EFEKTIVITAS KONSELING ISLAMI MENGGUNAKAN KONSEP ZUHUD AL-GHAZALI MELALUI TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI GAYA HIDUP HEDONIS DI SMA SAINS AL-QUR’AN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

sulistianingsih sulistianingsih

Abstract


Abstrak : Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia. Gaya hidup hedonis mempunyai pandangan bahwa kenikmatan hanya sebatas pada pemenuhan kenikmatan sensual dan indrawi yang didapatkannya dengan cara instan oleh karena itu gaya hidup hedonis tidak terpisahkan dari sikap konsumeristis. Konsumeritis merupakan sikap hidup yang lebih cenderung untuk menikmati dari pada menahan, mengonsumsi dari pada memproduksi. Jadi kesimpulannya gaya hidup henonis itu selalu mengikuti perkembangan budaya yang ada, dari mulai penampilan sampai aktivitasnya sehingga dampaknya dapat merugikan diri sendiri dan jauh dari urusan akhirat. Jadi kesimpulannya gaya hidup henonis itu selalu mengikuti perkembangan budaya yang ada, dari mulai penampilan sampai aktivitasnya sehingga dampaknya dapat merugikan diri sendiri dan jauh dari urusan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya hidup hedonis siswa SMA Sains Al-Qur’an dan untuk menguji secara empiris efektivitas konseling Islami menggunakan konsep zuhud Al-ghazali untuk mengurangi gaya hidup hedonis siswa SMA Sains Al-Qur’an di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen model one group pretest and posttest yang melibatkan 8siswa  kelas X dan XI di SMA Sains Al-Qur’an Wahid Hasyim Yogyakarta yang dipilih melalui purposive sampling dengan kriteria yang sudah ditentukan. Pengukuran dilakukan dengan alat ukur psikologi yaitu skala gaya hidup hedonis. Data yang terkumpul dari analisis menggunakan uji beda Wilcoxon signed rank test diperoleh hasil dengan nilai sig. 0.012< 0,05 dengan Z = -2.524. Ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan gaya hidup hedonis siswa sebelum dan sesudah pemberian konseling, sedangkan hasil mean sebesar 1.6363 menjadi 1.3538, ini juga menunjukkan terdapat selisih skor antara sebelum diberkan treatment dengan sesudah treatment. Melalui hasil tersebut dapat dikatakan bahwa konseling Islami dengan menggunakan konsep zuhud Al-Ghazali dapan menurunkan gaya hidup hedonis siswa.

Kata kunci :Konseling Islami, Konsep Zuhud Al-Ghazali, Gaya Hidup Hedonis


Full Text:

PDF

References


G. DAFTAR KEPUSTAKAAN

A Hamdan, “Cognitive Restructuring: An Islamic Perspective,” Journal of Muslim Mental Health. 2008.

A Kasandra Oemarjoedi, Pendekatan Cognitive Behaviour dalam Psikoterapi, Jakarta: Kreative Media, 2003.

Ahmad Anwar, “Tadbir : Islam dan Globalisasi Pendidikan, Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, IAIN Walisongo Semarang, No. 1, Februari 2015.

D.S Vitalis, “Layanan Konseling Kelompok,” Diklat Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling IKIP PGRI, Madiun, t.p. 2008.

David Chaney, Life Styles Sebuah Pengantar Komprehensif: Gaya Hidup dan Struktur Sosial, Yogyakarta: Lembaga Penerbit Jalasutra, 1996

Deborah Roth Ledley. Making Cognitive – Behavioral Therapy. New York: W.H. Freeman and Company.2011.

Erhamwilda, Konseling Islami, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2009.

Franz Magnis Suseno, Etika Dasar, Masalah-masalah Pokok Filsafat Morsl, Kanisius, Yogyakarta, 1989.

Imam Al-Ghazali, Ihya ‘Ulumuddin, Beirut, Libanon : Dar Al Fikr, t,th.

Imam Al-ghazali, Ringkasan Ihya ‘Ulumuddin, penerjemah : Fudhailurrahman & Aida Humaira, Jakarta: Sahara Publishers, 2007.

Imam S.& Hartati M, “Correlation Between Self Estem with tendency Hedonist Lifestyle of Student Diponogoro University”. Journal of Psychology, Februari 2009.

J. Scoot, J.M.G. Williams & A.T. Beck, Cognitive Therapy in Clinical Practice: An Illustrative Casebook, New York, Routledge, 1989.

Jalaluddin Rahmat, Membuka Tirai Keajaiban, Renungan-Renungan Sufistik, Bandung : Mizan, 1991.

Lihat Oman Sukmana, Dasar-dasar Psikologi Lingkungan, Jakarta: Bayu Media dan UMM, 2002.

M. Abul Quasem Kamil, Etika Al Ghazali, Etika Majemuk di Dalam Islam,Bandung : Pustaka, 1988.

M. Amin Syukur, Zuhud di Abad Modern, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 1997.

Suharsimis Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2006.

Supsiloani dan Risnawati Sembiring, "Fenomena Remaja Dalam Berpenampilan sebuah Studi Kasus pada Remaja di Sun Plaza Medan", Jurnal Anthropos: Antropologi Sosial dan Budaya, No. 1, Januari 2015.

Susanto, A.B., Potret-Potret Gaya Hidup Metropolis, Jakarta: Kompas, 2001.

Wawancara dengan Pembina Asrama SMA Sains Al-qur’an pada Hari Rabu, 21 Desember 2016 pukul 16:00 di Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v26i1.5492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Al-Bayan: Media Kajian dan Pengembangan Ilmu Dakwah. Published by Center for Research and Community Service (LP2M) and Faculty of Da'wah And Communication, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Aceh, Indonesia.

P-ISSN: 1411-5743

E-ISSN: 2549-1636

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.