ANALISIS IMPLEMENTASI K3 PADA LABORATORIUM PRAKTEK INSTALASI LISTRIK DI SMK NEGERI 2 LUWU DAN SMK NEGERI 6 LUWU

Rahmad Hidayat Dongka

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi K3 dilihat dari sisi kondisi fisik laboratorium, (2) impelentasi K3 dilihat dari pengunaan peralatan praktek. Penelitianiniadalahpenelitian survei.Populasidansampelpenelitianadalah laboratorium dan siswa.Datayangdiperolehdianalisismenggunakan analisis deskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa:(1) kondisi fisik laboratorium praktek instalasi listrik SMKN 2 Luwu dan SMKN 6 Luwu termasuk dalam kategori Kurang berdasarkan indikator pencahyaan suhu ruangan, kondisi ruangan, (2) pengunaan peralatan praktek instalasi listrik SMKN 2 Luwu dan SMKN 6 Luwu termasuk dalam kategori kurang, indikator persiapan, pengambilan, pengunanan, penyimpanan, perawatan.

 

Kata Kunci:Laboratorium,Peralatan Praktek


Full Text:

PDF

References


FT UNY, T. (2003). Penggunaan Peralatan Bengkel. In Modul. Yogyakarta.

Kuswana, W. S. (2017). Ergonomi dan K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) (Cetakan Ketiga).

Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kuswana, W. S. (2013). Filsafat Pendidikan Teknologi Vokasi dan Kejuruan.

Bandung: Alfabeta.

Kuswana, W. S. (2017). Ergonomi dan K3 (Keselamatan Kesehatan Kerja) (Cetakan

Ketiga). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

OHSAS 18001. (2007). Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja-Persyaratan.

The Health and Safety (Safety Signs and Signals) Regulation 1996. (2009). United Kingdom.

UU RI Nomor 1.1970. Undang-Undang RI Nomor 1 Tahun 1970 tentang

Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.

PP Nomor 50.2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2012.

PP Nomor 5 .1980 . Peraturan pemerintah Republik Indonesia nomor 5 tahun 1980

PP Nomor 40. 2008. Tentang Standar sarana dan prasarana untuk sekolah menengah kejuruan/

Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK)

Djatmiko, I. W. dkk. (2013). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: FT UNY.

Ismara, I. (2017). Bagaimanakah agar Laboratorium dan Bengkel Pendidikan Vokasi Menjadi

Nyaman, Selamat, dan Sehat ? Yogyakarta: UNY Press




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/crc.v3i2.5081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro



              

 

Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro
P-ISSN 2549-3698
E-ISSN 2549-3701
Published by Electrical and Engineering Education Department, Education and Teacher Training Faculty, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Indonesia
Email: jurnal.circuit@ar-raniry.ac.id 

Creative Commons License
Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.