Prediksi Zona Tangkapan Ikan Menggunakan Citra Klorofil-a dan Citra Suhu Permukaan Laut Satelit Aqua MODIS di Perairan Aceh Jaya

Mursyidin - -

Abstract


Abstrak - Salah  satu  upaya  yang  dapat  dilakukan  untuk  memprediksi  zona tangkapan ikan a d a l a h dengan memanfaatkan citra satelit. Klorofil-a dan suhu permukaan laut parameter yang dapat digunakan untuk mendeteksi area yang berpotensi untuk penangkapan ikan. Penelitian ini untuk akan memprediksi area yang berpotensi untuk penangkapan ikan berdasarkan sebaran SPL dan sebaran klorofil-a di perairan Aceh Jaya. Dan menyajikan area potensi penangkapan ikan dalam bentuk Peta yang mudah dimengerti oleh nelayan. Tahapan-tahapan yang dilakukan, pengumpulan citra, pemotongan citra sesuai dengan daerah yang diinginkan, ekstrak informasi klorofil-a dan sebaran suhu permukaan laut, dan interpolasi dengan menggunakan metode Kriging. zona potensi panangkapan di perairan Aceh jaya hanya terdeteksi pada bulan November dan Desember  yang  tersebar di sepanjang pesisir pantai perairan Aceh jaya . Perairan Aceh sangat cocok dijadikan daerah untuk penangkapan ikan pada bulan November dan Desember dikarenakan pada bulan November dan Desember perairan Aceh jaya memiliki kandungan sebaran klorofil-a yang tinggi dan terdapat adanya suhu permukaan laut yang sesuai untuk penangkapan ikan yaitu antara 26 0C – 29 0C.

Keywords


pengolahan citra, remote sensing, Aqua Modis, zona tangkapan ikan, Aceh Jaya

Full Text:

PDF

References


Mursyidin, Khairul Munadi, Muchlisin Z.A, Prediksi Zona Tangkapan Ikan Menggunakan Citra Klorofil-a Dan Citra Suhu Permukaan Laut Satelit Aqua MODIS Di Perairan Pulo Aceh, Jurnal Rekayasa Elektrika (JRE), Vol. 1, 176-182, Online: 2252-

X, 2015.

A. Yuniarti, L. Maslukah, dan M. Helmi, "Studi Variabilitas Suhu Permukaan Laut Berdasarkan Citra Satelit Aqua MODIS Tahun 2007-2011 Di Perairan Selat Bali," Jurnal Oseanografi, 2, 416-421. 2013.[3] H. F. Arafat, "Variasi Distribusi Spasial Dan Temporal Klorofil-A Dan Suhu Permukaan Laut Menggunakan Data Satelit Aqua Modis Di Pantai Barat- Selatan Nanggroe Aceh Darussalam," Skripsi Pada Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. 2012.

I. Ghazali dan A. Manan, "Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan Di Selat Bali Berdasarkan

Data Citra Satelit," Jurnal KELAUTAN, vol. 4, no 2. 2011.

R. L. Miller dan C. E. D. Castillo, "Using Multi-Temporal MODIS 250 M Data To Calibrate And Validate A Sediment Transport Model For Environmental Monitoring Of Coastal Waters," IEEE, 5-19. 2005.

A. L. Kangkan, “Studi Penentuan Lokasi Untuk Pengembangan Budidaya Laut Berdasarkan Parameter Fisika, Kimia Dan Biologi Di Teluk Kupang, Nusa Tenggara Timur,” Tesis, Program Studi Magister Manajemen Sumberdaya Pantai, Universitas Diponegoro, Semarang. 2006.

R. Annas, "Pemanfaatan Data Satelit Modis Untuk Menentukan Suhu Permukaan

Laut," Skripsi Pada Fakultas Teknik Universitas Indonesia. 2009.

M. R. Andini, "Interpretasi Citra Remote Sensing Seawifs Dan Modis Untuk Penentuan Potensi Fishing Ground Di Laut Utara Aceh," Skripsi Pada Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala. 2011.

T. M. Lillesand, W. R. Kiefer, dan J. W. Chipman, "Remote Sensing And Image

Interpretation," Chichester: John Wiley & Sons Ltd. 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v3i1.3657

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro



               

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Tarbiyah and Teaching Learning Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.