Rancang Bangun Aplikasi Lagu Daerah di Indonesia Berbasis Android

Hendri Ahmadian, Syahrul Safwanda

Abstract


Lagu daerah merupakan salah satu bentuk dari budaya yang memilki ciri yang khas yang membedakan antara daerah satu dengan lain baik dari segi bahasa, instrumen maupun nilai-nilai yang terkandung dari lagu itu sendiri. Kemajuan teknologi khususnya dibidang informasi menyebabkan mudahnya mengakses budaya-budaya asing sehingga menyebabkan tergesernya budaya daerah. Selain itu, kurangnya minat masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya daerah adalah karena ketersediaan dan kemudahan dalam mengakses kebudayaan daerah khususnya lagu daerah. Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan aplikasi lagu-lagu daerah yang terdapat di Indonesia berbasis android yang memiliki fitur berupa asal lagu daerah, lirik lagu daerah serta arti lagu daerah dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi android yang memiliki halaman awal berupa tampilan pulau-pulau di Negara Indonesia dan setiap lagu memiliki lirik.

Keywords


Lagu daerah, android, Indonesia

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v1i2.2078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro



               

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Tarbiyah and Teaching Learning Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.