Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keaktifan siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi di SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh

Ikhsan Rizki, Marzuki Marzuki, Sadrina Sadrina

Abstract


Penerapan model Problem Based Learning (PBL) merupakan model pendekatan pembelajaran yang menekankan pada aktivitas siswa baik aktivitas berfikir, berperilaku dan berketerampilan dalam memecahkan suatu masalah yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa. Guru menyampaikan tujuan, pokok-pokok pembelajaran, melaksanakan diskusi kelompok, latihan soal, memberikan motivasi belajar dan kesimpulan pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilakukan satu kali pertemuan dimulai dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi tindakan dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus 1 dan siklus 2 dengan teknik deskriptif. Artinya dari data yang diperoleh dalam penelitian ini disajikan apa adanya kemudian dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada dan mendiskripsikan sesuai dengan fenomena. Sedangkan untuk mengukur aktivitas siswa menggunakan sistem rata-rata kelas pada hasil evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa kelas XI SMK 1 Muhammadiyah 1 Banda Aceh dalam pembelajaran mata Pelajaran Perekayasaan Radio dan Televisi mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktivitas listening dari 86% menjadi 95%, oral dari 45% menjadi 80%, emotional dari 65% menjadi 88%, visual dari 40% menjadi 90%, writing dari 60% menjadi 83%, motor dari 40% menjadi 80%, dan mental dari 60% menjadi 86%. Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 4,16% yaitu dari 91 menjadi 95. Pada siklus 2 kategori nilai sangat tinggi siswa meningkat dari 10 siswa menjadi 9 siswa.


Keywords


Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Aktivitas

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v3i1.4241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro



Circuit has been indexed by:

  

     

© CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro Published by Faculty of Teaching and Training, UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia.

Creative Commons License
CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.