ANALISIS IMPLEMENTASI K3 PADA LABORATORIUM PRAKTEK INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 2 LUWU DAN SMK NEGERI 6 LUWU
DOI:
https://doi.org/10.22373/crc.v3i2.5081Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi K3 dilihat dari sisi kondisi fisik laboratorium, (2) impelentasi K3 dilihat dari pengunaan peralatan praktek. Penelitianiniadalahpenelitian survei.Populasidansampelpenelitianadalah laboratorium dan siswa.Datayangdiperolehdianalisismenggunakan analisis deskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:(1) kondisi fisik laboratorium praktek instalasi listrik SMKN 2 Luwu dan SMKN 6 Luwu termasuk dalam kategori Kurang berdasarkan indikator pencahyaan suhu ruangan, kondisi ruangan, (2) pengunaan peralatan praktek instalasi listrik SMKN 2 Luwu dan SMKN 6 Luwu termasuk dalam kategori kurang, indikator persiapan, pengambilan, pengunanan, penyimpanan, perawatan.
Kata Kunci:Laboratorium,Peralatan Praktek
References
FT UNY, T. (2003). Penggunaan Peralatan Bengkel. In Modul. Yogyakarta.
Kuswana, W. S. (2017). Ergonomi dan K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) (Cetakan Ketiga).
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kuswana, W. S. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi Vokasi dan Kejuruan.
Bandung: Alfabeta.
Kuswana, W. S. (2017). Ergonomi dan K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) (Cetakan
Ketiga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
OHSAS 18001. (2007). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja-Persyaratan.
The Health and Safety (Safety Signs and Signals) Regulation 1996. (2009). United Kingdom.
UU RI Nomor 1.1970. Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 1970 tentang
Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
PP Nomor 50.2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012.
PP Nomor 5 .1980 . Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 5 tahun 1980
PP Nomor 40. 2008. Tentang Standar sarana dan prasarana untuk sekolah menengah kejuruan/
Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK)
Djatmiko, I. W. dkk. (2013). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: FT UNY.
Ismara, I. (2017). Bagaimanakah agar Laboratorium dan Bengkel Pendidikan Vokasi Menjadi
Nyaman, Selamat, dan Sehat ? Yogyakarta: UNY Press
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
The Journal uses license CC-BY-SA or an equivalent license as the optimal license for the publication, distribution, use, and reuse of scholarly works.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).