampah, dan gerakan peduli lingkungan internal pesantren maupun eksternal pesantren. (2) Penanaman pohon dan penghijauan. (3) Konservasi lahan krisis. (4) Gerakan Pohon Gratis.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, Mujiyono. Agama Ramah Lingkungan Perspektif al-Quran, Jakarta: Paramadina, 2001.

Aliyudin dan Enjang As. Dasar-Dasar Ilmu Dakwah Pendekatan Filosofis dan Praktis, Bandung: Widya Padjadjaran, 2009.

Amir Azis, Ahmad. Pola Dakwah TGH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid 1989-1997.

Anshari, Endang Syaifuddin. dalam “Islam untuk Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Lingkungan Hidup”, Jakarta: Litbang Agama, 1984.

Arifin, Anwar. Dakwah Kontemporer Sebuah Studi Komunikasi, Cer.I; Jakarta: Graha Ilmu, 2001.

Aripudin, Acep dan Sambas, Syukriadi. Dakwah Damai Pengantar Dakwah Antar Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Arkam, Faridal. “Kepedulian terhadap Lingkungan Hidup Sebagai Suatu Gerakan Moral, Cukupkah?”, jurnal Islam dan Lingkungan Hidup, IV, I, 2003.

AW. Suranto. Komunikasi Interpersonal, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2011.

Basit, Abdul. Wacana Dakwah Kontemporer, Purwakerto: STAIN Press, 2005.

------------Filsafat Dakwah, Cet. I; Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013.

Bungin, M. Burhan. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Cet. IV; Jakarta: Kencana, 2010.

Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014.

-----------Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1993.

Haryanto, Sugeng. Persepsi Santri terhadap Perilaku Kepemimpinan Kiai di Pondok Pesantren (Studi Interaksionisme Simbolik di Pondok Pesantren Sidogiri-Pasuruan), Jakarta: Kementerian Agama Ri, 2012.

Ilaihi, Wahyu. Komunikasi dakwah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Iqbal, Lalu Muhammad. Islam dan Global Warming Konstruk Pemikiran Tafsir Al-Quran Terkait Perubahan Iklim, Yogyakarta: Writing Revolution, 2016.

Keraf, A. Sonny. Etika Lingkungan Hidup, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2010.

Madjid, Nurcholish. Islam Dotrin dan Peradaban: Sebuah Telaah Kritis tentang Masalah Keimanan, Kemanusiaan, dan Kemodernan, Jakarta: Paramadina, 1992.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama, Bandung: Mizan, 1999.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v25i1.5304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.